Perlukah Aktif Non Aktifkan SMS Notifikasi Transaksi Bank BRI

  • Whatsapp

Haruskah SMS Notifikasi transaksi rekening bank BRI kita mliki di non aktifkan? Jawabannya tergantung Pemiliknya. Ataukah perlukah bagi Nasabah yang belum aktif SMS notifikasi mengaktifkannya? Jawabannya tergantung juga Pemiliknya.

Pengertian SMS notifikasi transaksi bank BRI.

Apa yang dimaksud SMS notifikasi transaksi bank BRI?

Read More

SMS notifikasi adalah sebuah pemberitahuan melalui media aplikasi pesan singkat Short Message Service (SMS) dengan nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya, pemberitahuan adanya transaksi yang telah dilaksanakan oleh sistem bank pada rekening yang dimiliki oleh Nasabahnya, baik itu debet rekening maupun kredit.

Notifikasi via SMS untuk bank BRI sendiri ada beberapa transaksi yang mungkin tidak ada pemberitahuannya, salah satu penyebabnya karena minimum nominal transaksi bisa disetting sendiri melalui CS BRInya atau bisa juga via internet banking, misalkan limitnya di setting pada nominal 1 juta, maka jika transaksi yang dilaksanakan dibawah 1 juta maka SMS notifikasi otomatis tidak aktif, sistem tidak akan memberikan pemberitahuan, pemberitahuan akan dikirim bila nominal transaksi dari 1 juta keatas.

Biaya SMS notifikasi BRI

Apakah ada biaya untuk SMS notifikasi transaksi BRI?

Untuk biaya tentu ada, umum seperti yang lain, yang namanya perbankan sistem yang mengirim SMS ke kita maka kita yang harus membayarnya, jika tidak dibayar maka SMS notifikasi tidak akan berhasil terkirim oleh sistem, kita membayar dengan pulsa yang dimiliki pada nomor yang dikirimi sesuai yang didaftarkan, tetapi ada juga SMS notifikasi tetap masuk namun tentunya tetap tidak gratis, bisa di cek rekening koran atau cetak buku tabungannya, pada mutasi rekening apakah ada pendebetan untuk biaya SMS.

Berapa biaya per SMS notifikasi BRI?

Untuk biaya SMS notifikasi sendiri nominalnya Rp.500,- per SMS didebet dari rekening, tetapi pulsa pun biasanya akan terpotong, bisa cek aja bila ada SMS notifikasi dari bank BRI apakah pulsa kepotong, nanti coba cocokan dengan di mutasi rekening apakah ngedebet atau tidak.

Manfaat SMS notifikasi

SMS notifikasi bisa dibilang sangat membantu para Nasabahnya, salah satu manfaatnya adalah untuk mengetahui secara realtime transaksi pada rekening bank yang dimilikinya, apalagi yang sering menerima transferan akan sangat bermanfaat banget, tidak perlu cek ke ATM apalagi harus ke kantor bank, secara otomatis dikasih tahu oleh sistem, sebagai contoh yang mungkin disarankan mengaktifkan SMS notifikasi, Mereka para Agen BRILink untuk menghindari menimalisir salah satu kerugian transaksi gagal namun saldo terdebet.

Meskipun memang untuk sekarang ini, mengetahui transaksi yang berhasil dilaksanakan bisa dilakukan secara realtime dan tanpa harus ke ATM maupun ke kantor bank dengan hanya menggunakan internet banking yang gratis, tetapi tentunya tidak semua memiliki akses internet banking, tidak sempat bahkan ada yang gak ngerti sama sekali, jadi tetap pilihanya adalah SMS notifikasi.

Kekurangan SMS notifikasi bank BRI

Sebut saja kekurangan dari SMS notifikasi BRI, seperti sudah disebutkan diatas SMS notifikasi ini tidak gratis atau berbayar. Biaya SMSnya murah emang bisa dibilang murah sih, tetapi bila dikali banyak maka tentunya jadi besar, sebagai contoh Nasabah melakukan transaksi 20 transaksi perhari, hitungannya 20 kali Rp.500,- sama dengan Rp.10.000,- bila dikali 30 hari sama dengan Rp.300.000,-, tentunya jika dengan nominal segitu dikeluarkan disetiap bulannya dirasa lebih memilih menggunakan internet banking.

SMS notifikasi bank baiknya dinonaktifkan atau diaktifkan

Sebelumnya memutuskan baiknya pertimbangkan manfaat dan kekurangan SMS notifikasi bank diatas. Aktifkan bila tidak keberatan dengan biayanya, bila memutuskan untuk aktifkan tetapi inginkan tidak terlalu banyak biaya SMS yang dikeluarkan, silahkan atur limitnya sesuai keinginan.

Cara aktifkan SMS notifikasi transaksi bank BRI

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan SMS notifikasi, paling simpel cukup aktifkan via internet banking BRI,

Masuk ke menu Layanan Nasabah lalu klik Daftar SMS Notifikasi
Silahkan pilih rekening bila lebih dari satu, untuk nomor HP tentunya sudah terdaftar sebelumnya saat pembukaan rekening, email juga, masukan nilai minimum untuk dikirim notifikasi.

bila tidak berhasil pilihannya lainnya adalah silahkan datang langsung ke kantor cabang atau unit terdekat, jangan lupa bawa dokumen yang dibutuhkan seperti Butab, KTP, nomor HP yang akan digunakan menerima SMS notifikasi.

Cara atur limit SMS notifikasi bank BRI

Bila ingin tetap aktifkan SMS notifikasi tetapi pertimbangan biaya, disarankan untuk merubah nominal limit SMS notifikasi transaksi bank BRI silahkan lakukan di kantor bank BRI terdekat dengan bantuan CS, jangan lupa bawa KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan yang pastinya lakukan oleh pemiliknya sesuai KTP.

Bila memutuskan SMS notifikasi di non aktifkan, memutuskan untuk menonaktifkan SMS notifikasi tentunya adalah pilihan yang terbaik bila keberatan dengan biaya SMS yang dibebankan, dan lebih memilih menggunakan internet banking atau metode yang lainnya, bagaimana cara menonaktifkannya? Berikut caranya:

Cara menonaktifkan SMS notifikasi transaksi bank BRI

Untuk melakukan pembatalan atau menonaktifkan SMS notifikasi disarankan mendatangi langsung CS BRI di kantor cabang atau unit terdekat, atau bisa juga melalui line telpon bank BRI, untuk membatalkan SMS notifikasinya.

Bagaimana sampai disini sudah ada jawaban, perlukah aktif atau non aktifkan SMS notifikasi transaksi Bank BRI? Semoga bahasan singkat diatas bisa menjadi referensi.

Sekian untuk bahasan terkait SMS notifikasi bank BRI.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *