SABRINA, Chatbot Berteknologi Kecerdasan Buatan dari BRI

Beberapa hari kebelakang saya lebih inten mengulas beberapa aplikasi dan juga produk yang dikembangkan oleh Bank BRI seperti sedikit mengulas kembali apa itu BRILink dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba meneruskan ulasan seputar produ-produk dari Bank BRI itu sendiri yaitu SABRINA, Chatbot Berteknologi Kecerdasan Buatan dari BRI.

Melihat kecanggihan teknologi yang terus menerus berkembang, maka BRI selalu berusaha untuk mengikuti arus perkembangan teknologi. Kali ini BRI memperkenalkan layanan chatbot bernama SABRINA yang merupakan kepanjangan dari Smart BRI New Assistant. Layanan yang menggunakan teknologi Artificial Inteligence (kecerdasan buatan) ini dibuat agar para nasabah maupun calon nasabah semakin mudah untuk mendapatkan informasi seputar layanan-layanan seperti lokasi ATM ataupun lokasi kantor cabang, serta produk-produk yang dikeluarkan BRI dan pastinya layanan bantuan pelanggan.

Read More

Kaspar Situmorang selaku EVP Digital Centre of Excellence Bank BRI mengatakan bahwa ini merupakan tantangan dalam dunia perbankan digital, mengingat BRI merupakan salah satu bank pemerintah yang melayani seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan kantor cabang yang mencapai 10.646 unit dan total jumlah nasabah lebih dari 102 juta orang di seluruh Indonesia, BRI terus berusaha untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah dan berusaha untuk melayani nasabah dengan lebih baik lagi.

Dengan hadirnya SABRINA, nasabah tidak perlu menelepon CallBRI maupun harus pergi ke kantor cabang dan mengantri untuk mendapatkan layanan ataupun informasi perbankan, cukup dengan memulai chat bersama SABRINA, maka SABRINA siap memberitahukan segala informasi Bank BRI layaknya Customer Service.

SABRINA bisa diakses melalui dua aplikasi sosial media, pertama melalui aplikasi Facebook Messenger dimana nasabah cukup mengklik tombol Like (otomatis tombol Follow akan langsung ikut terklik) pada akun ‘BANK BRI’ yang resmi. Kedua melalui Telegram dengan memasukkan Telegram ID ‘@BANKBRI_ID_BOT’. Akun resmi dari Bank BRI memiliki centang biru dan terverifikasi, serta Bank BRI tidak pernah meminta data pribadi apapun.

Selain itu situs korporat Bank BRI yang mendapat perubahan terbaru juga diintegrasikan dengan Chatbot SABRINA sehingga SABRINA bisa langsung melayani nasabah korporasi tanpa harus datang ke kantor bank.

Chatbot Sabrina terbagi menjadi 2 kategori, pertama chatbot dengan pola small talk (percakapan) layaknya percakapan dengan manusia pada umumnya. Kedua, chatbot dengan tampilan gambar dan tombol menu yang bisa dipilih oleh nasabah dimana tampilan gambar dan tombol menu ini menampilkan seluk beluk produk-produk BRI.

Terwujudnya layanan SABRINA ini merupakan hasil kerjasama antara Bank BRI dengan startup Kata.ai, startup asli Indonesia yang bermain di bidang conversational Artificial Inteligence (Kecerdasan Buatan untuk Percakapan). Kata.ai meyakini bahwa AI buatan mereka mampu meningkatkan produktivitas Bank BRI dan masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan mereka tentunya

Pengembangan Teknologi Suara dan Ekspansi Melalui Whatsapp

Jika sebelumnya SABRINA hanya bisa berkirim pesan melalui teks, kini SABRINA sudah bisa diakses melalui perintah suara. Diharapkan dengan perintah suara ini, semakin memudahkan para nasabah atau calon nasabah untuk mendapatkan informasi seputar produk-produk Bank BRI.

Selain itu, Bank BRI juga telah melakukan ekpansi ke Whatsapp dan sedang melalui tahap uji coba Sebelumnya SABRINA sudah hadir terlebih dahulu di aplikasi Facebook Messenger dan Telegram. Whatsapp dipilih karena aplikasi sosial media ini menjadi pilihan yang paling populer ketika berkomunikasi. Untuk dapat mengakses layanan SABRINA di Whatsapp, cukup dengan membuka laman http://bit.ly/WhatsappSabrinaBRI, atau menyimpan nomor 08121214017 sebagai kontak telepon, kemudian konsumen atau nasabah bisa berkomunikasi dengan SABRINA untuk mendapatkan informasi seputar produk-produk Bank BRI lainnya.

Bersamaan dengan SABRINA, sebelumnya Kata.ai juga membuat chatbot untuk Alfamart yang diberi nama Shalma dan menyasar pengguna LINE. Tidak menutup kemungkinan baik SABRINA maupun Shalma akan tersedia di platform sosial media yang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *