Software Desain Grafis Vektor Ringan untuk PC dengan Spesifikasi pas-pasan

Keterbatasan sebuah perangkat komputer dalam hal spesifikasi, terkadang membuat orang pesimis untuk memasang beberapa program tertentu. Teruntuk sebagian orang yang gemar melakukan editing foto. Namun, tahukan Kamu bahwa saat ini banyak software desain grafis vektor ringan yang bisa menjadi pilihan. Bahkan, untuk pemula sekalipun.

Apa itu Software Desain Grafis?

Dua kata ini muncul dengan gabungan antara “desain” dan “grafis”. Desain berarti pengaturan, perancangan terhadap sesuatu. Sedangkan grafis adalah istilah yang digunakan untuk cetak mencetak semua hal berhubungan dengan gambar, grafik, foto hingga ilustrasi.

Read More

Desain grafis sendiri merupakan salah satu cabang ilmu seni desain yang menggunakan bantuan komputer. Sehingga, para pelaku yang melakukan kegiatan ini disebut seorang desainer.

Saat ini, telah muncul berbagai jenis software yang berkembang untuk menunjang kemudahan para desainer. Berupa berbagai macam program dan bisa diunduh dengan fitur pelengkap. Ini pastinya bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Jenis Software Desain Grafis yang patut dicoba

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para ahli merancang berbagai program untuk melakukan editing terbaik, terutama untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Seperti halnya kemunculan software desain grafis vektor ringan dan mudah digunakan berikut ini.

  1. Adobe Photoshop – Merupakan salah satu software desain grafis yang sangat populer saat ini. Pada awalnya digunakan untuk mengedit atau memanipulasi gambar biasa para fotografer untuk dipercantik hasil jepretanya. Baik memutihkan, menghaluskan atau meratakan beberapa warna pudar. Adobe photoshop juga bisa digunakan untuk keperluan desain grafis seperti membuat desain logo institusi, desain banner, brand makanan dan masih banyak lagi. Bagi pemula yang belum begitu mahir dalam mendesain sesuatu, software ini mudah dipelajari dan tutorial penggunaannya telah tersebar di berbagai laman blog desain, buku-buku tentang Adobe Photoshop hingga konten Youtube.
  2. Adope Illustrator – Kegunaan software ini untuk memenuhi kebutuhan seseorang saat ingin membuat sebuah desain vektor seperti sketsa, tipografi hingga kebutuhan untuk video. Penggunaan Adope Illustrator akan mempermudah dan lebih cepat terselesaikannya pekerjaan dalam desain grafis. Bahkan, software desain ini bisa digunakan untuk membuat pengguna web atau landing page menjadi lebih keren. Pada versi terbaru juga ada tambahan fitur seperti creative cloud yang bisa dimanfaatkan pada PC dan laptop. Keuntungan lainnya adalah tersedianya tool seperti touch-type and the free transform, membuat desain semakin baik dan sempurna. Walaupun harga pada software ini terbilang cukup mahal.
  3. Adope InDesign – Fitur unggulan pada software ini adalah pembuatan layout dekstop dan mobile. Misalnya untuk desain layout pada majalah online hingga majalah digital. Flesibilatas yang ditawarkan pada software ini juga sangat baik. Sehingga, memungkinkan penggunanya untuk drag and drop pada layer maupun mengubah ukuran gambar sesuai yang diinginkan. Software ini telah didukung dengan Behance dan Typekit guna mempublikasikan hasil desain berupa seperti fotografi, hingga pengembangan web.
  4. Inkscape – Inkscape merupakan sofware alternatif lainnya untuk membuat desain grafis dengan format file SVG. Pengguna bisa membuat gambar vektor, sketsa maupun berbagai desain grafis dengan mudah dan cepat. Salah satu kelebihannya adalah tampilan yang sederhana dan mudah digunakan semua kalangan baik profesional maupun pemula. Walaupun begitu, kecepatan proses editingnya terbilang lebih lambat daripada software Adope.
  5. CorelDraw – Bagi seorang desainer grafis software CorelDraw sudah tidak asing lagi, karena saat ini paling banyak diminati. Penggunaannya sangat cepat dan dinamis dalam membuat hasil desain.  CorelDraw versi X5 ke atas juga telah didukung fitur inbuilt organizer. Selain itu, beberapa tools yang ada di dalamnya seperti Twirl, Smear, Repel dan Attct dengan masing-masing fungsinya untuk mempermudah proses editing.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 software desain grafis vektor ringan yang direkomendasikan untukmu. Ini karena kemudahaan penggunaan dan berbagai kelebihan yang ditawarkan.