Sempurnakan Rencana Traveling dengan 10 Tips Traveling Super Hemat!

  • Whatsapp

Sempurnakan Rencana Traveling dengan 10 Tips Traveling Super Hemat!

Kegiatan travelling memang tampak menyenangkan dan telah menjadi hobi bagi sebagian besar orang. Terutama pecinta alam atau penyuka objek wisata. Berbagai macam aktivitas yang diposting di media sosial oleh para traveler banyak menarik perhatian para warganet. Mungkin kamu adalah salah satu yang tertarik pada berbagai aktivitas jalan-jalan tersebut.

Read More

Namun, ternyata kegiatan traveling membutuhkan berbagai perencanaan yang matang. Terutama soal budget atau biaya. Setidak-tidaknya biaya perjalanan atau biaya masuk ke tempat wisata. Hal ini pun bisa menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang yang tidak memiliki anggaran khusus untuk traveling.

Jarak antara rumah dan destinasi wisata yang jauh dapat memperlebar anggaran biaya traveling. Tak hanya biaya transportasi dan tiket masuk objek wisata, anggaran makan dan tempat tinggal juga dapat menguras dompet.

Tapi jangan khawatir, berikut adalah rangkuman tips traveling super hemat yang bisa digunakan oleh siapa saja. Yuk simak!

Identifikasi Destinasi Tujuan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika hendak melakukan kegiatan traveling adalah mengidentifikasi destinasi tujuan. Ini merupakan salah satu bentuk perencanaan agar kamu bisa mengetahui berapa besar biaya yang dibutuhkan.

Cara yang dianjurkan untuk mengidentifikasi destinasi tujuan adalah dengan mencari referensi tempat wisata dengan jarak dekat dan biaya masuk yang murah. Dengan memilih destinasi berjarak dekat, biaya transportasi dapat diminimalkan.

Memanfaatkan Paket Wisata

Bagi para traveler pemula, ada baiknya memilih paket wisata sebagai langkah awal. Biasanya dalam sebuah paket wisata yang berjenis rombongan biaya transportasi dan biaya masuknya ditanggung sekaligus saat pembayaran awal. Kamu juga bisa bertemu dengan banyak orang yang memilih paket sama.

Alternatif lain juga dapat dilakukan dengan mengajak teman-teman untuk pergi bersama. Jadi kegiatan dapat berlangsung menyenangkan dan terjangkau pula. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya.

Menginap di Rumah Kenalan

Nah, hal yang satu ini sangat efektif untuk meminimalkan biaya traveling. Dengan tinggal di rumah teman, saudara, atau kenalanmu, kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya penginapan yang relatif mahal. Apalagi jika berada dekat dengan objek wisata setempat.

Jadi pertimbangkan pula jika kamu memiliki kenalan yang berumah dekat dengan objek wisata. Kamu bisa memilih objek wisata di dekat rumahnya sebagai destinasi tujuan. Dengan menginap kamu bisa mengeksplor wisata di sekitarnya dengan lebih leluasa tidak terbatas waktu hanya satu hari saja.

Tentukan Waktu yang Tepat

Memilih tanggal juga cukup penting terkait upaya untuk meminimalkan biaya traveling. Karena di beberapa waktu, terutama saat liburan tiket moda transportasi umum cenderung naik karena banyaknya penumpang.

Maka, kamu harus cukup cerdas untuk menentukan tanggal kepergian. Jadi pilihlah tanggal yang sekiranya kondisi di luar tidak terlalu ramai.

Pilih Hostel

Jika tidak memiliki kenalan atau saudara di sekitar destinasi tujuan dan terpaksa menginap. Maka pilihlah hostel sebagai rujukan tempat tidur. Hostel adalah sebuah penginapan bersama dengan desain ruang tidur yang minimalis dan efisien sehingga dari segi harga tentu lebih mudah.

Jika hotel cenderung lebih privat, model hostel jauh lebih terbuka dan beberapa fasilitasnya digunakan bersama. Seperti kamar mandi, lobi, dapur dan sebagainya. Namun, jangan khawatir, saat ini tersedia banyak hostel murah dengan fasilitas bagus seperti free wifi, dapur umum dan tempat bersantai.

Kamu tinggal mencari informasinya di internet, bahkan bisa memesan hostel beberapa hari sebelum kamu tiba. Sehingga begitu sampai, kamu bisa langsung istirahat di hostel dengan nyaman.

Perlengkapan Tidak Harus Beli

Bagi kamu yang ingin traveling, tentunya ada beberapa perlengkapan seperti ransel atau carrier untuk membawa barang-barang dan beberapa perlengkapan lainnya disesuaikan dengan destinasi tujuan.

Jika kamu tidak memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, maka jangan terburu-buru berpikir untuk membeli perlengkapan tersebut. Cukup mencari pinjaman pada teman atau saudara yang sudah sering pergi jalan-jalan.

Dengan begitu, biayanya tentu akan lebih hemat. Jika selanjutnya kamu masih tertarik untuk traveling lagi, maka biaya perlengkapan bisa dianggarkan dengan cara menabung.

Menumpang

Cara ini tak kalah bergunanya untuk rencana traveling hematmu. Jangan malu atau ragu untuk menumpang pada teman atau kenalan ketika ingin pergi ke destinasi tujuan. Lagi pula, jika kamu bertemu dengan mereka yang sudah sering traveling dan bisa menumpang, mereka akan dengan senang hati memberi tumpangan.

Namun, jika hal itu tidak memungkinkan maka cukup naik transportasi umum saja ketimbang naik taksi atau kendaraan pribadi. Agar tak perlu membayar mahal atau mengeluarkan uang bensin.

Membawa Perbekalan

Saat bepergian, jangan lupa untuk membekali diri dengan barang kebutuhan pokok seperti makanan ringan, makanan pengganjal perut seperti mie instan, minuman, alat mandi pribadi seperti sikat gigi dan keperluan lainnya.

Hal itu penting agar kamu tidak perlu membelinya di jalan. Jadi apa yang kamu punya dan butuhkan, masukkan dalam carrier dan sertakan bersamamu saat pergi traveling.

Lalu, jika tiba waktu makan di jalan, pergilah ke warung-warung kecil di tepian atau warteg. Karena harga makanan di sana lebih murah ketimbang membeli makan di kafe atau restoran. Harga murah, perut kenyang, hati senang.

Tak Perlu Beli Oleh-oleh

Sebagian besar orang yang pergi jalan-jalan seringkali membeli oleh-oleh berupa cendera mata atau benda-benda lainnya. Tentu tidak masalah selama budgetnya tersedia dan membeli barang-barang yang bermanfaat. Namun, hal ini sama sekali tak diperlukan jika kamu ingin traveling hemat.

Setelah pulang, belum tentu benda yang kamu beli digunakan. Karena itu sebaiknya tahan diri agar tidak membeli oleh-oleh. Jika masih berat, belilah oleh-oleh makanan khas setempat untuk diberikan pada orang terdekat ketika pulang.

Untuk membelinya pun, kamu harus memilih tempat yang tepat yakni di pasar. Jangan pergi ke toko karena perbedaan harganya pasti akan sangat terasa.

Menyambi Kerja

Menikmati waktu liburan sembari bekerja paruh waktu sangat bermanfaat. Hal ini adalah salah satu cara bertahan hidup yang cukup menyenangkan. Selain itu ada banyak pengalaman yang bisa didapat.

Sembari berlibur, gunakan waktu yang tersisa untuk melamar pekerjaan paruh waktu atau part time di sekitar objek wisata dan tempat kamu tinggal. Ini adalah salah satu alternatif pilihan yang tak hanya hemat, namun juga menghasilkan.

Hasil kerja part time-mu bisa digunakan untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya. Sehingga kamu bisa traveling di banyak tempat.

Usai sudah pembahasan mengenai tips traveling super hemat. Tips ini dapat digunakan oleh semua orang terutama bagi mahasiswa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *