Pilihan jenis Tabungan produk Bank BRI

Selamat pagi, waktu sudah menunjukan jam 8:10 pagi semoga dari detik ini sampai seterusnya selalu diberikan kesehatan untuk menjalani keseharian masing-masing, Amiin.

Pagi hari ini Agen BRILink Alhamdulilah sudah sibuk melayani Pelanggan dari jam 6 pagi dan sekarang saya sempatkan untuk update artikel saya di Siajun blog ini.

Read More

Kali ini saya akan coba informasikan kepada Pembaca pilihan jenis tabungan dari  produk Bank BRI yan bisa jadi pilihan bagi Masyarakat yang belum memiliki Tabungan di Bank khususnya Bank BRI.

Kenapa BRI?

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu Bank milik Pemerintah terbesar yang ada di Indonesia dan Bank BRI menjadi pilihan Masyarakat dari ekonomi kalangan atas sampai bawah, BRI menjangkau keseluruh pelosok Indonesia.

Dengan begitu BRI menjadi pilihan bagi sebagian besar Masyarakat yang ada dipelosok desa karena keberadaannya mudah ditemukan, selain itu Bank BRI memberikan kemudahan dalam segala transaksi perbankan dengan banyaknya jenis produk yang ditawarkan dengan memahami akan kebutuhan Masyarakat kalangan ekonomi menengah kebawah.

Tahun 1895 adalah tahun lahirnya Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bank BRI yang pada awalnya didirikan di salah kota dengan beberapa ciri khas panganan yang mendunia seperti Mendoan, Getuk goreng, Kripik tempe, Nopia dan Mino, Jenang jaket yaitu kota Purwpkerto Jawa Tengah dan tahun 1946 pada periode sesudah kemerdekaan Republik Indonesia BRI disebutkan adalah Bank Pemerintah pertama Republik Indonesia sesuai Peraturan Pemerintah  No.1 Tahun 1946 Pasal 1.

BRI didirikan oleh Pahlawan Perbankan Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau (“Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”), suatu lembaga keuangan yang pada saat itu khusus melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia / Pribumi. Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Pantas saja Bank BRI sangat dikenal oleh seluruh Rakyat Indonesia tidak terkecuali sampai pelosok desa sebagai salah satu Bank yang dicintai dan selalu memahami Nasabahnya dalam hal Perbankan.

Bank BRI dengan slogan “Melayani dengan setulus hati” dengan berbagai Produk BRI yang bisa menjadi pilihan sesuai kebutuhan Nasabahnya berikut adalah produk Simpanan Perorangan Bank BRI yang dikutip dari laman resminya Bank BRI :

BRI Tabungan

  • Simpedes
    • Tabungan Simpedes adalah Simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang Rupiah yang dapat dilayani di KC / KCP / BRI Unit / Kantor Kas / Teras BRI yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi aturan yang berlaku.
  • Britama
    • Produk tabungan yang memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
  • Britama Bisnis
    • Produk tabungan BRI yang diutamakan untuk digunakan dalam bisnis dengan memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan lebih dalam pencatatan transaksi dan keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnis nasabah
  • Britama X
    • Produk tabungan dengan desain kartu debit khusus yang elegan untuk anak muda serta memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.
  • Simpedes TKI
    • Tabungan yang diperuntukan bagi para TKI untuk mempermudah transaksi mereka termasuk untuk penyaluran / penampungan gaji TKI
  • Tabungan Haji
    • Produk yang diperuntukan bagi perorangan guna mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)
  • Britama Rencana
    • Tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah.
  • Britama Valas
    • Tabungan dalam mata uang asing yang menawarkan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif. Tersedia dalam 10 jenis currency meliputi USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, JPY, SAR dan GBP.
  • BRI Junio
    • Merupakan produk Tabungan BRI yang ditujukan khusus kepada segmen anak dengan fasilitas dan fitur yang menarik bagi anak
  • BRI Simpel
    • Tabungan untuk siswa/pelajar yang ditertibkan oleh Bank BRI dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.
  • BRI Tabunganku
    • TabunganKu adalah produk simpanan untuk nasabah perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat

BRI Deposito

  • Deposito Rupiah
    • Simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dengan memberikan bunga yang menarik dan beragam keuntungan lainnya.
  • Deposito Valas
    • Simpanan berjangka dalam mata uang asing yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dengan memberikan bunga menarik dan beragam keuntungan lainnya.
  • Deposito Internet Banking
    • Deposito Internet Banking BRI merupakan produk deposito yang menawarkan suku bunga yang kompetitif yang disediakan dalam layanan BRI Internet Banking.

BRI Giro

  • Giro BRI Rupiah
    • Jenis simpanan dalam mata uang rupiah yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan warkat (Cek/Bilyet Giro), kartu ATM atau surat perintah lainnya.
  • Giro BRI Valas
    • Jenis simpanan dalam mata uang asing yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan surat perintah penarikan yang telah ditentukan oleh BRI.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi halaman resmi Bank BRI disini.

Diatas adalah sebagian produk layanan Bank BRI Perorangan yang khusus ingin menyimpan uangnya di Bank, dan masih banyak lagi produk BRI yang lainnya yang bisa di cek dilaman resmi BRI atau bisa datang secara langsung ke kantor unit terdekat untuk berkonsultasi dengan pihak Banknya yang pastinya lebih jelas dan mungkin akan lebih memahami apa yang Anda butuhkan dan produk mana yang cocok sesuai kriteria Anda.

Ada beberapa produk BRI diatas sudah saya rasakan manfaatnya seperti Simpedes, Britama Bisnis, dan BRI deposito Internet Banking.

Pengalaman saya menggunakan Simpedes tentu lebih kepada menyimpan uang saya dengan aman dengan biaya admin bulanan yang ringan, perhitungannya bila saya menyimpan diatas 15 juta maka biaya admin bulanan sudah tertutupi dengan bunga tabungan.

Dan untuk tabungan Britama Bisnis lebih kepada untuk kelancaran Bisnis kita karena lebih leluasa dalam kirim atau transfer uang kerekening rekanan bisnis kita karena limit transaksi yang lebih besar, berikut bisa kita lihat tabel untuk limit transaksi Tabungan Britama bisnis:

Jenis Transaksi Limit Harian
Transfer Sesama BRI IDR 500.000.000,00
Pembayaran IDR 300.000.000,00
Pembelian IDR 50.000.000,00
Transfer Antar Bank IDR 25.000.000,00
RTGS IDR 550.000.000,00
Kliring IDR 300.000.000,00

Tabel diatas adalah transaksi mengunakan BRI Internet Banking, dan tabungan Britama bisnis juga mempunyai limit transaksi via ATM yang lebih besar yaitu salah satunya tarik tunai maksimalnya adalah 10 juta perhari.

Deposito Internet Banking, ini adalah layanan produk BRI simpanan berjangka yang sangat mudah dalam pembukaannya dengan syarat kita sudah terdaftar atau memiliki rekening Simpanan di BRI dan sudah teregistrasi Internet Banking.

Deposito minimal Rp.5.000.000,- sampai dengan Rp.100.000.000,- pada setiap rekeningnya dengan jangka Waktu penempatan Deposito adalah 1, 3 bulan dengan perpanjangan otomatis yang diperkenankan (Automatic Roll Over/ARO) maksimal sampai dengan 6 bulan.

Jangka Waktu Nominal Deposito Penalti  
1 Bulan s/d Rp 25.000.000 (Sampai Dengan Dua Puluh Lima Juta Rupiah) Rp 50000 + Bunga berjalan tidak dibayar
> Rp 25.000.000 s/d Rp 100.000.000 (Dari Dua Puluh Lima Juta Rupiah Sampai Dengan Seratus Juta Rupiah) Rp 75000 + Bunga berjalan tidak dibayar    
3 Bulan Berlaku untuk seluruh nominal Deposito 25% dari bunga yang telah diterima oleh Nasabah + Bunga berjalan tidak dibayar  

Layanan Bank BRI sekarang semakin dekat dengan Masyarakat, dengan adanya Program dari OJK yaitu LAKU PANDAI. BRI dengan BRILink-nya yang dikelola oleh Agen BRILink yang tiada lain adalah Nasabah BRI yang sudah terdaftar dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh Bank BRI.

Jadi bagi Masyarakat yang mau menabung di Bank tidak ada alasan lagi untuk malas menabung karena menabung sekarang sudah sangat mudah dan dekat dengan kita tinggal, kemudahan transaksi perbankan jelas sangat terasa dijaman sekarang ini, sekarang bukan Calon Nasabah yang datang kebank tetapi bank yang datang ke Nasabah.

Itulah sekilas layanan produk tabungan bank BRI yang bisa saya jelaskan sesuai yang saya tahu semoga bisa bermanfaat, dan juga kita bisa simpulkan bahwa kita sebagai Bangsa Indonesia patut berbangga atas apa yang sudah kita rasakan dari hasil perjuangan para terdahulu, kita tidak ikut berjuang namun kita ikut merasakan.

BRI menjadi pilihan karena BRI sangat mudah ditemukan sampai kepelosok desapun akan mudah dijumpai dari yang namanya Teras BRI, BRILink sampai Kantor Cabang-pun sudah sangat mudah ditemukan, jadi apalagi yang membuat kita malas utuk menabung?.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *