Perjalanan Tour Surade Jampangkulon To Jogja

  • Whatsapp
tour surade jampangkulon to jogja yogyakarta jawa tengah

Hari ini tanggal 6/9/19 dalam rangka perpisahan dengan salah satu Guru disalah satu Sekolah di Kabupaten Sukabumi yaitu Sekolah Dasar Sindanghayu Desa Cibenda Kecamatan Ciemas Beliau adalah Ibu Suji Rahayu, Beliau tahun ini sudah masuk masa Pensiun dari pekerjaannya sebagai Seorang Guru.

Beliau memutuskan menjalani masa pensiunan dihari tua dikampung halamannya yaitu di Daerah Istimewa Yogyakarta Jl. Kaliurang KM 13,5, No. 46, Besi, Sinduharjo, Kec, Ngaglik, Kabupaten Sleman, 55581, Indonesia.

Read More

Selamat berpisah Ibu, Ibu adalah salah satu Guru panutan para Muridnya di Sekolah Dasar Sindanghayu desa Cibenda Kecamatan Ciemas, pada saat itu saya menjadi anak didiknya dikelas 1 dan kelas 2 Sekolah Dasar Sindanghayu. Masih ingat diingatan, Ibu begitu baik bagi saya sebagai salah satu Muridnya, Ibu penuh kesabaran dalam mendidik kami semua.

Pertemuan kali ini mungkin adalah pertemuan terakhir bagi saya dan Beliau, “tapi semoga saja bukan”. Beliau di kota Jogja saya di Kabupaten Sukabumi Surade Jampangkulon memang terhalang jarak yang sangat jauh yang menghabiskan sampai dengan 24 jam perjalanan dengan jalan darat.

Perjalanan jajap pulang Beliau ke Jogja dijadikan kesempatan bagi Saya dan Rekan Guru yang lainnya sembari rekreasi Tour Jogja untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, diantaranya tentu tujuan utama saya dan Rekan Para Guru yang lainnya adalah salah satunya Candi Borobudur.

Perkiraan waktu tempuh Surade Jampangkulon ke Jogja

Perjalanan dari daerah saya Surade Jampangkulon ke Jogja (Yogyakarta) diperkirakan memakan waktu 1 malam 1 hari, berangkat sekitar jam 5 sore pada tanggal 6/9/2019 diperkirakan sampai besok sorenya lagi 7/9/2019 bahkan bisa lebih tergantung kondisi lalulintas.

Peristirahatan pertama

Jam 11 malam Rombongan baru sampai Terminal baru Sukabumi istirahat untuk makan malam terlebih dahulu kebetulan pilihannya di warung Nasi Padang tepat diseberang jalan Terminal baru Sukabumi, nama warung tempat makannya saya lupa lagi. Kurang lebih 1 jam istirahat di Sukabumi kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Tasik karena diperkirakan sampai kota Tasik pada waktu Subuh Rombongan akan Istirahat untuk menunaikan Ibadah Sholat Subuh

Sekitar jam 1 malam perjalanan baru sampai Citatah, Cipatat Padalarang terjebak macet panjang ditanjakan.

Peristirahatan ke-2

Jam 5 pagi sampai Kota Tasik Istirahat Sholat Subuh di Masjid di Ciawi, Kec. Ciawi Tasikmalaya 46156, Jawa Barat indonesia. Selesai menunaikan Sholat Subuh lanjut ketempat sarapan pagi di rumah makan & mi bakso SR yang jaraknya sekitar 20 menit perjalanan dari Masjid tempat menunaikan Ibadah Sholat Subuh.

Selesai sarapan pagi lanjut melanjutkan perjalanan kembali dan sekitar jam 7:44 pagi sampai ke Alun-Alun Ciamis. Jam 8:33 pagi sampai ke Kota Banjar dan perjalanan terus berlanjut menuju tempat peristirahatan selanjutnya.

Peristirahatan ke-3

Peristirahatan selanjutnya adalah untuk makan siang di salah satu tempat makan yaitu Candisari Hotel & Resto di Kebumen, Jawa Tengah.

Setelah perut terisi dan selesai menunaikan ibadah sholat dzuhur lanjut perjalanan melewati kota dan Kabupaten sampai pada akhirnya nyampailah pada titik tujuan pertama pada tour kali ini yaitu Malioboro pada sekitar jam 6 sore.

Tujuan pertama (Malioboro)

Tempat pemberhentian Bus / parkir adalah Trans Jogja Halte Taman Pintar bersebelahan dengan gedung Bank Indonesia dan disebelahnya lagi adalah gedung kantor Pos Besar Yogyakarta.

Bus tetap parkir di Halte Taman Pintar, dan bila ingin menikmati malam di sekitaran Malioboro maka kita cukup berjalan kaki saja kedepan sekitar puluhan meter ada perempatan belok atau nyebrang ke kiri tepat didepan kantor Pos Besar Yogyakarta, setelah nyeberang kita akan melihat Monumen Serangan Umum 1 Maret persis berada di hook, Museum Benteng Vredeburg sesudahnya, terus berjalan mengikuti jalan disitulah kita bisa membeli sesuatu sebagai oleh-oleh atau cendera mata, bisa dipinggir jalan saja ataupun bisa masuk kepasar Sore Malioboro.

Bila ingin mengunjungi Keraton Yogyakarta kita kembali ke perempatan kantor Pos Besar, dari kantor Pos Besar bila tadi kita belok kanan nyebrang jalan maka sekarang kita belok kiri lurus sampai kepertigaan nyeberang ketemu Alun-Alun Utara Yogyakarta, atau bila malas jalan kaki maka bisa menggunakan jasa Bentor (Beca Motor) yang mangkal di pertigaan Alun-Alun Utara Yogyakarta. Bentor ini mematok harga Rp.10.000,- untuk perjalanan PP ke Keraton dan pusat perbelanjaan oleh-oleh disekitar Keraton. Untuk bisa masuk ke Keraton Yogyakarta tentunya hanya pada waktu Keraton dibuka dan malam hari seperti pada saat saya sampai Keraton sudah ditutup, jadi hanya bisa menikmati malam di alun-Alun dan juga ketempat perbelanjaan saja.

Waktu yang sangat singkat memang tidak bisa memberikan ruang yang bebas untuk menikmati kota Yogyakarta pada akhirnya harus kembali ke Bus sekitar jam 10 malam untuk selanjutnya menuju tempat peristirahatan yaitu di rumah Ibu Suji dan Pak Tri Guru yang akan pensiun yang disebutkan diatas di Jl. Kaliurang.

Tujuan wisata ke-2 (Candi Borobudur)

Besoknya tanggal 8/9/2019 setelah semua urusan selesai maka selanjutnya Rombongan akan menuju destinasi terakhir yaitu Candi Borobudur.

Di Candi Borobudur rombongan mengunjungi bangunan Candi yang memang sangat luas dan megah dengan segala keunikannya, tidak semua bangunan Candi bisa dikunjungi karena memang hanya memiliki waktu sekitar 2 jam saja. Untuk menaiki bangunan Candi membutuhkan fisik yang oftimal karena memang harus menaiki tangga dan menuruni tangga saat turunnya.

Harga karcis / tiket masuk kawasan Candi Borobudur

Karcis / tiket masuk Candi Borobudur ini sangat terjangkau menurut saya dengan hanya Rp.50.000,- untuk dewasa dan Rp.25.000,- untuk anak-anak.

Tips berbelanja di pusat perbelanjaan Candi Borobudur

Bila ingin berbelanja ditempat perbelanjaan disekitaran Candi Borobudur atau pada saat jalan keluar menuju parkiran, untuk soal harga sebaiknya memilih pedagang yang paling ujung jangan yang ada dipaling depan, perbedaan harganya bisa mencapai Rp.15.000,- untuk barang yang sama, semakin depan maka harga semakin tinggi tetapi untuk kualitas barang bisa dibandingkan sendiri dengan membandingkannya terlebih dahulu dari pedagang paling depan sampai belakang bila memiliki banyak waktu untuk melihat-lihatnya terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya. Bila tidak memiliki banyak waktu beli saja dipedagang yang berada dipertengahan sampai keujung pasar, jangan belanja ditempat parkiran karena harga akan lebih mahal, namun pada akhirnya harga bisa menentukan kualitas”.

Pasar disekitaran Candi Borobudur juga bukan hanya tempat membeli baju saja banyak juga pernak pernik khas Candi Borobudur maupun kota Jogja, dan juga diujung pasar bagi yang ingin mengisi perut terlebih dahulu dengan makanan khas Jogja sebelum melakukan perjalanan ada tempat makan yang berada diujung pasar sebelum keluar ketempat parkiran.

Rute Candi Borobudur (Yogyakarta) Surade Jampangkulon

Selesai berbelanja selanjutnya akan pulang menuju Surade Jampangkulon. Rute jalan pulang berbeda dengan rute jalan pada saat berangkat karena dengan mengingat besoknya hari senin perhitungan situasi jalan yang akan macet dilalui para Pekerja pulang liburan menuju arah jakarta. Rute jalan pulang akan melalui jalur selatan tentunya jalan yang dilewati adalah dari Candi Borobudur, Gombong, Pangandaran, Garut, Cianjur, Cikaso, Surade yang melewati hampir seluruhnya berada ditepi pesisir pantai selatan.

Waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan pulang ke Surade Jampangkulon melalui rute jalur selatan hanya membutuhkan waktu kurang dari 23 jam karena memang melalui jalur selatan tidak melalui jalur macet meskipun ada dibeberapa titik macet dikerenakan adanya penyempitan jalan karena lagi ada perbaikan jalan. Namun melalui jalur selatan diperlukan kehati-hatian yang ektra karena jalan berada diperbukitan dengan turunan dan tanjakan yang terjal tetapi masih diuntungkan dengan kondisi jalan yang baik secara keseluruhan sampai Surade.

Yang harus diperhatikan melalui jalur Selatan

Lewat jalur selatan pastikan kondisi mobil baik, bahan bakar cukup dan satu lagi sebelum memasuki pastikan perut sudah terisi dan atau siapkan perbekalan makanan apalagi bila nantinya sampai pada saat menuju pagi karena akan susah menemukan tempat makan yang buka 24 jam dan akan terkendala tempat parkir untuk Bus besar.

Tempat peristirahatan dan rumah makan Tenjo Laut Garut

Peristirahatan sekaligus tempat makan ada di Karangwangi, Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Tempat makannya adalah Rumah Makan Tenjo laut, disini dengan parkiran yang luas dan tempat juga sangat nyaman dengan view ke laut. Namun bila masih pagi atau dengan Rombongan dengan jumlah banyak sebaiknya sebelumnya harus reservasi terlebih dahulu karena disini meyediakan menu sangat terbatas tidak setiap waktu menu disediakan dengan porsi banyak. Seperti saya dan rombongan pada saat pagi dan mampir di rumah makan Tenjo Laut ini harus menunggu makanan dimasak dan disiapkan sampai sekitar 2 jam.

Melalui rute pantai selatan dari Jogja menuju Surade Jampangkulon mungkin rumah makan Tenjo Laut yang bisa dibilang sangat memadai untuk rombongan dengan Bus besar yang membutuhkan parkiran luas dengan tempat makan yang nyaman dan luas bisa masuk sampai 50 Orang bahkan lebih karena disebelahnya disediakan juga tempat lesehan dan meja panjang. Di Tenjo Laut juga tidak usah khawatir yang namanya Toilet dan kamar mandi maupun airnya, walaupun musim kemarau disini airnya selalu tersedia tidak akan kekurangan air, toilet dan kamar mandi berada dibawah tempat makan menuruni tangga.

Di rumah makan Tenjo Laut sekitar 2 jam istirahat disana dalam perjalanan kali ini, selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Surade Jampangkulon. Sekitar jam 2 sore ditanggal 9/9/2019 rombongan sudah sampai Surade Jampangkulon dan sekitar jam 3 sore rombongan sudah sampai kerumah masing-masing.

Itulah perjalanan Tour dari Surade Jampangkulon Sukabumi ke kota Jogja saya dan rombongan kali ini yang menghabiskan waktu kurang lebih 2 malam 3 hari. Waktunya sangat singkat hanya dihabiskan untuk melakukan perjalanannya saja hampir tidak ada waktu istirahat, dengan waktu 2 malam 3 hari hanya bisa mengunjungi tempat wisata sekitaran Malioboro dan destinasi utama yang direncanakan yaitu Candi Borobudur. Mungkin untuk bisa mengunjungi lebih banyak lagi tempat wisata di Yogyakarta setidaknya adalah membutuhkan 1 minggu tidak termasuk waktu perjalanan 2 hari 2 malam. Pada kunjungan kali ini memang sebenarnya tidak sepenuhnya untuk berlibur, tetapi dalam rangka perpisahan para Guru dengan Guru yang akan pensiun dan menetap di tempat kelahirannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *