Sudah Menggunakan Ponsel AI? Simak 5 Keunggulannya!

  • Whatsapp

Sudah Menggunakan Ponsel AI? Simak 5 Keunggulannya!

Kebutuhan manusia akan alat komunikasi semakin meningkat. Tak hanya sekedar dapat digunakan untuk SMS dan Telepon, kini ponsel memiliki banyak fungsi yang bahkan mampu menunjang berbagai macam kebutuhan. Dengan sistem online, kebutuhan di dunia nyata bisa dipenuhi. Begitupun dengan adanya berbagai macam fasilitas bawaan ponsel masa kini yang membuat ponsel semakin menarik untuk dimiliki.

Read More

Salah satu fitur yang sering dibidik oleh para konsumen adalah fitur kamera. Dengan kualitas kamera yang baik, kebutuhan mengabadikan gambar menjadi sangat mudah. Fungsi kamera pun semakin menjadi ketika sudah mulai menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Maksud dari Artificial Intelligence itu sendiri adalah sebuah teknologi yang memuat kecerdasan buatan oleh manusia dan untuk manusia. Hal ini tentunya dilakukan untuk memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan kecerdasan tiruan yang disematkan dalam sebuah teknologi.

Teknologi tersebut menarik perhatian para konsumen hingga saat ini banyak bertebaran ponsel berteknologi AI yang terus dipromosikan oleh para produsen smartphone. Untuk menghasilkan ponsel berfitur mumpuni, para produsen tersebut memanfaatkan  teknologi AI dan menyematkan teknologi tersebut dalam ponsel mereka dengan berbagai macam pengembangan hingga dapat diklaim sebagai keunggulan ponsel.

Untuk mendapatkan ponsel berteknologi AI ini memang perlu merogoh kocek yang sedikit lebih karena penerapan teknologi tersebut biasanya ada pada ponsel kelas menengah keatas. Namun, akibat maraknya persaingan, banyak pula vendor ponsel yang mulai menukik tajam memproduksi ponsel terjangkau dengan menyertakan teknologi AI seperti fingerprint dan dual kamera.

Jika Anda cukup update dengan perkembangan ponsel yang banyak diproduksi akhir-akhir ini, beberapa vendor seperti Xiaomi dan Realme cukup eksis bersaing di pasar ponsel Internasional termasuk di pasar ponsel Indonesia. Maka tidak heran lagi jika kini bertebaran ponsel dengan harga murah namun memiliki kualitas yang memenuhi standar minat konsumen masa kini. Tak mau kalah dengan Xiaomi maupun Redmi, brand ponsel seperti Vivo dan Oppo pun terbilang cukup ketat mengupdate ponselnya dengan teknologi tersebut. Samsung tentunya tak mau ketinggalan meskipun rata-rata harga ponsel mereka terbilang cukup mahal.

Apakah Anda adalah salah satu pengguna ponsel dengan teknologi AI? Jika iya, simak lima keunggulan memiliki ponsel dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence berikut!

  1. Meningkatkan Kualitas Kamera

Pernahkah Anda coba membandingkan hasil bidikan kamera ponsel AI dan ponsel biasa? Untuk menjalankan fitur yang banyak diminati pengguna ini, dengan teknologi AI sebuah ponsel dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik ketimbang ponsel lain tanpa teknologi AI. Hasilnya akan menampilkan detail gambar yang tajam. Teknologi ini juga dapat mendeteksi objek yang terdapat dalam frame foto seperti deteksi wajah.

Fitur kamera yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence sangat cocok bagi Anda yang hobi membidik gambar. Apalagi bagi Anda yang senang berselfie. Tentunya dengan memiliki ponsel berkamera canggih dan mampu menghasilkan gambar yang apik akan membuat Anda merasa lebih puas setiap kali mengabadikan berbagai momen.

  1. Mampu Menerjemahkan

Kemampuan ini merupakan salah satu hasil dari penyematan teknologi kecerdasan buatan. Sebagaimana yang kita ketahui, perkembangan masa ini sangat mengandalkan internet untuk dapat memeroleh berbagai macam informasi, di antaranya kebutuhan untuk menerjemahkan suatu teks, suara, gambar maupun video. Dengan adanya teknologi AI, kebutuhan tersebut dapat dipenuhi meskipun sedang berada dalam mode offline atau tidak terkoneksi dengan internet. Sehingga pengalaman menggunakan ponsel akan semakin mudah dan menyenangkan. Anda bisa berselancar mencari berbagai informasi penting yang dibutuhkan secara lebih cepat karena sudah terfasilitasi dengan baik.

  1. Memudahkan Aktivitas

Aktivitas penggunaan ponsel akan terasa lebih mudah karena teknologi AI mampu membaca pola pemakaian ponsel Anda dan menerapkannya di keseharian. Sehingga Anda tak perlu repot mengatur ponsel karena sudah diatur secara otomatis oleh keberadaan teknologi kecerdasan buatan.

  1. Mampu Memindai Wajah

Tak hanya mampu memindai berbagai objek saat menggunakan fitur kamera. Kemampuan memindai wajah juga digunakan sebagai salah satu langkah keamanan dengan menggunakan infra merah teknologi ini akan memindah bentuk wajah, jenis kuli dan warna kulit bahkan gender pemilik ponsel dengan detail. Kemampuan ini biasanya dinamai dengan nama yang berbeda-beda oleh vendor produsen ponsel. Namun, kegunaannya adalah sama.

  1. Sebagai Asisten Suara

Mungkin hal ini sudah biasa Anda gunakan. Namun, tahukah Anda jika kemampuan tersebut adalah bagian dari fungsi teknologi AI? Menjalankan beberapa fitur ponsel cukup dengan menginput suara Anda dan dengan mudahnya ponsel akan mengikuti apa yang Anda perintahkan. Ini tentu sangat membantu aktivitas penggunaan ponsel Anda, dan dilakukan dengan cukup cepat. Saat ini sudah banyak ponsel yang menerapkan teknologi AI hingga terdapat asisten di dalam ponsel. Beberapa aplikasi seperti Google Assistant, Siri, Alexa dan Cortana menggunakan teknologi AI untuk menunjang kemampuan yang dibutuhkan.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa daftar ponsel yang sudah menggunakan teknologi AI, akan dijelaskan pula fungsi apa saja yang mampu dijalankan oleh ponsel-ponsel tersebut.

  1. Vivo Y71

Ponsel berukuran 6 inci ini memiliki resolusi HD+ dengan aspek rasio 18:9. Vivo Y71 diluncurkan pada 2018 lalu dengan harga berkisar pada angka dua jutaan. Ponsel ini menggunakan rasio layar sebesar 84,4% dan memiliki fitur eye protection untuk melindungi mata pengguna sehingga memberikan kenyamanan saat menonton video atau bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Sementara resolusi kamera depannya adalah 5 MP disertai dengan fitur AI Face Beauty dengan kelengkapan identifikasi wajah, usia, jenis kulit dan gender. Sedangkan kamera belakangnya dilengkapi dengan resolusi sebesar 13 MP. Sedangkan prosesornya memanfaaatkan chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 425 yang cukup cepat dan memiliki penyumapan internal sebesar 32 GB serta memiliki kapasitas RAM 3 GB.

  1. Oppo A71

Ponsel ini hadir dengan dua varian yakni dengan RAM 2 GB dan RAM 3 GB. Harganya sendiri tidak terlalu jauh hanya memiliki selisih sekitar 300 rb dengan harga mulai dari 2 jutaan. Bentang layarnya mencapai 5,2 inci dengan resolusi HD+. Namun ponsel ini tidak menggunakan fitur fingerprint dan menggunakan sistem pola dan sandi sebagai fitur keamanan.

Sedangkan di fitur kamera ponsel ini memanfaatkan fitur AI Beauty yang mampu memindai 200 titik wajah dengan hasil natural. Sedangkan resolusinya sendiri untuk kamera depan yakni sebesar 5MP dan 13 MP bagi kamera belakangnya. Sementara itu, chipsetnya menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Beberapa fitur keamanan lain seperti App Lock, Smart Lock dan Kid Space juga menyertai ponsel ini.

  1. Xiaomi Redmi Note 5

Ponsel yang satu ini sempat menggemparkan jagad smartphone di pasaran. Hadir dengan varian RAM 4 GB yang dibanderol pada angka 3 juta serta RAM 3 GB hanya dua jutaan tentunya ponsel ini terbilang cukup berani. Bagaimana tidak, ponsel ini terbilang cukup matang dengan layar 5,99 incinya. Belum lagi dengan resolusi FHD+. Dan yang paling menyenangkan lagi adalah chipset yang disematkan sudah Qualcomm Snapdragon 636. Terlebih di awal ada flash sale dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Sesungguhnya, hal yang paling menarik dari ponsel ini adalah fitur kameranya yang ternyata mampu menghasilkan gambar berkualitas. Tidak seperti seri note sebelumnya. Belum lagi dengan fitur AI Beauty 4.0 yang disematkan pada fitur kameranya. Sudah menggunakan teknologi fingerprint pula. Jika biasanya teknologi AI disematkan dalam software ponsel, Xiaomi rupanya memanfaatkan hardware untuk membantu kinerja AI dalam ponselnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *