Aktivasi Progressive Web Apps (PWA) Situs WordPress

Progressive Web Apps For WPPWA adalah singkatan dari Progressive Web Apps, PWA berjalan seperti halnya aplikasi native, dan jika pemilik mengaktifkan notifikasi pada pengaturan PWA pada situsnya maka salah satunya memungkinkan seperti halnya aplikasi native nantinya akan otomatis memberikan notifikasi kepada user pada setiap artikel diupdate seperti halnya subcriber namun tentunya bedanya untuk subcriber pada umunya melalui email, sedangkan PWA seperti layaknya aplikasi yang diinstal pada smartphone.

Seperti yang dijelaskan dalam satu artikel di situs codepolitan.com yang lebih dulu membahasnya tentang PWA ini, bahwa dari keterbatasan akses dari perangkat mobile teknologi PWA ini hadir sebagai solusi, tidak perlu lagi menginstal aplikasi dari semisal play store google dan yang lainnya.

Read More

Dengan teknologi PWA user akan tetap bisa mengakses situs sekalipun akses internet sedang offline. Dengan teknologi PWA maka data situs akan disimpan di cache dan akan bisa diakses walaupun disaat akses jaringan sedang gangguan atau bahkan tidak tersambung ke internet sama sekali. Tetapi namun tentunya halaman yang bisa diakses tanpa akses internet ini adalah halaman yang sebelumnya sudah pernah diakses disaat tersambung kejaringan internet pada web browser yang sama.

Disaat user mengakses halaman tanpa akses internet maka yang diakses adalah halaman yang sudah di cache yang tentunya sama halnya seperti user menyimpan halaman dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu. Konten yang tidak di cache maka akan tetap tidak bisa diakses seperti iklan adsense tidak akan ditampilkan.

Teknologi PWA memberikan kecepatan akses baik itu di versi mobile maupun di versi dekstop, hal ini disebabkan halaman yang sudah diakses sebelumnya tidak lagi memerlukan akses internet sebagai contohnya adalah siajun.com ini. Untuk membuktikannya silahkan putuskan internet Anda lalu refresh halaman ini, atau bila masih penasaran silahkan close dan akses lagi halaman ini pada history browser.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan atau cara pasang Progressive Web Apps (PWA) ini pada situs WordPress?.

Bila ingin menggunakan teknologi PWA khususnya pada situs WordPress self hosting sangat mudah untuk dilakukan, apalagi bagi pengguna yang sudah mengunakan plugin AMP for WP pasti sudah tahu atau paling tidak pernah melihat tool dengan nama PWA pada plugin AMP For WP ini.

Berikut ini adalah caranya, dengan menggunakan plugin PWA for WP atau bisa juga mengunakan plugin super PWA, silahkan pilihan ada ditangan masing-masing. Untuk saya sendiri lebih nyaman mengunakan PWA for WP disebabkan saya sendiri sudah menggunakan plugin AMP for WP yang sudah merekomendasikan PWA for WP.

Untuk mengaktifkan plugin PWA for WP tidak perlu cari-cari di store plugin pada WordPress. Bagi yang sudah meginstal AMP for WP tinggal buka pada pengaturan AMP for WP cari tool PWA lalu aktifkan akan otomatis menginstal plugin. Setelah terinstal tinggal lakukan pengaturan yang diperlukan seperti nama APP dan juga logo situs yang dimiliki, bila sudah mengaturnya jangan lupa untuk menyimpannya.

Sudah, segampang itukah cara aktivasi PWA pada situs WordPress? Ya” dengan cara diatas maka situs WordPress yang dimiliki sudah mendukung teknologi PWA.

Cara mengecek situs yang mendukung PWA adalah, untuk memudahkan silahkan instal Lighthouse browser Google Chrome Desktop yang digunakan. Buka situs yang akan diuji lalu cari dan klik tool Lighthouse pada pojok kanan atas browser.

Untuk pengaturan lebih lanjut pada plugin PWA for WP berikut sedikit saya gambarkan dibawah ini dengan tentunya hanya dasar saja, untuk yang lainnya yang tidak saya pahami saya biarkan default saja.

Untuk pertama kali setting ini sudah terceklis seperti pada gambar diatas.

Keterangan gambar :

  1. Masukan nama situs singkat saja bila terlalu panjang
  2. Masukan nama situs lengkap
  3. Masukan dekripsi situs
  4. Upload logo favicon situs
  5. Upload logo favicon situs yan lebih besar ukurannya atau bisa dikosongkan saja

Pengaturan yang lainnya biarkan saja default.

Pada menu tool bisa dilihat seperti gambar, plugin yang kompatibel dengan PWA for WP akan ditampilkan disini, tinggal pilih atau ceklis saja bila ingin mengaktifkannya.

Mungkin seperti itulah cara aktivasi PWA untuk situs WordPress, cukup dengan menginstal plugin seperti disebutkan diatas maka situs WordPress yang dimiliki sudah mendukung teknologi PWA.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *