Pengenalan Apa itu Tes IELTS dan Cara Mempelajarinya

  • Whatsapp

Tes IELTS – IELTS adalah test kemampuan bahasa Inggris berbicara, menulis, membaca dan mendengar sebagai salah satu syarat kuliah dan bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam berkomunikasi dan Anda bisa mempelajarinya di tempat kursus IELTS terbaik di Jakarta.

Negara yang paling mewajibkan tes IELTS adalah Amerika, Kanada, New Island, Australia dan Inggris. Namun untuk IELST paling banyak diminta di negara Inggris, Austrlia dan New Island. Ada dua jenis test IELTS, yaitu test IELST yang bersifat academic dan bersifat general, dan keduanya berbeda fungsi.

Read More

Dimana IELST academic adalah khusus untuk melanjutkan studi, dan general atau berfat umum adalah untuk bekerja di luar negeri dan beberapa kampus biasa juga menerima test IELST yang bersikap general, salah satunya untuk universitas di Inggris.

Mungkin Anda juga akan bertanya bagaimana dengan syarat umur peserta test? Untuk peserta test minimal sudah berumur 16 tahun dan maksimalnya 64 tahun, jadi untuk umur memang bisa dikatakan tidak ada batasan dimana dengan umur maksimal 64 tahun sudah pada masa-masa pensiun.

Apa Saja manfaat Dari Dengikuti Test IELST?

1. Studi Ke Luar Negeri

Perlu Anda ketahui, bahwa ada 10.000 lebih universitas didunia yang mewajibkan calon mahasiswanya baik lokal dan mahasiswa internasional harus memiliki sertifikat IELST. Dan bisa Anda bayangkan, bahwa dengan mengikuti test IELST, Anda bisa memilih dan mempertimngkan 10.000 lebih universitas di dunia.

2. Bekerja Ke Luar Negeri

Perusahaan-perusahaan di dunia juga tidak kalah dengan universitas, ada banyak perusahaan di luar negeri yang mewajibkan calon kayawannya memiliki sertifikat IELST dengan score tertentu, jadi jika Anda punya sertifikat IELST, satu syarat untuk bekerja di luar negeri sudah Anda selesaikan.

3. Pindah Kewarganegaraan

Dan ternyata IELST tidak hanya sebatas syarat kuliah dan bekerja, bahkan untuk bisa bermigrasi atau pindah kewarganegaraan juga membutuhkan sertifikat IELST.

Bagaimana Cara Mendaftar Tes IELST?

Untuk pendaftaran tets IELST yang pertama kali Anda lakukan adalah login ke website British council dan mendaftar disana, atau membuat account Bristish Council.

Lalu mendaftar dan pilih kota atau kota terdekat dengan Anda, dan pilih juga lokasi test yang mudah untuk Anda jangkau, kemudian mendaftar biaya test, dan tinggal menunggu dan mengikuti test pada waktu yang sudah ditentukan dan Anda pilih.

Jadwal Test IELST Tahun 2020

Untuk jadwal test IELST tahun 2020 diadakan 3 dalam setahun disetiap kota besar yaitu Jakarta, Jogja, Medan, Surabaya, Kalimantan Barat, Padang, Makassar, dan Bandung , dan untuk tahun ini jadwal test pertama diadakan pada bulan April untuk daerah Jakarta, Bandung, pada bulan Mei untuk daerah Surabaya, Juni untuk daerah Jogjakarta, Mei dan Juni untuk daerah Medan dan Padang, dan Surabaya.

Lalu bagaimana jika Anda sudah mendafttar dan membayar biaya test, namun Anda gagal mengikuti test, apakah biaya yang sudah Anda bayarkan akan kembali?

Ya, biaya test yang sudah Anda bauarkan namun gagal mengikuti test, akan dikembalikan kepada Anda namun dengan syarat Anda mengajukan pembatalan test seminggu sebelum test IELST diadakan, namun biaya tersebut tidak kembali 100% karena akan dipotong 25% untuk biaya administrasi. Untuk itu pastikan terlebih dahulu apakah Anda bisa atau tidak pada saat test.

Hasil Test IELST

Untuk hasil test IELST tidak bisa Anda dapatkan saat itu juga tetapi harus menunggu minimal 2 minggu, dan hasilnya akan dikirim ke email Anda berupa file sertifikat hasil test Anda untuk tiap sesi test, writing, speaking, reading dan listening, dan kemudian nilai rata-rata dari setiap sesi test.

Untuk email pendaftaran benar-benar harus Anda ingat pasword untuk login, sehingga ketika hasil test IELST sudah dikirim, Anda bisa melihat dan menggunakan sertifikat tersebut, jadi pastikan email yang Anda gunakan bisa Anda akses karena tidka bisa lagi penggantian email pengguna.

Sekian untuk pengenalan apa itu tes IELST, yang dilengkapi dengan manfaat test IELST, cara mendafttar, jadwal test IELST 2020, dan juga hasil test IELST, selain itu untuk para pemula ada baiknya mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum mengikuti tes IELTS.

6 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa Inggris secara otodidak biasanya akan menjadi tantangan besar, yaitu tantangan pada kemauan diri, efisiensi waktu, yang pada akhirnya menunda-nunda waktu belajar, dan kadang juga ketika bertemu kesulitan tidak ada yang bisa menjelaskan.

Namun jika belajar bahasa Inggris dilakukan dengan tips yang benar pasti akan efektif, dan berikut ini kami akan berikan rangkuman cara efektif belajar bahasa Inggris secara otodidak.

1. Tentukan Jenis Pembelajaran

Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk bisa belaajr dengan baik atau maksimal. Bergantung pada apakah Anda tipe pendengaran, visual, komunikatif atau pembelajaran motorik, Anda harus memilih penawaran kursus yang sesuai.

Misalnya, jika Anda adalah tipe orang yang belajar maksimal dengan menggunakan pendengaran, atau dengan mendengar, Anda tidak bisa hanya diam-diam mencari dari buku teks. Tetapi mencari bahan belajar dengan bahan audio.

2. Komunikatif

Di sini, Anda sebagai pemula atau pelajar lanjutan dalam bahasa Inggris, harus mempunyai target, dimana Anda belajar bahasa Inggris dengan cara otodidak, namun Anda harus tetap kominkatif dengan orang yang lebih paham.

Atau Anda bisa menonton chanel-chanel youtube dan biasanya yang mempunyai chanel youtube belajar bahasa Inggris akan respon pada pertanyaan yang biasa ditanyakan. Atau ikuti diskusi-diskusi belajar online, usahakan Anda selalu kominkatif dalam belajar.

3. Belajar Dengan Berbicara

Yang namanya belajar bahasa Inggris, walupun Anda melakukan semua tips cara efektif belajar bahasa Inggris namun tanpa praktek berbicara bahasa Inggris, akan sangat sulit untuk Anda bisa maksimal.

Untuk itu gunakan bahasa Inggris yang sudah Anda pelajari, dan paling penting percaya diri dan tidak takut salah, karena ketika salah Anda hanya perlu memperbaikinya dan akan lebih ingat. Untuk itu gunakan bahasa Inggris yang sudah Anda pelajari, baik dengan percakapan bahasa Inggris sederhana, baik dengan chat Anda dengan orang lain sehari-harinya.

Atau biasa juga disebut dengan kata-kata jaringan, dimana Anda harus berani membuat kesalahan: Kesalahan dapat menyebabkan situasi (lucu) atau percakapan tentang kata atau frasa yang dimaksud. Hasilnya, kita bisa mengingatnya lebih baik lain kali.

4. Belajar Kosa Kata

Otak kita memiliki berbagai tahap memori yang harus dilalui informasi sebelum kita dapat mengingatnya secara permanen. Dengan cara ini, otak dengan cepat menyaring informasi yang tidak berguna untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang penting.

Jadi sebaiknya Anda coba buat 5 sampai 10 kosa kata yang tidak begiu penting, namun serig Anda temui sehari-hari, karena otak biasanya akan lebih mengingat untuk kegiatan atau hala-hal yang ada pada sekitar kita sebtiap harinya.

5. Buat Daftar Pelajaran

Jangan belajar hanya dengan topik yang Anda sukai, karena cara tersebut tidak akan efektif belajar bahasa Inggris, dan hal ini biasanya jadi tantangan untuk yang belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Untuk itu tuliskan daftar topik yang harus Anda pelajari setiap harinya, dan tuntaskan suapaya besoknya Anda hanya perlu mengulas kembali tanpa harus mengulang-ulang dari awal, terlebih untuk belajar tenses, untuk setiap tenses, pelajari satu tenses diwaktu yang sama, dan satu hari berikutnya untuk mengulas kembali dan membuat contoh-contoh kalimat sesuai dengan rumus tenses.

6. Jadwal Belajar

Wajibkan untuk belajar setiap ahri minimal 30 menit, baik waktu libur maupun tidak. 30 tidak terlalu sulit untuk dikosongkan untuk belajar bahasa Inggris sementara cara tersebut sangat efektif.

Untuk itu buat jadwal belajar dengan syarat tidak akan melewatkan jadwal tersebut setiap harinya, dan seiknya jam belajar dipagi hari, 30 menit setiap pagi dengan cara yang konsisten, Anda tidak perlu butuh waktu yang sangat banyak untuk bisa berbahasa Inggris.

Sekian untuk pembahasan apa itu tes IELTS hingga cara efektif belajar bahasa Inggris secara otodidak, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *