Seal Kruk As Mio cepat bocor ini solusinya

Seal kruk as Mio cepat bocor ini solusinya – Pada artikel ini, kita akan membahas seal kruk as pada motor Yamaha yang gampang sekali bocor. Kebocoran sering terjadi teruatama di Mio M3, Xeon, Fino, Soul GT. Hampir semua dari keluarga Yamaha rata-rata cepat sekali mengalami bocor pada bagian seal kruk as.

Bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini akan menjelaskan tutorial cara mengakali kebocoran pada seal kruk as sehingga anda tidak perlu selalu mengganti seal kruk as setiap saat. Walaupun seal kruk as ini murah, tapi tentu saja menggantinya setiap servis akan membuat kita merasa kesal juga. Cara mengatasi permasalahn ini dapat dipraktikkan pada semua tahun Mio M3, semua tahun Soul GT, dan semua tahun Xeon. Jika anda sudah tidak sabar lagi, silakan simak tutorial cara mengatasi seal kruk as Mio M3 yang gampang sekali bocor di bawah ini.

Read More

Penyebab seal kruk cepat bocor

Baca juga: Baru 1 Bulan Sudah Habis, Piringan Jebol akibat Kampas Palsu

Seal Kruk As yang bocor memiliki beberapa penyebab. Penyebab pertama bisa karena oli kering yang membuat mesinnya menjadi panas lalu melelehkan seal kruk as yang tebuat dari karet. Yang kedua, bisa saja seal kruk as terluka saat dicongkel dan menyebabkan bocor. Yang ketiga, bisa saja seal kruk as tetap bocor meskipun oli tidak pernah telat. Untuk itulah, artikel ini menjelaskan solusi ampuh bagaimana mengakali seal kruk as yang mudah sekali bocor ini. Motor yang digunakan dalam contoh kali ini adalah Mio M3. Berikut tutorial cara mengatasi seal kruk as yang cepat bocor.

Cara mengatasi seal kruk cepat bocor

1. Kita lepas seal kruk as lalu kita ambil ring per yang ada di dalamnya.

2. Setelah dicabut, rabalah sambungan yang ada pada ring per. Ketika anda sudah menemukannya, putarlah sambungan tersebut hingga terdengar bunyi klik dan sambungan tersebut copot.

3. Ketika sudah copot, potonglah ujungnya sedikit. Tujuannya adalah untuk memperkecil diameter ring per sehingga bisa menjepit as dengan lebih rapat dan tidak longgar. Memotong ring per harus menggunakan gunting yang tajam atau alat potong lain yang tajam. Hal ini dilakukan supaya ujung seal kruk as tidak melebar jika dipotong oleh alat potong yang tumpul.

4. Potong ujung ring per sedikit saja sekitar 0,5 cm. Jika kita membiarkan ring per dengan ukuran semula maka daya cengkramnya akan berukrang.

5. Setelah digunting, sambungkan lagi ring per. Masukkan ujung yang digunting ke ujung yang tidak digunting lalu putar lagi sampe bunyi tek, yang menunjukkan bahwa sambungan sudah terpasang sempurna. Anda bisa melihat setelah ring per terpasang sempurna, diameternya menjadi lebih kecil daripada diameter awalnya.

6. Masukkan lagi ring per ke dalam seal kruk as hingga pas menempel. Karena diameter lebih kecil, seal kruk as yang baru ini akan menjepit as dengan sempurna. Hasilnya seal kruk as menjadi lebih awet karena oli tidak akan bocor. Cara seperti ini sudah sering dilakukan untuk mengatasi kebocoran pada seal kruk as. Buktinya, yang tadinya gampang bocor berubah menjadi lebih tahan lama.

7. Trik berikutnya ada pada komponen bos. Di bagian dalam bos terdapat O ring. Anda bisa membuka bos lalu meraba O ring yang ada di dalamnya. Jika O ring terasa halus atau kaku ketika anda merabanya maka itu merupakan tanda bahwa O ring tersebut harus diganti. Anda bisa membeli maupun mengganti O ring pada bos di bengkel-bengkel terdekat. Hal ini dilakukan untuk membantu supaya seal kruk as bisa tahan lebih lama lagi.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada dua hal yang perlu diperhatikan untuk menghentikan kebocoran pada seal kruk as. Yang pertama adalah O ring pada bos harus diganti apabila sudah rusak, halus, ataupun kaku. Yang kedua adalah memperkecil diamerter ring per yang terletak pada seal kruk as supaya dapat mencengkeram as dengan lebih pakem. Kode seal kruk as Mio M3 sama dengan kode seal kruk as pada Xeon, Soul GT, dan Fino Fi. Jadi, kedua trik ini dapat dipraktikkan ke segala jenis motor matic keluaran Yamaha.

Lihat video

Dengan cara ini diharapkan anda tidak perlu lagi mengganti seal kruk as sebulan sekali. Seal kruk as menjadi pakem dan memiliki umur yang lebih Panjang. Semoga cara ini dapat menjadi solusi bagi permasalahan sepeda motor yang sering anda alami.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *