Servis Injeksi Mio M3 dan Sekelasnya Mati-matian Gak Bisa Langsam

  • Whatsapp

Artikel kali ini akan menjelaskan cara servis body throttle untuk Yamaha dan khusus Yamaha, untuk Honda silakan anda mencari di video yang lainnya yang berupa tutorial injeksi. Efek throttle body kotor di antaranya motor menjadi mati-matian, bisa langsam, brebet, dan lain sebagainya. Ketika motor teman-teman mengalami kejadian tersebut, silakan menyimak tutorial servis injeksi Mio M3 di dalam artikel dan video ini.

Baca juga : Cara Bongkar Pasang Body Throttle

Read More

Tutorial Servis Injeksi Mio M3:

1. Pertama-tama throttle bodynya harus dibuka terlebih dahulu. Untuk cara bongkar pasangnya, silakan teman-teman klik disini. Artikel kali ini hanya akan menjelaskan bagaimana teman-teman dapat melakukan servis injeksi pada motor Yamaha, khususnya Mio M3. Throttle body yang digunakan dalam video ini adalah Throttle body dari Yamaha Mio M3 yang sekelas dengan Soul GT 125 dan Fino Fi 125. Sedangkan kelas Mio G memiliki perbedaan di badan throttle bodynya karena terdapat selang ISC. Throttle body Mio M3 sudah dipermudah lagi, setelan anginnya menjadi satu dengan throttle body dan bisa diputar-putar. Untuk Yamaha NMax pun throttle body-nya hampir sama.

2. Jadi untuk servis throttle body ini, kita tinggal membelah dua throttle body- nya. Kalau dibersihkan langsung dalamnya tidak akan bersih. Kita membuka throttle body dengan kunci L5. Dalaman throttle body bisa kotor disebabkan karena jarang servis, jarang menggunakan filter udara, kalaupun menggunakan biasanya menggunakan yang KW sehingga debu dan kotoran masuk ke dalam.

3. Seperti dalam gambar, bisa dilihat bahwa Filter udaranya sudah sangat kotor. Boxnya juga kotor dan terlihat banyak debu masuk. Dengan gejala seperti ini, bisa dipastikan throttle bodynya kotor, mesinnya kotor, dan ruang bakarnya kotor. Ketika ruang bakarnya kotor maka, dia akan mengganggu kinerja motor itu sendiri. Ketika kotoran sampai ke ruang pembakaran, maka pembakaran yang terjadi akan menghasilkan banyak karbon dan mengurangi kompresi motor.

4. Seperti biasa kalau servis motor, maka O ring nya dibuka terlebih dahulu supaya tidak kena bensin maupun carbon cleaner karena akan membuat O ring jadi melar. Bersihkan saja dalaman throttle body. Membersihkannya dapat menggunakan bensin, carbon cleaner, tiner, atau apa saja yang penting bersih. Kita semprot hingga kotoran menjadi luntur dan memastikan bahwa semuanya benar-benar bersih.

5. Di sisi throttle ada lobang kecil yang disebut lubang langsam atau lubang setelan angin. Kita buka dulu setelan anginnya. Jika di setelan angin terdapat kotoran, bisa dipastikan dalaman lubangnya juga kotor. Bersihkan juga lubang setelan angin yang ada di dalam throttle body dengan cara menyemprotnya hingga bersih. Semua bagian Throttle body dan lubang-lubang yang memiliki sambungan harus dibersihkan.

6. Motor Mio M3 sering mati bisa disebabkan dari lubang anginnya yang mampet semua oleh kotoran dan akhirnya tertutup. Jalur utama dapat tertutup. Jadi misalnya pada proses langsam, sebelum tuas gas tertarik, angin belum masuk, sehingga angin masuknya hanya lewat lubang angin. Ketika terjadi penyumbatan di lubang angin ini maka, angin tidak akan masuk dan menyebabkan pembakaran tidak terjadi, maka motor tersebut mati.

7. Terjadinya pembakaran harus ada 3 syarat yang pertama harus ada bensin, yang kedua harus ada api, yang ketiga harus ada udara. Ketika bensin sudah masuk ruang bakar, api sudah dipercikkan oleh busi, tapi udara gak masuk karena lubang angin mampet, motor tidak akan bisa hidup karena tidak ada udara. Jika dibuka dan dibersihkan jalur anginnya maka motor menjadi lancar. Bersihkan semua bagian hingga bersih dan ngocor jika disemprot. Ketika semua sudah bersih, maka body throttle dapat dipasang lagi. Jangan lupa membersihkan intact dan injectornya. Membersihkan intact dapat dilakukan dengan menyemprotnya. Pastikan semua bersih mengkilat. Disarankan ketika semua dibersihkan, jangan lupa fuel pump dibersihkan juga.

8. Untuk memasang body throttle lagi caranya sangat mudah karena tidak terlalu banyak bagian yang perlu dipasang. Anda tinggal masukkan O ring ke posisinya tadi, dan masukkan belahan body throttle lalu membaut. Setelah dibaut, body throttle sudah selesai disambung dan siap dipasang.Sekian artikel ini, semoga dapat membantu dan menjadi solusi bagi teman-teman yang memiliki permasalahan otomotif khususnya sepeda motor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *