Software RAB rumah Tinggal sederhana dengan hanya 100 ribu saja

  • Whatsapp

Di jaman sekarang ini istilah kata manual sudah jarang di gunakan semua menggunakan kata otomatis begitu pun dengan perhitungan perhitungan yang dulunya menggunakan otak kita atau cukup hanya dengan jari jari tangan untuk menghitung kalau di jaman sekarang ini tentunya akan susah menemukan orang yang masih menghitung dengan jari tangan atau dengan otaknya sendiri.

“Munculah pertanyaan kenapa saya bilang seperti itu?.

Read More

Jawabannya mungkin adalah dari pengalaman saya sendiri”

Dalam membuat sebuah Rencana Anggaran Biaya untuk Proyek sebuah rumah tinggal sederahan di daerah saya,saya tidak mau pusing harus menghitung dana dan bahan yang diperlukan untuk proyek rumah tinggal itu.

Kalau saya sih,,berprinsip kalau ada yang lebih cepat kenapa tidak digunakan atau dimanfaatkan toh keluar biaya sedikit tetapi kita menghemat waktu untuk pekerjaan yang lainnya.

Contohnya saya pada tahun 2014 saya ada proyek rumah tinggal dan saya baru pertama kali ditugasi untuk membuat RABnya,saya langsung berpikir dong sayakan belum pernah membuatnya dan pada akhirnya saya dapat informasi dari internet ada cara mudah membuat RAB rumah tinggal yaitu dengan Sofware dan sofwarenya ini menggunakan MS Excel dan cara kerjanya di jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Kerja dan Output Software RAB

Software RAB bekerja otomatis memproses data yang diinput pengguna, yaitu data: volume pekerjaan, harga satuan bahan material dan upah kerja . Output yang dihasilkan Software RAB adalah dua dokumen penting berbentuk tabel yang mudah dilihat dan dicetak, yaitu : RAB Rumah dan Rincian Kebutuhan Bahan Material yang diperlukan.

Dasar Perhitungan

Setiap harga satuan pekerjaan yang muncul dalam RAB, merupakan hasil proses menggunakan dasar perhitungan baku, yaitu Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi atau AHS-SNI yang ditanam dalam Software RAB. Pada dasarnya Software RAB bekerja meng-otomatiskan penggunaan AHS-SNI, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan AHS- SNI secara manual yang tidak semua orang dapat menggunakannya, sebab menggunakan AHS-SNI secara manual harus orang yang sedikitnya memiliki dasar pengetahuan teknik bagunan/arsitektur/sipil.

Validitas Nilai RAB yang Dihasilkan

Setiap volume pekerjaan harus dihitung dengan cermat dan benar berdasarkan gambar dan detail perencanaan. Kemudian harga satuan bahan/upah harus sesuai dengan harga setempat, sebab harga material bangunan di setiap daerah/wilayah di Indonesia berbeda. Data Volume pekerjaan dan data harga satuan material yang sudah disiapkan selanjutya diinput ke Software RAB oleh pengguna.

Semua data yang sudah diinput ke Software RAB akan diproses dan diolah secara otomatis, dan outputnya seperti yang telah saya sampaikan di atas adalah: RAB dan Rincian Kebutuhan Bahan Material Bangunan. Validitas nilai RAB yang dihasilkan sangat tergantung pada akurasi data yang diinput.

Kesalahan pengguna Software RAB dalam input data (volume pekerjaan, harga satuan bahan dan upah kerja) akan mengakibatkan nilai RAB menjadi tidak valid.

Manfaat, Kegunaan, dan Tujuan Peruntukan

Manfaat dan kegunaan Software RAB adalah untuk mengetahui jumlah rupiah yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah, dan untuk mengetahui rincian bahan bangunan yang diperlukan.

Dengan mengetahui jumlah biaya dan rincian bahan bangunan yang diperlukan, maka Anda akan dapat melakukan persiapan dengan matang ketika merencanakan akan membangun atau merenovasi sebuah rumah.

Bukan hanya itu, Anda juga akan dapat melakukan evaluasi dan negosiasi dengan pemborong yang akan mengerjakan bangunan, seandainya akan dikerjakan dengan sistem borongan. Dan apabila akan dikerjakan dengan sistem kerja harian, Anda juga akan dapat mengevaluasi dan memantau penggunaan bahan dan kinerja para pekerja bangunan.

Kegunaan lain, kalau kita mengajukan kredit renovasi rumah ke Bank, biasanya diminta untuk melampirkan RAB Rumah, maka dengan menggunakan Software RAB, kita dapat membuat RAB rumah dengan mudah dan cepat.

Tujuan utama pembuatan Software RAB adalah untuk Anda yang ingin menghitung baya membangun rumah sendiri, atau bagi Anda yang ingin belajar menghitung RAB rumah. Perlu diketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita ketika membangun rumah pada umumnya melakukan sendiri yang pelaksanaannya dengan sistem kerja harian. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui kebutuhan bahan material dan upah kerja, maka untuk itu Software RAB sangat bermanfaat.

Selain itu, juga bermanfaat bagi Anda yang sedang atau ingin menekuni pekerjaan sebagai tukang/mandor borong rumah yang selama ini menghitung RAB rumah dengan menggunakan AHS-SNI cara manual, maka Anda dalam mengerjakan pembuatan RAB akan lebih cepat.. walaupun harus menambah atau merubah item-item pekerjaan sesuai dengan keinginan Owner.

Tidak banyak basa basi saya langsung menghubungi pemilik atau pembuat Sofware itu di  softwarerab.com dan bisa melihat sofwarenya seperti apa bisa disimak dalam  vidionya.

Setelah uji coba ternyata cocok dengan proyek saya langsung saja di order.

Cara ordernya mudah setelah mengklik order disitu ada tata caranya,dulu saya order via sms seperti di tata cara order dan akan mendapatkan balasan harga dari Sofware itu sendiri saya pada tahun 2014 harganya Rp.180,000 kalau sekarang sih saya lihat cukup dengan hanya 100 ribu .Untuk tampilannya bisa di lihat gambar gambar di bawah ini

Semoga postingan saya ini bisa menjadi reperensi anda dalam mencari Sofware RAB gratis pada uji coba, sekian dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *