Perangkat Tak Terbaca, Cek Driver, Begini Caranya

Driver komputer merupakan sebuah perangkat lunak yang bertugas mengendalikan setiap perangkat keras yang terpasang di komputer agar setiap perangkat keras tersebut dapat berinteraksi dengan Operating System (OS), aplikasi, dan perangkat yang lain. Tak jarang pengguna baru komputer atau lapotop belum paham tentang cara mengetahui driver yang belum terinstal di Windows 10. Suatu hal penting untuk mengetahui driver apa saja di sistem operasi Windows 10 yang belum terinstal atau belum dikonfigurasi dan dikenal dengan baik. Pengecekan driver dapat dilakukan pengguna baik dengan menggunakan metode pengecekan langsung maupun dengan menggunakan tools pengecekan yang telah disediakan. Berikut ini cara mengetahui driver yang belum terinstal dengan baik di komputer.

Dengan Menggunakan Device Manager

Yang paling umum digunakan untuk mengetahui driver apa yang belum terinstal dengan sempurna adalah dengan cara mengakses utiliti system Windows yakni Device Manager. Caranya sebagai berikut :

Read More

1.Klik Start Menu

2.Klik Kanan Computer, dan klik Manage

3.Di jendela Computer Management, pada panel kiri, klik Device Manager

4.Akan muncul jendela Device Manager dengan list driver yang ada, untuk driver yang ditandai dengan tanda seru (Exclamation) disampingnya, itu menandakan driver yang belum terinstalasi

5.Lakukan instalasi dengan menggunakan media DVD-ROM installer driver atau bisa lewat web vendornya, atau download dari internet

Dengan Menggunakan Windows Explorer

Cara kedua ini ialah dengan melalui jendela Windows Explorer langsung. Caranya ialah sebagai berikut.

1.Silahkan buka Windows Explorer;

2.Pada panel sebelah kiri, Klik kanan pada ikon My Computer kemudian klik Manage;

3.Apabila muncul tampilan, pilihlah pada Device Manager;

4.List driver apa saja yang ada di PC akan ditampilkan. Driver yang belum terinstal akan diberi tanda dengan ikon tanda seru (Exclamation);

Dengan Menggunakan Run

Baca juga: Seri Processor Laptop Terbaru, Bahan Pertimbangan All User

Cara mengetahui driver yang belum terinstal di Windows 10 yang ketiga ini ialah melalui menu Run. Cara ini merupakan cara praktis karena mengaksesnya langsung melalui nama library atau fungsi Windowsnya. Caranya ialah sebagai berikut.

1.Buka Windows Run dari menu Start

2.Pada kotak dialog yang muncul, ketik devmgmt.msc, dan tekan Enter

3.Apabila muncul tampilan Computer Management, pilihlah pada Device Manager

4.Akan muncul list driver apa saja yang ada di PC, untuk driver yang belum terinstal akan diberi tanda dengan ikon tanda seru (Exclamation).

Demikian tiga cara mudah mengetahui driver yang belum terinstal di komputer. Saat driver belum terinstal maka pasti perangkat yang Anda colokkan ke laptop atau komputer tidak akan dapat dideteksi ataupun berfungsi. Dengan cara tersebut Anda dapat mengetahuinya dan mengunduh drivernya di internet. Penyedia driver berbagai perangkat juga tersedia sangat lengkap di internet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *