Beberapa Ulasan Software Akuntansi Gratis Terbaik Untukmu

Bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) maupun mahasiswa bidang akuntansi, serta perusahaan yang melakukan pembukuan tentu membutuhkan program yang mendukungnya.

Kebanyakan mereka mengandalkan program Microsoft Excel. Padahal ini membutuhkan software yang lebih mendukung. Bila Kamu tidak ingin membeli, bisa langsung mendownload software akuntansi gratis di beberapa platform tertentu.

Read More

Pentingnya Penggunaan Software Akuntansi Gratis

Software akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang sengaja dibuat atau disediakan bagi para profesional akuntan guna mengelola keuangan suatu bisnis, perusahaan ataupun organisasi.

Sebelum zaman canggih seperti sekarang yang sudah menyediakan software keuangan, segala tugas akuntansi dalam pengelolaannya dilakukan secara manual menggunakan jurnal besar. Kemudian hadirnya membuat penyelesaian tugas-tugas keuangan berjalan otomatis.

Bagi kepentingan bisnis, penggunaan software akuntansi ini dapat menghemat biaya pengeluaran yang berhubungan dengan percetakan dan pelaporan dokumen. Karena semua jenis file disimpan secara digital. Kesalahan dalam perhitungan data juga terminimalisir karena dilakukan otomatis.

Ulasan Terkait Software Akuntansi Gratis

Saat ini tersedia banyak software yang sengaja dirancang untuk keperluan akuntansi. Dari yang berbayar hingga gratis. Software gratis ini bisa Kamu peroleh dan langsung digunakan dengan mudah. Seperti:

  1. Wave – Pertama datang dari Wave Accounting. Bagi Kamu yang akan menginstall software ini, nantinya akan bisa difungsikan untuk pengirima invoice, mencatat segala laporan akunting, serta kemudahan membuat kuitansi secara online. Dan kelebihan lainnya, bisa melakukan scanning kwitansi hanya dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di smartphone. Dengan begitu, tidak perlu memindah data saat menggunakan ke dua perangkat berbeda jenis ini. Software ini juga sudah terpercaya dan digunakan lebih dari ratusan ribu orang. Kamu bisa memanfaatkannya dengan gratis, hanya saja ada fitur-fitur tertentu baru bisa digunakan bila sudah membayar tarif dengan nominal tertentu.
  2. GnuCash – Salah satu software akuntansi gratis berikutnya ini bergaya oldschool pada tampilan layar. Fitur-fitur gratis yang disediakan cukup lengkap, mulai dengan arus kas, laporan keuangan serta masih banyak lagi. Software ini bisa Kamu unduh secara gratis bagi pengguna windows maupun Apple. Software ini lebih berfokus pada pengembangan bisnis di bidang UMKM atau bisnis kecil menengah. Cocok untuk digunakan bila sedang mengawali usaha. Informasi lebih mendetail bisa dikunjungi di website GnuCash.
  3. ZipBooks – Software yang lebih banyak digunakan oleh para pekerja freelance ini juga menyediakan layanan cukup lengkap walaupun didapatkan secara gratis. Namun, untuk fitur tertentu hanya bisa digunakan setelah Kamu melakukan pembayaran online. Keunggulan lain dari software ini adalah kebebasan bertanya langsung melalui fitur live chat aktif ketika jam kerja. Sayangnya software ini belum tersedia di Indonesia.
  4. SlickPie – Untuk Kamu yang sedang merintis usaha dan belum berbekal cukup pengalaman, software ini adalah pilihan terbaik karena tampilan mudah dimengerti serta penggunaan yang simpel. Selain itu, tidak dikenakan biaya sedikitpun.
  5. Paper.id – Software yang berfokus pada pengiriman invoice, namun juga memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan, mengelola stok hingga kwitansi. Sekitar 25 ribu pengusaha UMKM telah bergabung di sini. Semua fitur-fiturnya gratis karena merupakan software berbasis Indonesia. Kini Kamu tidak perlu lagi mengerjakan tugas-tugas akuntansi bagi kepentingan sekolah, organisasi, ataupun bisnis secara manual.

Semuanya dapat diatasi dengan cepat melalui software akuntansi gratis yang sangat mudah untuk diperoleh. Sehingga, penghitungan laba rugi saat melakukan bisnis bisa diketahui secara detail dan tepat. Apakah Kamu tertarik?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *