Pengalaman Saya menjadi Agen BRILink, dan bagaimana BRILink di Masyarakat?

BRILink EDC VS Aplikasi BRILink Mobile.

Saya adalah salah satu Agen BRILink yang berlokasi di daerah Sukabumi selatan. Pekerjaan utama saya adalah Tukang Photocopy dengan dipadukan adanya peralatan Komputer yang bisa banyak pekerjaan yang bisa saya kerjakan, dan dengan Istri buka Warung kelontongan menjadi daya tarik pelanggan karena selain menyediakan kebutuhan sehari-hari kadang pelanggan sekalian bayar listrik,cicilan,setor ataupun transfer dan juga photocopy terkadang mereka meminta saya untuk membuatkan surat seperti surat pernyataan dan surat lainnya selain itu cetak potopun bisa saya layani.

Dengan multi pekerjaan adalah siasat saya untuk menjadikan bisnis kecil-kecilan saya bisa berjalan karena usaha didaerah pelosok pedesaan usaha tidak bisa satu macam bisnis yang kita jalani karena sedikitnya keperluan akan satu hal seperti photocopy tidak selalu ada yang membutuhkan jasa photocopy begitupun cetak poto maupun bayar listrik ataupun bikin surat-surat dan lainnya.

Read More

Usaha dipelosok pedesaan yang memang belum begitu maju tentu ini menjadi suatu tantangan untuk bertahan dalam bisnis apapun tetapi bukan berarti usaha diperkotaan tidak ada tantangannya dalam berbisnis dimanapun lokasi kita akan tetap sama tentu dengan berkembangnya jaman akan jadi berpotensi muncul bibit-bibit pengusaha baru yang akan menjadi penerus ataupun menjadi pesaing usaha kita karena merekapun tentu cari dan mencari peluang usaha sesuai dengan keterampilan mereka.

Orang seperti saya yang memiliki sedikit keterampilan dalam bidang komputer pun tentu bukan satu saja hari demi hari akan terus bertambah dan dimungkinkan mereka akan mengikuti jejak saya, tetapi itulah kehidupan yang harus kita hadapi dalam bisnis ataupun usaha.

Saya pun tidak mau kalah dengan yang akan menjadi pesaing usaha kita saya terus mencari juga peluang untuk berbeda dengan yang lain berawal dari sekitar 3 tahun yang lalu salah satu pegawai bank BRI menawarkan saya untuk menjadi Agen BRILink . Saya pun setuju. Sampai saat ini, 03 Juli 2019, Saya sudah menjadi Agen BRILink sekitar 3 tahun lebih.

Sebenarnya, sudah ada beberapa Agen BRILink di sekitar daerah saya khususnya di kecamatan Ciemas Kab. Sukabumi Agen BRILink ini sudah mencapai puluhan jumlahnya karena tampaknya Bank BRI pada saat itu sedang gencar-gencarnya menawarkan keagenan BRILink ini kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank BRI.

Tetapi, ternyata masih banyak masyarakat yang bingung dan tidak tahu apa itu Program BRILink. Mereka datang ketempat saya untuk transfer ataupun bayar cicilan tetapi mereka kebanyakan tidak tahu akan pekerjaan saya transfer melalui apa? Mereka hanya tahu bahwa saya bisa transferkan uang ke rekening bank ataupun bisa bayar listrik,cicilan dan lain sebagainya.

Ada satu lagi masalah setelah hadirnya aplikasi BRILink Mobile yang dirasa oleh Agen yang tidak mendapatkan mesin EDC. BRILInk EDC mungkin sudah semakin familiar dimasyarakat tetapi bila dibandingkan dengan aplikasi BRILink Mobile tentu akan lain halnya terutama karena masih kurangnya sosialisasi tentang BRILink Mobile sehingga Masyarakat untuk sekarang masih hampir 70% didaerah saya belum tahu cara kerja aplikasi BRILink Mobile terutama pada seperti transaksi tarik tunai ataupun transfer dari ATM Nasabah yang mengharuskan rekening aktif Mobile Banking BRI dan juga hanya khusus ATM BRI saja.

Aplikasi BRILink saya rasa tidak sefamiliar transaksi menggunakan EDC yang bisa menggunakan hampir semua kartu ATM dari semua Bank dan masalah lain terletak diharuskannya rekening aktif Mobile Banking untuk bisa transaksi dari kebanyakan Masyarakat di pelosok pedesaan tidak mengerti yang mereka tahu ngambil uang dari ATM itu bawa ATM digesek masukan PIN.

Transaksi di Agen BRILink menjadi solusi bagi Masyarakat terutama Nasabah Bank BRI yang letaknya jauh dari kantor Bank. BRILink EDC tetap menjadi pilihan Masyarakat karena kemudahan tanpa harus ada kode keamanan OTP cukup dengan kartu ATM dan juga PIN sebagai kode keamanannya sama seperti kita tarik tunai dimesin ATM.

Pengalaman saya sebagai Agen BRILink dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun bukan tanpa masalah sebagai rintangan bisnis. Seperti yang sering terjadi adalah potensi kerugian hingga 100% bahkan lebih kalau Agen belum memahaminya dari masalah-masalah yang ada pada BRILink.

Baca : Potensi kerugian 100% Agen BRILink

Sekian Pengalaman Saya menjadi Agen BRILink, dan bagaimana BRILink di Masyarakat? semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *