Review Wisata Alam Curug Puncak Manik di Geopark

Halo Sobat pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang jalan-jalan kedestinasi wisata alam dekat-dekat rumah saja dulu, lokasinya sekitar 2 KM dari rumah masih satu desa beda kampung kalau saya berada di kampung Sindanghayu dan destinasi wisata alam yang akan saya review adalah di kapung Pasir Ceuri desa Cibenda Kecamatan Ciemas-Jawa Barat.

Curug PuncakManik

Puncak Manik adalah nama destinasi wisata yang akan saya ulas kali ini, untuk sekarang lebih dikenal Pengunjung dengan sebutan Geosite Puncak Manik yang terkenal dengan akses jalan menuju Curug atau Air Terjun yang menggunakan lebih dari seribu anak tangga,  menurut Tukang yang mengerjakan proyek tangga Curug Puncak Manik pada saat itu adalah kurang lebih memiliki panjang -+700 Meter dengan kelandaian anak tangga berbeda-beda mengikuti kontur tanah yang berbukit, ada yang menanjak dan ada yang datar.

Read More

Berikut adalah cerita saya pada saat beberapa kali berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat;

Sekilas tentang Curug Puncak Manik.

Air Terjun Puncak Manik Ciletuh Geopark-Palabuhanratu. Curug Puncak Manik, sebuah nama air terjun dari tiga air terjun yang ada dialiran Ciletuh dan menjadi air terjun yang posisinya paling hilir.

Puncak Manik bisa diakses dari Desa Tamanjaya tetapi lebih mudah diakses dari desa Cibenda, Puncak Manik bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam atau kurang lebih sekitar -+700 sd 1KM dari tempat parkir kendaraan atau dari atas tebing panenjoan Pasir ceuri, bila dijalan datar jarak 1KM meter mungkin bisa ditempuh dalam waktu -+ 20-30 menit .

Tips Berkunjung.

Bila ingin mengunjungi Puncak manik ada beberapa yang harus diperhatikan diantaranya yang paling penting adalah fisik disiapkan karena kita akan melewati turunanan saat berangkat dan jalan menanjak pada saat pulang yang cukup akan menguras tenaga dan keringat, air minum dan makanan ditakutkan pada saat berkunjung tidak ada yang menjual makanan atau minuman diwaktu-waktu tertentu, usahakan berangkat pada saat yang tepat hindari jam tengah hari.

Curug Puncak Manik, gambar diambil pada tanggal 23 september 2017.

Gambar diatas terlihat Puncak Manik dalam pembenahan / pembanguan jalan menuju lokasi diperbaiki dengan dilakukannya pengerasan jalan. Akses menuju Curug / Air terjun dibuatkan tangga yang menurut informasi anak tangga menuju Curug / Air Terjun mencapai -+1000 anak tangga.

Saya sebagai salah satu Warga Masyarakat yang satu desa dengan destinasi wisata ini tentu pada saat itu mengikuti perkembangan Curug Puncak Manik dari masih jalan setapak dibibir tebing curam sampai tahap pembangunan infrastruktur jalan menuju lokasi dan pembangunan terminal atau tempat parkir kendaraan pengunjung serta tangga-tangga menuju destinasi Curug Puncak Manik yang diperkirakan sejauh -+700M dan akan mencapai jumlah anak tangga sekitar -+ 1000 anak tangga.

Apa saja yang menjadi daya tarik dan keunikan dari geosite puncak manik?

Geosite adalah sebuah wisata yang terbentuk dari susunan geologi, biologi dan kebudaayan, atau singkatnya adalah wisata alam.

Puncak Manik menjawab semua itu, salah satu yang menjadi daya tarik Geosite Puncak Manik adalah Batuan tebing yang terbentuk secara alami hasil proses alami bumi entah dari sekian ribu tahun yang ketinggiannya menurut beberapa Orang yang mengatakan adalah -+100m”belum ada penelitian real”

Puncak Manik Geosite dihiasai aliran air yang mengalir dari aliran sungai Ciletuh yang jatuh terbentuklah dua Curug (dalam bahasa Sunda) atau Air terjun membentuk leuwi dibawahnya disebut leuwi Ngoplak yang kedalamannya bisa “menenggelamkan” satu batang pohon besar yang baru ditebang tanpa bisa ditemukan, ini adalah salah satu keunikan yang secara alamiah pernah dialami Warga pada waktu itu menebang pohon persis datas leuwi Ngoplak dan keunikan secara modernnya adalah dibangunnya tangga yang mencapai kurang lebih -+1000 anak tangga yang mampu menguras tenaga dan keringat tetapi akan menjadi sensasi yang akan memuaskan pengunjung.

Tenaga dan keringat akan terbayarkan setelah sampai dibawah Air Terjun Puncak Manik #Geositepuncakmanik. Air terjun yang membentuk leuwi Ngoplak dengan kedalaman yang “tidak terukur” uniknya kembali mengalir dan jatuh membentuk air terjun kecil dan terbentuklah leuwi kedua yang disebut leuwi Kaca.

Awal Curug Puncak Manik Ramai Dikunjungi

Curug Puncak Manik pada tanggal 24 desember 2017 sudah ramai dikunjungi oleh warga sekitar bahkan ada yang dari luar kota sebagai destinasi wisata alam di desa Cibenda kecamatan Ciemas, pengunjung yang datang ingin merasakan sensasi menuruni -+1000 anak tangga, mungkin dari sinilah tercetuslah nama Tangga Seribu Geosite Puncak Manik.

Puncak Manik Geosite sore hari menikmati Sunset di Tebing Panenjoan Pasirceuri

Bukan hanya kita bisa menikmati terbenamnya matahari tetapi kita juga bisa menikmati indahnya Curug Puncak Manik yang tepat dibawahnya dengan dihiasi view Amfiteater bentangan alam diujung mata laut pantai Palangpang.

Tebing Panenjoan Pasirceuri Curug Puncak Manik yang berada di desa Cibenda Kecamatan Ciemas merupakan salah satu lokasi untuk kita bisa menikmati bentangan alam dengan ditemani cahaya yang berwarna kuning keemasan menghiasi indahnya Geosite Puncak Manik.

Bila ingin menikmati Sunsetnya Geosite Cjurug Puncak Manik saya sarankan datanglah sebelum jam 5 sore jangan lupa bawa kamera Anda untuk mengabadikannya.

Poto-Poto Sunset Geosite Curug Puncak Manik

Poto-poto dibawah ini adalah hasil jepretan pada tanggal 24 desember 2017 sekitar pukul 18:07-18:29 dalam keadaan cuaca cerah berawan tetapi tidak menghalangi matahari terbenam.

Curug Puncak Manik sudah ramai dikunjungi bahkan sebelum diresmikan. Peresmian baru direncanakan dilaksanakan pada sebelum malam tahun baru 2018. Peresmian Cibenda Geosite Curug Puncak Manik-Geopark Ciletuh-Palabuhanratu rencananya akan dilaksanakan oleh Kepala Desa Cibenda (Adi Rizwan S.IP) sebagai salah satu destinasi wisata alam di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang berada di Desa Cibenda Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi ditandai dengan gunting pita oleh Kepala Desa dan sekaligus menyambut tahun baru 2018.

Tinjauan Langsung Dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Pada sehari sebelum peresmian Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Bpk.Dana Budiman (pada waktu itu) meninjau langsung proyek objek wisata Curug Puncak Manik.

Curug Puncak Manik sekarang terkenal dengan sensasi seribu tangga yang siap menghantarkan pengunjung menuju Curug puncak Manik. Pada waktu itu Bapak KADIS mencoba menuruni tangga untuk meninjau tetapi Beliau hanya sangup sekitar 50% perjalanan dan memutuskan untuk kembali keatas.

Gunting Pita / Peresmian Geosite Curug Puncak Manik.

Pada siang hari tanggal 31 desember 2017 telah dilaksanakannya Gunting pita dalam peresmian destinasi wisata Geosite Puncak Manik oleh kepala desa Cibenda pada malam harinya dilanjutkan bersama menyambut pergantian tahun baru Masehi 2017.

Kondisi Dan Fasilitas Geosite Curug Puncak Manik

Geosite Curug puncak Manik dengan kondisi alam yang masih asri tentunya akan memanjakan Pengunjungnya.

Menikmati Sensasi 1000 Tangga Geosite Curug Puncak Manik

Selain air terjun sebagai tujuan dari kunjungan para wisatawan satu lagi yang menjadi tujuan dari pengunjung adalah ingin menikmati sensasinya menginjakan kaki di tangga 1000. Bisa dibayangkan sebelum bisa menikmati indahnya air terjun dari dekat Pengunjung harus melewati terlebih dahulu tantangan menuruni seribu anak tangga dan harus siap pada saat kembali menaiki seribu anak tangga tersebut.

Jangan khawatir dengan seribu tangga yang harus dilewati angap saja kita berjalan-jalan santai seperti biasanya karena dalam perjalanan menuruni tangga kita akan disuguhkan dengan kesejukan dibawah rindangnya pepohonanan yang didominasi pohon Malaning atau Pete Cina disepanjang tangga.

Untuk fasilitas umum Geosite Puncak Manik terus dibenahi dari tempat parkir yang nyaman, toilet umum, Mushola dan lain-lain. Untuk biaya masuk bisa dibilang sangat murah hanya dengan 3000-10000 untuk parkir kendaraan disesuaikan dengan besarnya kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

Mungkin yang harus diperhatikan adalah pada saat-saat tertentu Geosite Puncak Manik dalam keadaan tidak ada Pengurusnya, tidak ada yang jualan makanan jadi kalau seperti ini persiapkan segala sesuatunya seperti makanan dan minuman sebelum masuk Geosite Puncak Manik. Perlu diperhatikan juga dengan kendaraan jangan ditinggal diparkiran tanpa ada yang mengawasi oleh Orang yang dipercaya.

Rekomendasi Kunjungan Ke Geosite Curug Puncak Manik.

Berkunjung dihari-hari raya liburan nasional seperti libur lebaran adalah rekomendasi berkunjung ke Geosite Curug Puncak Manik.

Sekian terkait ulasan destinasi wisata Geosite Curug Puncak Manik yang berada di desa Cibenda kecamatan Ciemas semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *