Inilah Penyebab CVT Mio Bersuara Kasar Akibat Pulley Belakang”

Penyebab CVT Mio Bunyi Kasar Akibat Pulley Belakang – Kali ini, kita akan melakukan studi kasus lagi yang terjadi pada sepeda motor Mio. Kasus ini terjadi pada sepeda motor Mio Smile yang mengeluarkan bunyi kasar. Meski kasus disini terjadi pada Mio Smile, namun kasus yang sama bisa saja menimpa sepeda motor matic yang lain, baik itu keluaran Yamaha, honda, maupun Suzuki. Dalaman CVT mio smile sama dengan dalaman CVT sepeda motor mio yang yain misalanya mio sporty, mio carbo, mio m3.

Baca juga: Cara Cek Sumber Suara Berisik Di CVT Vario 125

Read More

Yang menjadi keluhan utama pada sepeda motor Mio Smile pada contoh ini adalah ketika sepeda motor dinaikin berdua, dia mengeluarkan bunyi kratak krotok. Bunyi tersebut keluar dari bagian CVT-nya. Dalam artikel ini kita akan mengkaji bersama dan melihat bagian apa dari CVT mio Smile ini yang mengalami kerusakan. Pemilik sepeda motor ini yakin bahwa kerusakan terjadi di bagian kampas ganda dan bahkan sudah membeli komponen kampas ganda tersebut terlebih dahulu. Tapi, kita akan melihat bersama apakah benar kampas gandanya butuh diganti. Untuk memastikan permasalahan apa yang terjadi kita akan membuka CVT sepeda motor Mio Smile ini karena bisa jadi kerusakannya ada di bagian pulley. Mari kita buktikan bersama.

A picture containing motorcycle, road, car, sittingDescription automatically generated

Setelah kita buka dan lihat bersama dalaman CVT Mio Smile ini. Pertama-tama kita akan terlebih dulu mengecek suara kasarnya. Caranya adalah dengan memutar roda dan menyalakan sepeda motor. Ternyata memang benar dari motor tersebut terdengar suara kasar. Suara kasar seperti ini tentunya akan mengganggu pengguna sepeda motor. Motor menjadi berisik dan kratak krotok saat dinaiki dua orang, apalagi jika melewati tanjakan atau polisi tidur. Putarlah roda belakang ketika pulley masih terpasang lalu dengarkan suaranya. Suara kasar ini bisa saja berasal dari pulley maupun dari kampas. Bagaimana cara memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan? Kita akan menganalisa lebih lanjut dengan melepaskan pulley-nya.

A picture containing gun, man, sitting, motorcycleDescription automatically generated

Berikutnya yang perlu kita lakukan adalah melepaskan pulley terlebih dahulu. Setelah pulley dilepas, kita akan memutar roda dan mendengarkan bunyinya. Jika bunyi yang keluar dari sepda motor masih kasar atau kratak krotok maka bisa jadi kerusakan ada di bagian lain yaitu kampas ganda maupun lakher. Tapi, jika suara sepeda motor akhirnya menjadi bening dan lancar maka kita hanya perlu mengganti bagian pulleynya saja. Dalam contoh kasus ini, setelah prosedur kedua dilakukan ternyata suara sepeda motor kembali jernih dan kratak krotok sudah hilang. Berart dapat diambil kesimpulan bahwa yang perlu dilakukan hanyalah mengganti bagian pulley saja. Kita tidak perlu membeli maupun melakukan pergantian kampas ganda. Apalagi setelah dicek lebih lanjut ternyata kampas ganda masih sedemikian bagus.

A picture containing indoor, transport, table, vehicleDescription automatically generated

Gangguan berupa perubahan bunyi pada sepeda motor matic memang kerap terjadi. Bukan hanya pada Mio, gangguan serupa bisa saja terjadi pada sepeda motor matic keluaran Honda maupun Suzuki. Prosedur cara mengecek dan mengatasinya pun kurang lebih sama. Untuk mencegah munculnya problem seperti ini pengguna motor disarankan untuk melakukan servis motor secara berkala. Servis yang baik dapat dilakukan satu kali setiap 1-2 bulan. Servis ini bertujuan untuk membersihkan debu sekaligus melumasi semua pulley yang ada di CVT sepeda motor Mio ini. Perlu diingat gangguan ini bisa terjadi juga di segala jenis dan merek sepeda motor matic. Semoga artikel ini dapat membuat pengguna motor paham cara mencegah dan mengatasi kendala bunyi dengung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *