Simak Tips dan 10 Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Traveling

Traveler Pemula? Simak Tips dan 10 Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Traveling!

Menjadi seorang traveler memang terlihat menyenangkan. Alam Indonesia menyediakan sekian tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi dan dinikmati, bertemu dengan banyak orang dan mendapatkan berbagai macam pengalaman. Mendapatkan pengalaman serupa dengan menjadi traveler adalah salah satu cara yang tepat. Namun, mereka yang tampak sukses menjadi seorang ahli perjalanan atau traveler ternyata melakukan hal-hal ini sebelum menjalani solo traveler :

Read More

Riset Lokasi

Kegiatan traveling memang asik. Namun bagi kamu yang baru akan melakukan traveling perdana, riset lokasi adalah hal pentiing yang wajib dilakukan. Pasalnya saat berada di tempat nantinya kamu tidak boleh kebingungan. Karena hal itu tentu akan menyulitkan meskipun kamu bisa bertanya kepada banyak orang atau meminta bantuan mereka. Namun akan lebih bijak jika kamu melakukan persiapan yang matang termasuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang terkait dengan kota tujuan atau lokasi traveling.

Hal-hal yang perlu diketahui di antaranya mulai dari transportasi yang memungkinkan, tempat tinggal jika menginap, lokasi strategis yang mumpuni untuk didatangi, tindakan awal saat menghadapi kesulitan, mengetahui tempat-tempat tertentu saat harus melengkapi kebutuhan mendadak, hingga budaya setempat. Kamu bisa memperoleh informasi melalui berbagai macam platform terpercaya di internet atau jika memiliki teman di daerah tujuan kamu bisa mengulik informasi penting darinya.

Mempertimbangkan Destinasi

Ketika baru pertama kali akan pergi traveling, memilih destinasi tentu menjadi prioritasmu. Pilihlah lokasi yang aware terhadap para solo traveling. Kamu juga bisa mempertimbangkan keputusan berdasarkan review para solo traveler yang sudah pernah mengunjungi daerah-daerah tertentu yang kamu jadikan daftar pilihan.

Siaga

Bersiaga tak harus dalam ekspresi yang selalu tegang terhadap ancaman. Kesiagaan bisa dimulai dari persiapan barang-barang kecil yang berfungsi sebagai antisipasi ringkas jika suatu kebutuhan mendadak terjadi. Misalnya pakaian cadangan, obat-obatan, P3K, dan peralatan darurat lainnya untuk mencegah terjadinya kesulitan berlebih ketika masalah terjadi. Setidaknya kamu sudah menyiapkan solusi bagi dirimu sendiri. Karena tidak akan ada orang yang bisa benar-benar kamu andalkan ketika sedang menjalani solo traveling.

Dokumen penting perlu dibawa dalam bentuk salinan file agar jika suatu saat mendadak dibutuhkan kamu bisa menggunakannya. Identitas dan kontak rujukan bila terjadi sesuatu padamu pun perlu diperhatikan. Bawalah serta beberapa makanan ringan sebagai cemilan di perjalanan maupun pengganti apabila kamu tidak menemukan makanan di perjalanan.

Jalin Interaksi

Interaksi di sepanjangn perjalanan akan memberikan kisah tersendiri bagimu, tak hanya itu kamu juga harus tetap menjalin interaksi dengan keluarga dan teman-teman. Untuk apa? Agar mereka senantiasa tahu dimana keberadaanmu dan bagaimana kondisi terkinimu. Membagikan foto-foto selama perjalanan di media sosial juga dapat menjadi jejakmu agar dapat memberikan petunjuk tentang dirimu. Hal itu tidak hanya eksis semata, namun lebih kepada kepentingan untuk menginformasikan keberadaan dan kondisimu kepada orang-orang untuk menjadi antisipasi jika kamu mengalami hal yang tidak diinginkan.

PD

PD atau percaya diri sangat diperlukan saat kamu menjalani solo traveling. Percayakan dirimu pada kemampuan, dan percayalah pada orang-orang di sekitarmu. Jangan takut untuk mengutarakan jika kamu membutuhkan suatu bantuan kepada orang-orang. Karena kekhawatiran atau rasa malu dan sungkan yang berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri. Sopan jelas harus, namun tidak untuk membatasi interaksimu sebagai makhluk sosial. Nikmatilah perjalanan yang menyenangkan, bila terjadi masalah jangan panik dan percayalah bahwa kamu mampu menyelesaikan masalah-masalah itu baik secara mandiri.

Jika sudah menyerap semua penjelasan di atas, kini saatnya melangkah menuju persiapan barang-barang prioritas yang tak kalah pentingnya, seperti 10 daftar berikut ini:

1.Backpack dan Tas Kecil

Tas berukuran besar digunakan untuk menampung dan mengakomodir semua barang. Sedangkan tas kecil dapat digunakan untuk kegiatan eksplor ketika kamu singgah di hotel sehingga barang-barang lainnya bisa ditinggal. Menggunakan koper juga tidak masalah ketika harus bepergian ke daerah yang membutuhkan lebih banyak baju ganti, hal ini tergantung tempat dan lama waktu pergi.

Sebisa mungkin memanfaatkan backpack atau ransel yang tahan air sehingga mampu melindungi barang dari cairan. Tas kecil dapat berupa tas lipat yang praktis dan hemat tempat sehingga memberikan ruang lebih bagi barang lain di dalam tasmu.

Tas kecil bisa berupa tas jalan atau sekedar tas lipat untuk membawa oleh-oleh jika diperlukan. Setidaknya kamu perlu membawa lebih dari sekedar tas backpack. Dengan menyertakan tas lipat atau tas jalan akan lebih klop dengan paduan outfit yang santai dan praktis. Perjalanan juga dapat terasa lebih menyenangkan ketika kamu berkesempatan meninggalkan semua barang di hotel untuk sementara sembari mengeksplor destinasi wisatamu.

2.Jaket

Jaket menjadi salah satu barang prioritas. Karena kamu pasti akan membutuhkannya terutama di tempat dengan cuaca dingin. Fungsinya tidak hanya sekedar pakaian untuk menghangatkan. Jika kamu harus tidur tanpa bantal, jaket dapat difungsikan sebagai bantal. Pun jika keadaannya lebih darurat dimana tidak ada bantal dan selimut maka lebih efisien untuk digunakan sebagai pengganti selimut.

3.Alas Kaki

Barang ini tentu sangat penting. Kamu perlu memiliki alas kaki yang available untuk segala kondisi. Jika terbatas, maka bawalah sepasang sepatu yang kokoh dan sepasang sandal yang bisa digunakan di berbagai macam situasi. Sepatu dapat digunakan selama perjalanan menuju destinasi atau saat perjalanan pulang, sementara sendal multifungsi dapat dikenakan saat jalan-jalan menyusuri tempat wisata, mengikuti sebuah acara dan hal lainnya.

4.Stationery

Ketika traveling, mungkin sebagian besar orang tidak berkenan untuk membawa alat tulis. Namun stationery diperlukan untuk menyimpan tiket dan dokumen penting lain. Namun jika memang ingin lebih simple, saat ini zaman teknologi sudah mendukung pengurangan penggunaan kertas untuk tiket, sedangkan dokumen penting bisa dikonverter ke dalam file yang bisa disimpan dalam ponsel.

Namun, tidak ada salahnya membawa benda seperti amplop, note kecil dan alat tulis pokok. Barang-barang ini mungkin akan berguna selama perjalanan. Amplop dapat digunakan untuk menyimpan uang tunai selain di dalam dompet atau bagian tas lainnya.

5.Perlengkapan Obat

Obat-obat penting seperti obat maag, obat merah, plester, perban kecil, dan berbagai jenis obat-obatan yang kamu butuhkan harus senantiasa tersedia dalam tasmu. Beberapa jenis minyak juga diperlukan untuk mengatasi rasa pusing atau lelah akibat perjalanan. Begitu pula dengan antiseptik dan tisu baik kering maupun basah.

6.Benda-benda Darurat

Bepergian sendiri sebagai seorang solo traveler tentunya memerlukan sikap mandiri yang tinggi. Di antaranya berupa persiapan. Kamu memerlukan benda-benda darurat yang memungkinkan untuk digunakan seperti selimut, payung, handuk kecil, daftar nomor telepon orang-orang penting dan terdekat, stopkontak, kartu atm, hardcopy identitas seperti KTP, kartu pelajar, dan lain sebagainya. Pakaian cadangan juga diperlukan apabila ternyata dibutuhkan pakaian lebih saat sedang traveling.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *