Pengertian Software, Jenis dan Fungsinya Secara Detail

  • Whatsapp

Pengertian Software, Jenis dan Fungsinya Secara Detail Software yang sering kita ketahui atau sering kita dengan sebenarnya merupakan suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik nyata dan juga tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diolah oleh komputer berupa program-program yang dapat menjalankan sebuah perintah dari user.

Namun ada juga yang menyebutkan pengertian software merupakan suatu data yang diprogram, diformat, dan juga disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik namun dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat dalam komputer.

Read More

Sebuah software atau perangkat lunak ini bisanya juga merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hadware sehingga dapat melakukan sebuah perintah tertentu yang di lakukan. Jadi, tanpa adanya software ini, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa digunakan untuk menjalankan sebuah perintah apapun dari user.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian software menurut para ahli yang sudah dapat diakui kebenarannya.

1. Melwin Syafrizal Daulay

Menurut pengakuan ahli bernama Melwin Syafrizal Daulay, pengertian software dapat dijabarkan menjadi sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan juga seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer. Dapat juga berfungsi untuk menjembatani interaksi antara user dengan perangkat komputer.

2. Wiwit Siswoutomo

Sedangkan menurut Wiwit Siswoutomo, software sendiri merupakan sebuah nyawa dari hardware atau perangkat komputer karena tanpa adanya perangkat lunak ini maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan sekalipun.

3. Roger S. Pressman

Menurut pengemukan Roger S. Pressman , pengertian software dapat dijabarkan merupakan suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan juga unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user dari software tersebut.

Dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan keinginan atau perintah user.

4. Wilman dan Riyan

Selanjutnya jika menurut Wilman dan Riyan, pengertian software ini dapat digambarkan menjadi sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya yang berarti tidak terlihat tetapi bermanfaat bagi sang user.

5. Imam Prayogo Pujiono

Yang terakhir menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak ini merupakan salah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa bentuknya, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer, hardware ataupun software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah pekerjaan, tugas, dan tuntutan tertentu seperti yang diharapkan oleh user.

Jenis Software Pada Komputer

1. Free Software

Yang pertama adalah Free software, Software ini merupakan jenis perangkat lunak yang dapat diutak-atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah dan juga dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya.

Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak jenis ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu juga, software ini dapat disebarluaskan secara cuma-cuma alias gratis.

2. Freeware

Software selanjutnya yaitu Freeware. Software ini merupakan sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas tertentu, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan juga pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya.

Namun jika aplikasi pengembang ini berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan secara bersama-sama, maka freeware akan memberi kode kepada sumbernya.

3. Firmware

Firmware merupakan Software lunak yang letaknya berada pada ROM atau Read Only Memory. Firmware ini tetap tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh aliran listrik sekalipun, seera tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di dalam ROM. Namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya juga.

ROM tersebut diantaranya seperti flashROM atau EEPROM. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

4. Shareware

Shareware adalah suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya  fungsinya, ketersediaan, serta kenyamanan yang sayangnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Perangkat lunak uji coba ini sebenarnya bertunjuan untuk memperkenalkan perangkat lunak sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi Software berjenis shareware itu sendiri. Shareware ini biasanya juga sering disebut trialware.

5. Commercial software

Selanjutnya adalah Commercial software yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada  pendistribusi, para pengembang software, dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi ada syaratnya, yaitu pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara cuma-cuma alias geratis atau tanpa izin penerbitnya.

Beberapa contoh commercial software ini diantaranya adobe photoshop,  microsoft visual NET, corel draw, dan sebagainya. Commercial software tersebut tentunya sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.

6. Malware

Software ini merupakan salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari seorang pemiliknya. Kata lain dari malware ini yaitu virus komputer.

jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini diantaranya ada kuda troya,  cacing komputer,  perangkat iklan, rootkit, dan juga perangkat lunak jahat lainnya.

7. Open source software

Terakhir adalah Open source software yang merupakan perangkat lunak dengan kode sumbernya dapat dipelajari, ditingkatkan, diubah, serta dapat juga disebarluaskan. Karena software yang satu ini bersifat terbuka, sehingga pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka juga.

Fungsi Software Secara Umum

Pada dasarnya fungsi utama dari software ini adalah untuk membuat sebuah perangkat komputer dapat menjalankan suatu perintah dari user. Lebih mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas tadi, adapun beberapa fungsi software secara umunya adalah sebagai berikut ini:

  • Menyediakan fungsi dasar sebuah perangkat komputer sehingga dapat dioperasikan secara maksimal. Misalnya dalam hal ini dalam ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada sebuah komputer.
  • Dapat setiap hardware yang ada pada perangkat komputer sehingga dapat bekerja secara simultan dan nyata.
  • Menjadi perantara atau penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada perangkat komputer.
  • Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah dari software lainnya ke dalam bahasa mesin yang ada, sehingga dapat dimengerti oleh hardware tertentu.
  • Software biasanya juga dapat mengidentifikasi sebuah program yang ada pada sebuah komputer.

Dari penjelasan di atas merupakan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software dianggap sebagai nyawa dari perangkat komputer. Bagaimanapun juga, di dalam sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang ada di dalamnya.

Contoh Software Secara Umum

1. Adobe Photoshop

Contoh software pertama adalah Adobe Photoshop yang merupakan perangkat lunak editor buatan Adobe System yang khusus digunakan untuk pengeditan foto atau gambar serta pembuatan efek.

2. Microsoft Office

Contoh selanjutnya yaitu Microsoft Office  yang merupakan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Mocrosoft dan dibuat untuk dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan juga Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsost Office yang terkenal diantaranya ada Word, Word, dan juga PowerPoint.

3. WinRAR

WinRAR sendiri sebenarnya adalah sebuah perangkat lunak pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. WinRAR bisa mengkompresi file yang ingin di kompresi bahkan bisa mencapai 40%, misalnya file A berukuran 500MB di kompresi dengan WinRAR biisa menjadi hanya Setengahnya saja (250MB), sehingga lebih sedikit memakai penyimpanan.

4. Adobe Dreamweaver

Contoh software selanjutnya adalah Adobe Dreamweaver yang merupakan sebuah perangkat lunak penyunting halaman web keluaran Adobe System yang dulu biasa dikenal dengan nama Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia.

Program ini banyak dipakai oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang sangat menarik dan sangat bermanfaat serta membrrikan kemudahan kepada penggunaannya.

5. Google Chrome

Google Chrome sendiri pasti semua orang sudah pada tau. pengertian dari mesin ini merupakan sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan memakai mesin rendering WebKit.

6. Adobe Acrobat

Terakhir adalah Adobe Acrobat yang merupakan perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) milik  perusahaan Adobe System, jenisnya seperti format data dokumen.

Adobe Acrobat terdiri dari Adobe Reader yang hanya bisa menampilkan dan juga mencetak dokumen serta tersedia secara cuma-cuma, Adobe Acrobat juga bisa digunakan untuk menyunting dokumen.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian software, jenis-jenisnya beserta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *