Pengenalan Mouse pungsi dan cara menggunakan juga jenisnya

Tutorial Komputer – Mari Mengenal Alat Mungil Canggih Tetikus (Mouse)

Mouse merupakan salah satu perangkat keras pada komputer, yang fungsinya sebagai perangkat input. Alat kecil seukuran genggaman tangan dan berbentuk seperti tikus ini sangat berguna dalam membantu kita mengoperasikan komputer, sebab, sesuai fungsinya mouse merupakan sebuah alat penunjuk.

Read More

Jika pada tubuh manusia, alat penunjuknya adalah jari, maka pada komputer, mouse merupakan ‘jari’ yang dipakai sebagai penunjuk. Fungsi utama mouse pada komputer yakni mengatur pergerakan cepat pada kursor, selain itu mouse juga berfungsi memberikan perintah dengan cepat hanya dengan menekan tombol yang ada di sisi kiri dan kanan mouse komputer.

Asal-usul mouse komputer, alat mungil berbentuk tikus.

Tutorial komputer kali ini akan membahas tentang, perangkat keras pada komputer ini disebut mouse karena memang bentuk desainnya yang hampir menyerupai mouse (tikus), dengan kabel yang langsung terhubung ke komputer pun menyerupai ekor mouse (tikus), itulah sebabnya alat mungil ini dinamai mouse.

Xerox Star, komputer yang diluncurkan pada tahun 1981 ini berfungsi sebagai bahan referensi. Pada mouse, terdapat bola kecil yang berfungsi mendeteksi pergerakan mouse dan juga mentransmisikan sinyal listrik ke perangkat pemprosesan atau CPU. Dengan begitu, mouse ini dengan cepat dapat berfungsi sebagai perangkat input pada komputer.

Pada laptop, fungsi mouse dapat digantikan dengan touchpad yang sudah tersedia pada laptop. Touchpad merupakan papan sentuh yang memiliki fungsi seperti mouse. Digunakan sebagai alat penunjuk, untuk memindahkan kursor dan juga fungsi lainnya. Meski demikian, tutorial komputer , pengguna laptop maupun komputer masih membutuhkan mouse yang berfungsi hampir sama dengan touchpad.

Pada mouse standar terdapat dua tombol pada sisi kanan dan kirinya. Keduanya memiliki fungsinya masing-masing. Pada tombol kiri mouse berfungsi sebagai penunjuk untuk memilih objek dan teks, sedang tombol kanan pada mouse, berfungsi untuk menampilkan menu-menu tertentu yang dipilih. Menu-menu ini berbeda-beda, tergantung pada aplikasi yang digunakan. Dan juga terdapat roda di tengah bagian atas mouse, roda ini biasa disebut scrolling. Roda kecil ini berfungsi untuk menggulir layar ke atas atau ke bawah.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Mouse Komputer yang Bagus.

1. Tekstur mouse yang sering diabaikan.

Pada tutorial komputer ini, kami mengingatkan bahwa salah satu hal yang sangat jarang diperhatikan pengguna yakni persoalan tekstur pada mouse komputer. Kali ini yang tak kalah penting harus diperhatikan adalah, usahakan memilih mouse yang bertekstur dop, tekstur ini biasanya mempunyai ciri-ciri bodi mouse yang tidak mengkilap. Hal ini untuk menghindari mouse agar tak mudah kotor sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda dalam menggunakan komputer.

 2. Prioritas Harga.

Jika Anda memilih mouse komputer yang bagus, hal yang pertama kali Anda perhatikan adalah soal harga. Biasanya, ada harga ada kualitas, meskipun tak selalu begitu. Biasanya kualitas yang ditawarkan dalam segi fitur atau juga keawetan dalam penggunaan.

Meski begitu, pada tutorial komputer ini, kami juga mengingatkan perlu untuk tetap menyesuaikan harga dengan budget yang di miliki. Untuk rekomendasi mouse komputer yang telah terbukti secara kualitas sesuai harga yang ditawarkan adalah mouse dengan merk dagang Logitech. Mouse bermerk ini, terbukti mempunyai kinerja yang cukup bagus dalam rentan waktu yang cukup lama. Biasanya mouse merk ini, dapat bertahan lebih dari satu tahun dengan pemakaian sering. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan harga dan kualitas, jika ingin memiliki perangkat mouse yang bagus dan tahan lama.

 3. Jangan mudah terpancing dengan bentuk mouse yang unik dan beragam.

Poin ketiga ini juga tak kalah pentingnya. Mengingat banyak mouse dengan bentuk yang unik dan lucu yang beredar di pasaran. Jangan serta merta ketika melihat desain mouse yang lucu dan unik, lalu Anda tertarik dan membelinya. Hal itu justru dapat menjadi kesalahan bagi sebagian besar pengguna mouse saat ini. Hal yang harus anda perhatikan yakni, kedepankan kenyamanan, karena hal ini akan berhubungan dengan pemakaian jangka panjang. Jika memang terlanjur tertarik, maka Anda bisa mencobanya terlebih dahulu mouse komputer yang akan dibeli.

Pada tutorial komputer ini, kami menyarankan agar jangan lupa untuk memastikan mouse komputer yang Anda taksir, akan cocok serta nyaman jika digunakan sehari-hari dalam mengoperasikan komputer.

Ragam jenis mouse dari masa ke masa.

1. Mechanical mouse

Jenis mouse yang keluar pertama kali adalah mouse mekanis. Mouse jenis mekanik ini merupakan mouse generasi pertama. Bentuknya masih menggunakan bola kecil yang memiliki fungsi sebagai sensor untuk mendeteksi pergerakan di komputer. Mouse jenis ini juga yang ketika itu paling luas di masanya.

Mouse jenis ini terdapat bola pada bagian bawahnya. Bola di bagian bawah itu, bisa bergerak ke segala arah. Saat bola bergerak, sensor pada mouse akan mendeteksi arah gerakan bola lalu mengirimnya ke monitor dengan gerakan yang sama. Pada mouse jenis ini cukup populer dan masih sering digunakan hingga tahun 2008.

Kini, mouse jenis ini jarang ditemukan sebab telah tergantikan dengan teknologi masa kini yang lebih modern. Kelemahan mouse jenis ini yaitu, harus menggunakan mouse pad. Karena jika tidak, bola mouse tidak bergerak bebas. Hal ini berarti bahwa pointer tidak bergerak mengikuti ke mana kami ingin pergi.

 2. Optomechanical Mouse

Tutorial komputer mengenalkan mouse berikutnya yaitu mouse optomechanical. Mouse jenis ini merupakan pengembangan dari mouse mekanik. Hal ini terlihat dari tipe mouse yang juga memiliki bola kecil di bagian bawahnya yang juga berfungsi sebagai sensor. Sebenarnya, mouse optomekanis tak jauh berbeda dengan mouse mekanik. Hanya saja pada mouse ini terdapat sinar di samping bola, yang berfungsi mewakili posisi koordinat penunjuk. Mouse jenis ini sudah memiliki akurasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mouse mekanik.

 3. Optical Mouse

Selanjutnya adalah mouse optik. Sejauh ini mouse jenis ini digunakan hampir pada setiap komputer. Pada dasarnya, mouse jenis ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan stabil serta dapat digunakan pada komputer.

Mouse tipe ini tidak menggunakan sistem mekanik. Sebagai gantinya, jenis ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse pada komputer. Teknologi yang digunakan mouse optik membuat kinerja mouse jauh lebih tepat jika dibandingkan dengan dua jenis mouse yang sebelumnya.

 4. Bus Mouse

Tutorial komputer berikutnya membahas tentang bus mouse. Mouse jenis ini  memiliki kabel dengan bus serial. Memang secara umum tidak nampak memiliki roda yang berfungsi untuk menggulir ke atas atau ke bawah. Pada mouse ini hanya terdapat tombol di kanan dan kiri. Mouse ini terhubung melalui bus ke komputer. Ini digunakan awal penggunaan komputer IBM.

 5. Wireless Mouse

Wireles mouse ini merupakan mouse nirkabel. Seperti namanya, wireles mouse ini tidak memiliki kabel sebagai media dalam menghubungkannya dengan komputer. Mouse jenis ini, dapat digunakan dari kejauhan dan tentu tidak akan terganggu oleh kabel yang biasanya terdapat pada mouse jenis lain.

Kini, dalam beberapa tahun terakhir ini, aksesori digital tidak terkecuali, mouse dirancang mengarah ke tren WiFi. Mouse jenis ini tidak butuh kabel dalam mengirim sinyal gerak, namun pesan nirkabel akan diterima oleh penerima pada chip. Kelebihan pada mouse ini, yakni, membuat kesan simple perangkat komputer kita. Itulah, tutorial komputer tentang mouse.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *