Perbedaan Aplikasi BRILink Mobile, BRI Mobile, Dan NBM

Aplikasi BRILink Mobile, BRI Mobile dan New BRI Mobile (BRImo) – Sama-sama produk aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank BRI dan kegunaannya juga bisa dibilang dari ke tiga aplikasi ini hampir sama.

Dibilang hampir sama tentu ada perbedaan-perbedaan dari ke tiga aplikasi ini, apa saja perbedaan-perbedaanya akan saya coba jelaskan satu persatu dari pengalaman saya menggunakan ke tiga aplikasi ini.

Read More

Aplikasi BRILink Mobile

Aplikasi BRILink Mobile adalah ditujukan untuk digunakan oleh Nasabah BRI yang sudah mendaftar dan diverifikasi menjadi Agen yang disebut Agen BRILink. Dengan begitu aplikasi ini khusus untuk transaksi oleh Agen BRILink, tidak bisa digunakan nasabah BRI non agen BRILink, bila ingin menggunakannya maka nasabah BRI ini harus mendaftar terlebih dahulu dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan dan disetujui oleh Bank mejadi agen BRILink.

Dari segi keuntungan BRILink Mobile memiliki manfaat bagi agen untuk menambah penghasilan dengan memasarkan produk dari BRILink itu sendiri. Agen akan mendapatkan fee dari setiap produk BRILink yang berhasil terjual ke pelanggan.

Fitur-fitur pada aplikasi BRILink Mobile

  • Transfer sesama BRI
  • Transfer antar Bank di Indonesia
  • Tarik tunai ATM Bank BRI
  • Info saldo rekening BRI via ATM
  • Bayar cicilan kendaraan
  • Bayar zakat
  • Beli pulsa HP dan listrik, juga yang lainnya.

Baca : Manfaat agen BRILink

Kesimpulannya adalah aplikasi BRILink Mobile tidak bisa digunakan oleh setiap nasabah BRI, BRILink Mobile diperuntukan untuk transaksi agen BRILink dengan sistem keagenan, bila nasabah BRI secara individual maupun perusahaan ingin mengunakan BRILink mobile maka harus menjadi agen BRILink dengan memenuhi syarat dan mendaftar menjadi agen BRILink terlebih dahulu.

Aplikasi BRI Mobile

Aplikasi ini mungkin bisa dibilang terdahulu dari aplikasi transaksi perbankan lainnya yang diperuntukan untuk nasabah bank BRI. Aplikasi BRI Mobile didalamnya memiliki banyak fitur yang terpisah yaitu seperti:

  • Mobile BRI
  • Internet Banking BRI
  • T-bank, dan yang lainnya

Mobile BRI transaksinya cukup dengan menggunakan jaringan SMS pada smartphone, sedangkan Internet Banking BRI yang dibutuhkan adalah jaringan internet pada smartphone.

Fitur pada Mobile BRI dan Internet BRI tentunya ada kesamaan dengan BRILink Mobile yaitu seperti untuk transfer sesama BRI dan transfer ke bank lain, yang berbeda seperti tidak adanya fitur tarik tunai ATM nasabah lain dan tentunya pada setiap transaksi yang berhasil dilakukan tidak mendapatkan fee bagi penggunanya karena aplikasi diperuntukan untuk individual.

Aplikasi BRI Mobile bisa digunakan oleh setiap nasabah BRI yang memiliki tabungan dengan jenis tabungan seperti simpedes dan britama tanpa syarat hanya membutuhkan aktivasi saja di kantor BRI, paling syaratnya memiliki smartphone dengan pulsa cukup atau terhubung dengan internet.

Untuk Mobile BRI tentunya hanya bisa diakses di smartphone dan untuk Internet Banking BRI bisa di akses juga melalui browser pada dekstop atau PC, juga pada browser smartphone itu sendiri.

Transaksi finansial Internet Banking pada browser baik dekstop maupun smartphone memerlukan mToken, sedang transaksi finansial dengan aplikasi Internet Banking pada BRI Mobile tidak diperlukan mToken.

Pada aplikasi BRI Mobile juga terdapat fitur mutasi rekening, pada fitur ini nasabah bisa melihat 5 transaksi terakhir debet maupun kredit pada setiap rekening yang dimiliki oleh nasabah BRI.

Aplikasi New BRI Mobile (BRImo)

Aplikasi BRImo ini adalah adenya BRI Mobile dengan tampilan yang lebih user friendly dengan lebih banyak fitur namun pada aplikasi BRImo ini berbeda dengan BRI Mobile sebelumnya, pada satu aplikasi memiliki banyak fitur terpisah seperti Mobile BRI dan Internet Banking BRI sedangkan BRImo hanya memiliki fitur Internet Banking saja.

Fitur-fitur aplikasi BRImo

Untuk fitur pada aplikasi BRImo tidak beda jauh dengan BRI Mobile > Internet Banking, ada fitur tambahan pada aplikasi BRImo seperti bisa memungkinkan mencetak mutasi rekening sampai dengan 3 bulan terakhir dengan cara menyimpannya ke memori smartphone, tarik tunai di ATM dengan aplikasi BRImo tanpa kartu ATM, Top Up Link Aja dan yang lainnya yang tidak dimiliki BRI Mobile terdahulunya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi BRImo nasabah hanya membutuhkan user dan password yang digunakan untuk Internet Banking BRI. Bila nasabah tidak memiliki user dan password internet Banking BRI maka nasabah masih bisa menggunakan manfaat dari BRImo ini dengan cara registrasi terlebih dahulu langsung pada aplikasi dengan mengisi data diri dan nomor handphone dengan benar. Nantinya setelah berhasil registrasi nasabah akan otomatis terdaftar sebagai pengguna Tbank, dan untuk login aplikasi New BRI Mobile silahkan gunakan nomor handphone dan password yang didaftarkan saat registrasi.

Seperti itulah ke tiga aplikasi yang saya ulas diatas, sebetulnya dari ke tiga aplikasi memiliki peran yang sama yang menjadi pembeda hanya beberapa fitur yang disematkan saja dan peruntukannya, seperti BRILink Mobile itu diperuntukan untuk Agen yang disebut Agen BRILink. BRI Mobile dan New BRI Mobile (BRImo) peruntukannya bisa digunakan untuk semua nasabah BRI melakukan transaksi finansial pada rekening yang nasabah miliki.