Seri Processor Laptop Terbaru, Pertimbangan All User

Seri Processor Laptop Terbaru, Bahan Pertimbangan All User – CPU dengan kecepatan dan performa yang handal menjadi sorotan dan minat para penggemar gadget, khususnya laptop atau computer. Kebutuhan untuk design, editing, gaming, konten creator, dan yang lainnya menuntut pengguna untuk memiliki laptop dengan kualitas CPU terbaik nan mumpuni. Ada dua perusahaan pengembang processor computer yang populer di kacah internasional. Salah satunya ialah AMD, yang tak lama ini telah meluncurkan produk unggulan terbarunya.

Sebagai salah satu developer GPU Card, AMD meluncurkan seri terbarunya dengan ukuran super mini. Saat event Consumer Electronic Show (CES) 2019 yang digelar di Las Vegas, AS, AMD memperkenalkan lini prosesor (CPU) notebook 7nm (nanometer) perdananya. CPU tersebut ialah AMD Ryzen Mobile 4000 Series. Serangkaian CPU laptop AMD Ryzen generasi ketiga ini dibekali dengan sejumlah peningkatan performa dibandingkan dengan pendahulunya. Salah satu peningkatannya ialah dari segi daya.

Read More

Teknologi fabrikasi CPU ini amatlah kecil yakni berukuran 7nm. Dengan uluran tersebut AMD menyatakan Ryzen 4000 Series mampu memberikan performa baterai dua kali lipat lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya dengan arsitektur 12nm (selisih 5nm). Lewat lini Ryzen 4000 sendiri, AMD menawarkan beberapa macam atau varian prosesor yang hadir. Di antaranya ialah dengan embel-embel “U” (untuk segmen laptop ultrathin) dan “H” (untuk segmen laptop gamer/kreator konten). 

AMD Ryzen 7 4800U terdiri atas delapan inti prosesor Zen 2 (16 threads). Dengan kecepatannya yang tak diragukan lagi, yakni base clock 1,8 GHz (boost 4,2 GHz), pengolah grafis (GPU) terintegrasi Radeon Vega (8 inti), termasuk juga dilengkapi Thermal Design Power (TDP) 15W. Sementara AMD Ryzen 7 4800H memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda “saudaranya”, hanya saja kecepatan base clock dan TDP-nya lebih besar, yakni 2,9 GHz dan 45W, dan disupport dengan GPU Radeon Vega (7 inti).

Perihal gambaran performanya, CEO AMD, Lisa Su mengklaim Ryzen 4000 mampu:

  • menawarkan performa single-thread 4 persen lebih cepat;
  • pemrosesan multi-thread 90 persen lebih “ngebut”; dan
  • performa grafis 28 persen lebih mumpuni dibandingkan competitor

Lisa Su juga mengonfirmasi bahwasanya laptop yang dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 4000 Series akan bermunculan di kuartal pertama (Q1) 2020 ini. Beberapa vendor yang rencananya akan merilis laptop dengan CPU tersebut adalah Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan sejumlah perusahaan laptop lainnya.

Kecepatan process dan optimalisasi daya dalam kinerja suatu laptop menjadi sorotan yang tak boleh diremehkan. Sesuaikanlah dengan apa yang Anda butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Berikut tips singkat memilih laptop yang tepat dan terbaik :

  1. Jangan hanya melihat ukuran RAM dan ROM saja. Perhatikan pula spesifikasi lain seperti processor, battery, VRAM, dll.
  2. Tidak pasti yang harga tinggi akan sesuai. Jangan terpaku dengan prinsip harus beli laptop dengan harga selangit. Sesuaikan saja dengan apa yang akan Anda kerjakan dalam laptop tersebut.
  3. Periksa secara cermat keaslian produk sebelum transaksi terjadi. Jangan pula tergoda dengan mudah oleh harga tak logis yang sangat murah (di luar nalar). Bisa jadi ada something freak dalam laptop tersebut.
  4. Sebelum mengunjungi toko, ada baiknya Anda mencari info lengkap terlebih dahulu sebelum Anda jatuh ke dalam ajakan sales penjual. Anda dapat mencarinya di website seperti yang sedang Anda kunjungi sekarang ini.

Kecepatan proses menjadi pilihan utama tetapi jangan lupakan 4 tips diatas untuk menjadikan pengeluaran Anda untuk membeli laptop spesifikasi tinggi, dengan harga selangit tepat guna sesuai dengan apa yang dikerjakan pada laptop tersebut.