Pengenalan Keyboard pada Komputer, Jenis dan Juga Cara Menggunakannya

Ketika mendengar komputer apa saja yang ada di pikiran anda dan apa saja benda – benda yang berhubungan dengan komputer. Satu unit komputer umumnya terdiri atas CPU, monitor, mouse, dan keyboard. Kali ini kita akan membahas tentang keyboard pada komputer yang termasuk sebagai peralatan vital bagi komputer. 

Apa Itu Keyboard?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa keyboard merupakan bagian dari perlengkapan vital untuk komputer yang berguna untuk memasukkan teks, karakter hingga perintah – perintah lain, Keyboard merupakan hal yang cukup penting pada komputer karena jika tanpa keyboard nantinya anda tidak bisa memasukkan tulisan kedalam komputer. 

Read More

Proses memasukkan tulisan atau karakter disebut juga sebagai proses input dalam komputer. Pada zaman dahulu untuk memasukkan tulisan, teks dan karakter lain menggunakan mesin ketik manual. Bedanya jika dengan mesin ketik manual anda bisa langsung mengetikkannya dalam kertas sedangkan pada komputer harus melewati beberapa sistem yang nantinya bisa dimunculkan dalam layar monitor. 

Bagaimana cara kerja keyboard sehingga apa yang anda ketik bisa muncul di layar? Jadi, pada keyboard terdapat “key matrix” yang merupakan sebuah rangkaian yang memiliki saklar masing – masing pada setiap tombol. Jika anda mengetik dengan keyboard itu artinya anda menekan saklar tersebut lalu adanya aliran listrik yang mengaliri tiap saklar membuat prosesor dalam sebuah komputer mampu mengenali apa yang anda perintahkan. 

Ketika prosesor sebuah komputer sudah menemukan rangkaian tertutup yang menjadi tersambung karena adanya tekanan dari jari anda saat menekan keyboard nantinya rangkaian tersebut yang akan menyimpan karakter berdasarkan peta karakter di dalam bagian ROM (Read Only Memory). Peta karakter merupakan tabel atau susunan karakter serta posisi di tiap tombolnya yang berfungsi sebagai representasi karakter huruf dan angka serta perintah – perintah lain yang ada di keyboard. 

Sederhananya, peta karakter dapat memberitahu prosesor ketika prosesor bahwa ketika user menekan tombol “d” maka nantinya akan muncul huruf “d” di layar. Namun, ketika user menekan tombol “d” dan tombol “shift” maka huruf kapital “D” yang akan muncul di layar monitor anda. 

Jenis Keyboard yang Ada dan Peruntukannya

Sebagai bagian penting dari komputer tak jarak saat ini sudah tersedia berbagai jenis keyboard tergantung kebutuhan anda. Namun, yang paling sering digunakan adalah jenis keyboard QWERTY seperti yang sering anda pakai. Disebut keyboard QWERTY mengacu pada huruf yang terletak pada urutan keyboard. 

Jika dilihat dari segi fisik, beberapa jenis keyboard diantaranya

1. Keyboard PS/2

Merupakan jenis keyboard yang sering digunakan pada komputer ATX dan hingga saat ini masih sering digunakan. Namun, ketika anda ingin memasangnya pada CPU anda harus cermat memperhatikan jenis port dan jenis kabelnya karena lubang untuk port hampir sama dengan port pada mouse. 

2. Keyboard Serial

Merupakan jenis keyboard yang menggunakan jenis DIN 5 Male yang cukup sering digunakan pada komputer jenis AT

3. Keyboard USB

Nah, keyboard jenis ini termasuk jenis keyboard modern. Karena proses pemasangannya hanya menggunakan kabel USB dan memastikan proses input ataupun transfer data dapat berlangsung lebih cepat.

4. Keyboard Wireless

Keyboard Wireless merupakan seri penerus dari keyboard USB. Jika keyboard USB masih memerlukan kabel USB. Sedangkan pada jenis keyboard ini dapat menggunakan sensor berupa wifi, infra red dan bluetooth yang nantinya akan menghubungkan keyboard dengan komputer. Bisa dikatakan bahwa jenis keyboard wireless membutuhkan unit pemancar serta unit penerima. Unit pemancar biasanya mudah ditemukan pada keyboard tersebut sedangkan untuk unit penerima bisa dipasang pada port USB atau port serial yang terdapat di CPU. 

