Samsung A30S Tidak Bisa Screenshot Ternyata Ini Masalahnya

  • Whatsapp

Sama halnya tipe smartphone Samsung yang lainnya, Samsung seri A30S juga bila ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot adalah dengan menggunakan kombinasi tombol volume bawah dan tombol power yang ditekan secara bersamaan. Bagaimana dengan banyak yang mengeluh kalau HP Samsung A30S Mereka tidak bisa screenshot dengan menekan kombinasi tombol diatas? Usut punya usut kejadiannya sama dengan yang saya alami pada HP Samsung yang baru saya beli beberapa hari kebelakang.

Saya membeli HP Samsung A30S secara online melalui salah satu online shoping dengan harga kisaran Rp.3jutaan, karena lokasi toko dan daerah saya berada jauh maka HP sampai ketangan saya dalam 4 hari setelah pembelian. Pada saat pembelian ditoko online tempat saya beli lagi ada promo untuk pembelian samsung dengan tipe A30S ini, persisnya 5 jenis bonus ACC: Iring, Gurita, Tongsis, Waterproof, headset bluetooth yang akan saya dapatkan.

Read More

4 hari kemudian setelah HP yang saya beli sampai ketangan saya dan saya cek ternyata benar bonus diberikan, hanya satu bonusnya yang tidak ada yaitu headset bluetooth, sudah saya tanyakan ketokonya katanya memang sudah tidak ada bonus untuk headsetnya, saya tidak mempermasalahkan itu yang terpenting unit HPnya sampai secara utuh dan normal.

Kenapa saya memilih HP Samsung A30S?

Saya pilih HP Samsung tipe A30S salah satu faktor utamanya terkait kerjaan saya yang sering melakukan pembelian atau top up uang elektronik seperti e-Toll, BRIZZI dan yang lainnya, tentunya transaksi jenis ini tidak sesimpel transaksi lainnya cukup top up sudah selesai bisa digunakan, semisal e-Toll perlu cek dan update saldo sebelum bisa digunakan. Untuk bisa cek dan update saldo dibutuhkan teknologi NFC pada HP yang digunakan, dan Samsung tipe A30S ini sudah mendukung makanya saya pilih, juga perbandingan harga dengan HP yang memiliki fitur NFC lainnya tipe A30S bisa dibilang paling murah dikelasnya.

Selain itu Samsung A30S memiliki fitur lainnya yang tak kalah penting yang mendukung kinerja HP dalam mengolah data, A30S memiliki RAM sebesar 4GB, ROM 64GB dengan Ukuran layar: 6.4 inci, 720 x 1560 pixels, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, MicroSD up to 512 GB Sistem operasi: Android 9.0 (Pie) CPU: Exynos 7904 (14 nm) Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53) GPU: Mali-G71 MP2 Kamera: 25 MP, f/1.7, PDAF; 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide); 5 MP, f/2.2, depth sensor, depan 16 MP, f/2.0 SIM: Dual SIM (Nano-SIM) Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh Berat: 169 gram. Pokonya jatuh hatilah pada Samsung A30S ini yang pada akhirnya saya beli.

Kita kembali pada masalah yang dialami oleh pengguna Samsung pemula seperti saya alami juga, yaitu HP Samsung A30S yang saya beli tidak bisa melakukan screenshot seperti HP Samsung tipe lainnya, sudah dicoba beberapa kali seperti dengan cara menekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan seperti halnya tipe samsung lainnya yang saya gunakan, tetapi tetap tidak bisa. Tidak berhenti mencoba saya coba tanya kesesama dimedia sosial ternyata Mereka bisa melakukan screenshot pada HP yang Mereka gunakan, lalu masalahnya ada dimana? Lebih diperjelaskan lagi saya tanyakan kepada teman bagaimana Mereka cara screenshot, tombol apa yang Mereka gunakan ternyata sama tombol volume dan power. Muncul pertanyaan apa HP yang saya beli bermasalah? Chat lagi dimedia sosial, kali ini sambil melihat vidionya, ternyata eh..ternyata pada A30S cara menekannya dengan cepat jangan ditekan lama seperti samsung sebelumnya yang saya gunakan, disitulah ketemulah masalahnya.

Inilah masalahnya Samsung A30S tidak bisa Screenshoot

Bukan disebabkan karena HP Samsung A30S yang dibeli bermasalah tetapi dikarenakan pada tipe A30S cara menekan tombol kombinasinya jangan terlalu lama seperti seri samsung sebelumnya, bila menekan terlalu lama maka yang akan muncul adalah tombol untuk mematikan dan restart HP.

Cara screeshot A30S yang benar

Untuk ambil gambar layar atau screenshot pada HP Samsung A30S sama halnya dengaan seri lainya yaitu menekan kombinasi tombol volume bawah dan power secara bersamaan, namun yang berbeda durasi menekannya, Samsung seri A30S cukup tekan bersamaan kedua tombol lalu lepaskan jangan lebih dari 1 detik.

Itulah penyebab kenapa Samsung A30S tidak bisa melakukan screenshot, semoga saja bisa bermanfaat, terkadang hal sepele bisa menjadi besar bagi yang tidak tahu pokok masalahnya seperti yang saya alami diawal mengira HP Samsung saya bermasalah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *