Software Yang Wajib Dipasang Setelah Install Ulang

Ada banyak alasan yang menjadi faktor dari seseorang melakukan install ulang pada perangkat komputer. Misalnya saja ingin mendapatkan kinerja komputer lebih maksimal, menghilangkan virus, bahkan bisa juga disebabkan baru upgrade pada beberapa perangkat.

Namun sekalipun faktor yang membuat beberapa kalangan melakukan install ulang pada perangkat komputer, tetap saja dengan satu tujuan yakni mendapatkan kinerja komputer lebih baik lagi. Bahkan hampir semua kalangan suka menggunakan perangkat komputer dengan kinerja cepat bila dibandingkan terlalu banyak loading ketika menggunakannya.

Read More

Terlepas dari beberapa alasan yang menjadi faktor dari beberapa kalangan melakukan install ulang, ada hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya memasang beberapa software penting pada perangkat komputer tersebut.

Software Yang Wajib Dipasang Setelah Install Ulang

Beberapa software penting yang wajib diinstall pada komputer. Baik tidak melakukan install ulang sampai selesai install ulang. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Software Microsoft Office

Salah satu software yang memang perlu diinstall pada perangkat komputer yakni Microsoft Office. Aplikasi ini memiliki manfaat yang begitu besar, bahkan bisa dikatakan tanpa software ini bisa kesulitan untuk melakukan beberapa aktivitas. Misalnya saja yang berkaitan dengan pengetikan data, pengolahan data dan lain sebagainya.

Memang ada saat ini beberapa software yang bisa digunakan untuk memproses sebuah data. Baik itu dalam bentuk word sampai dengan data excel, hanya saja tidak bisa maksimal seperti menggunakan Microsoft Office. Jadi pastikan software ini ada pada perangkat komputer anda bila memang ingin mempermudah menjalankan aktivitas pengolahan data.

Microsoft Office merupakan salah satu software all in one. Hal tersebut disebabkan karena sudah menyediakan office berbeda-beda. Diantaranya office word, excel, OneNote, Outlook, dan jenis lainnya. Namun dalam instalasi software tersebut bisa memilih jenis file yang diinginkan, yakni disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Software RAR atau ZIP

Software lainnya yang harus diinstall pada perangkat komputer yakni RAR atau ZIP. Alasannya karena banyak saat ini file yang di ekstensi menggunakan perangkat ini. Maka untuk membukanya jelas harus menggunakan software yang sama juga. Akan sedikit lebih sulit membuka file yang sudah di buat ekstensi seperti RAR maupun ZIP menggunakan jenis software lainnya. Bahkan software ini bisa dibilang tidak bisa lepas dari software Microsoft Office.

3. Software Adobe Reader atau Foxit Reader

Software penting lainnya yang harus di install pada perangkat komputer yakni adobe reader atau Foxit reader. Kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk membuka file jenis Pdf. Tanpa menggunakan hal tersebut sedikit maka harus menggunakan teknik online bila ingin membuka file Pdf.

4. Software Browser

Ketika melakukan instalasi windows, biasanya sudah disediakan default browser seperti internet explorer. Hanya saja keberadaan aplikasi tersebut dirasa kurang cukup. Maka tidak heran banyak kalangan yang menambahkan aplikasi browser lainnya. Misalnya saja memasang Google Chrome maupun Mozilla Firefox dan jenis browser lainnya, yakni sesuai dengan selera masing-masing.

Selain yang disebutkan diatas masih banyak sekali software yang dibutuhkan yang bisa diinstal di komputer sesuai jenis kebutuhan Sipenggunanya itu sendiri. Bila hanya untuk membuat surat menyurat software diatas saya rasa sudah cukup, tidak perlu menginstal software yang tidak digunakan karena akan memberatkan komputer dan memenuhi ruang hardisk.

Semakin banyak software yang diistal pada satu komputer maka makin besar pula ruang hardisk yang dibutuhkan, spek komputer pun mungkin mengharuskan upgrade ke yang lebih tinggi.

Haruskah satu software diinstal? Sebetulnya tergantung dari ektensi file yang akan dibuka dikomputer tersebut, misalkan ektensi file yang akan dibuka adalah file .DOC, .XLS, .ZIP/.RAR, ataupun .PDF maka software-software yang saya sebutkan diatas itu sudah cukup. Tetapi bila ektensi filenya adalah file .PSD ataupun .CDR maka tentunya software diatas tidak bisa membukanya, komputer diharuskan diinstal software Photoshop dan CorelDraw.

Itulah beberapa software yang sering diperlukan ketika selesai melakukan install ulang komputer. Bisa dikatakan tanpa beberapa aplikasi yang disampaikan seperti di atas maka akan kesulitan untuk melakukan beberapa hal tertentu.

Bukan hanya kesulitan biasa saja, namun tidak menutup kemungkinan memang tidak bisa bekerja sama sekali karena aplikasi yang dibutuhkan tidak disediakan dengan benar. Maka dari itu pastikan aplikasi penting sudah ada pada perangkat komputer anda guna bisa melakukan aktivitas dengan lancar.