Jika sebelumnya sudah membahas tentang jenis keyboard berdasarkan segi fisik, selanjutnya anda bisa mengetahui jenis keyboard berdasarkan bentuk serta tombol. Karena cukup banyak jenis keyboard berdasarkan urutan tombolnya. 

Model atau bentuk keyboard

1. Keyboard QWERTY

Jenis keyboard ini merupakan keyboard pertama yang diciptakan pada tahun 1878. Saat itu keyboard digunakan dalam proses mengetik dengan mesin tik tradisional. Hingga saat ini rancangan keyboard QWERTY masih dipakai untuk komputer hingga laptop. Awal mula proses penyusunan keyboard QWERTY ini berdasarkan kebutuhan huruf yang sering ditekan. Sehingga berguna untuk meminimalkan potensi kemacetan pada input keyboard. Meskipun penyusunannya sudah dilakukan sedemikian rupa namun hingga saat ini masih juga ada kelemahan dalam keyboard ini. Contohnya penggunaan huruf A, dimana huruf ini cukup sering digunakan namun peletakannya mengharuskan anda untuk menggunakan jari kelingking sehingga hal ini dianggap kurang efisien.

2. Keyboard Dvorak

Keyboard ini termasuk jenis keyboard yang dibuat sebagai penerus atau perbaikan dari keyboard qwerty. Keyboard Dvorak pertama kali dibuat pada tahun 1932  dan tujuannya yakni agar tangan kanan user tidak terlalu banyak bekerja alias kedua tangan dapat mengetik dengan seimbang. Hal ini karena pada keyboard qwerty lebih sering menggunakan tangan kanan dibandingkan tangan kiri. Berdasarkan hasil uji coba ternyata keyboard Dvorak lebih efisien 10 – 15% dibandingkan jenis keyboard qwerty. Meskipun demikian penggunaan keyboard ini belum begitu dikenal oleh masyarakat.

3. Keyboard Klockenberg

Keyboard klockenberg dianggap sebagai penyempurnaan atas jenis keyboard yang sudah pernah diciptakan. Hal yang unik dari keyboard ini adalah pemisahan bagian kiri dan kanan keyboard. Pada keyboard klockenberg memiliki tombol – tombol yang sengaja diciptakan lebih dekat atau bisa dikatakan jedanya tipis dengan meja kerja. Hal ini bertujuan untuk membuat penggunanya merasa lebih nyaman saat beraktifitas. Tata letak yang unik pada keyboard klockenberg juga dianggap mampu mengurangi rasa letih pada otot jari, pergelangan tangan hingga bahu. Namun, kekurangan dari keyboard jenis ini adalah membutuhkan ruang kerja yang lebih besar karena adanya pemisahan tersebut. 

4. Keyboard Maltron

Jenis keyboard ini cukup jauh berbeda dengan keyboard lain yang pernah diciptakan. Hal ini disebabkan pada keyboard maltron sengaja dibuat sedikit lebih cekung agar jari – jari penggunanya tidak langsung membentuk garis lurus. Apa keunggulannya dengan membuat desain tersebut? Pembuatan keyboard dengan sengaja memberi lengkungan berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries) yang sering terjadi pada pengguna keyboard. Selain itu kelebihan lain yang dianggap akan mudah anda dapatkan yakni kecepatan mengetik dengan sistem 10 jari lebih optimal. 

5. Keyboard Choard

Jenis keyboard yang satu ini hanya memiliki beberapa tombol saja. Mengapa demikian? Keyboard chord sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna atas kecepatan pengetikan yang tinggi namun sayangnya keyboard jenis ini lebih mudah menyebabkan kelelahan kepada penggunanya. Selain itu jenis keyboard ini juga belum begitu populer di kalangan masyarakat. 

6. Keyboard Alphabetik

Jika di awal sudah disebutkan tentang keyboard qwerty yang penyusunannya berdasarkan intensitas penggunaan. Saat ini sudah kembali diciptakan keyboard alphabetik. Apa bedanya dengan keyboard qwerty? Yang paling utama adalah penyusunannya. Jenis keyboard alphabetik cukup membantu apabila anda ingin mengajari buah hati tentang huruf alfabet. Namun, banyak orang yang menganggap keyboard ini membuat proses pengetikan jauh lebih lama. Akan tetapi jika anda lebih nyaman, ya why not?

Tutorial Cara Menggunakan Keyboard?

Bagaimana cara menggunakan keyboard? Caranya cukup mudah, pastikan port sudah tersambung pada lubang input di CPU. Untuk jenis port anda bisa lihat di paragraf awal artikel ini. Ketika port sudah terhubung, anda bisa menggunakan langsung untuk mengetik karena saat ini komputer sudah bisa mendeteksi alat yang masuk secara otomatis. Namun, jika perangkat anda tidak bisa mendeteksi perangkat dengan otomatis maka anda harus melakukan pengaturan manual. Mudah kok, anda hanya perlu masuk ke bagian instalasi perangkat di komputer anda. 

Fungsi Tombol Juga Rahasia Kombinasi Tombol pada Keyboard

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ada kombinasi – kombinasi tombol yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengetikan. Seringkali kombinasi ini disebut dengan shortcut. Apa saja shortcut yang bisa anda temukan?

  • Windows + A : Untuk membuka action centre pada perangkat anda
  • Windows + E : membuka jendela explorer pada komputer
  • Enter : Membuka file/folder.
  • Del : Berfungsi untuk Menghapus file/folder.
  • Shift + Delete : Menghapus file namun tanpa memindahkannya ke aplikasi Recycle Bin.
  • Alt + Enter : Dapat anda gunakan untuk Membuka jendela Properties.
  • Ctrl + X : Cut. Biasanya digunakan ketika anda ingin memindahkan kata atau kalimat. Bahkan tak jarang file juga dapat anda pindahkan tanpa meng-copynya
  • Ctrl + C : Copy. Untuk proses penggandaan dokumen
  • Ctrl + V : Paste. Digunakan bersamaan dengan copy
  • Ctrl + W or Alt+F4 : Menutup jendela.
  • Ctrl + Z : Undo, dapat digunakan untuk membatalkan perintah. 
  • Ctrl + Y : Redo, digunakan ketika ternyata anda tidak jadi membatalkan perintah atau berguna untuk mengembalikan perintah. 
  • Ctrl + A : Select all.
  • F2 : Rename, untuk mengubah nama
  • F10 : Menampilkan Menu Bar biasanya pada menu bar untuk microsoft office
  • F11 : Membuat layar dalam tampilan penuh
  • Home : Menuju awal file.
  • Ctrl + P :  Mencetak halaman pada dokumen 
  • Ctrl + F :  dapat digunakan sebagai alternatif ketika ingin mencari file dengan cepat
  • Alt + C :  Membuka Cortana, bisa digunakan pada windows 10
  • Ctrl + Shift + Delete :  Menghapus cache pada browser di internet
  • Ctrl + T :  Membuka tab baru pada mesin pencarian
  • Ctrl + Shift + T :  Bisa digunakan untuk membuka kembali tab terakhir yang sudah ditutup.
  • Ctrl + W atau Ctrl + F4 :  Untuk menutup tab saat ini.
  • Windows + Panah Atas : Dapat anda gunakan untuk snap ke sisi atas layar.
  • Windows + Panah Bawah : Dapat anda gunakan untuk snap ke sisi bawah layar.
  • Windows + L : Mengunci Windows. Biasanya digunakan pada windows 10
  • Windows + D : Menampilkan Desktop pada windows 10
  • Ctrl + Shift + 2 : Meningkatkan ukuran icon menjadi lebih besar
  • Ctrl + Shift + 1 : Meningkatkan ukuran icon menjadi ekstra besar.
  • Ctrl + Shift + 3 : Meningkatkan ukuran icon menjadi menengah.
  • Ctrl + Shift + 4 : Meningkatkan ukuran icon menjadi kecil.

Itulah singkatnya tentang apa itu Keyboard, jenis dan juga cara menggunakannya, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *