Tanda-Tanda Kerusakan Pada Komponen Kopling

  • Whatsapp

Pernahkah teman-teman mendengar bunyi kasar keluar dari sepeda motor koplingan? Kalau sudah pernah, pasti tahu bahwa kebanyakan orang mengira bunyi ini berasal dari mesin dan setang sehernya. Nyatanya, bunyi sejenis dapat terjadi karena kerusakan pada komponen kopling kaki sepeda motor. Kali ini, tim kami akan membahas lebih detil tanda-tanda kerusakan yang menyebabkan bunyi berisik pada komponen kopling sepeda motor.

1. Kampas Ganda

Kampas Ganda yang baik tentunya yang masih penuh daging. Kampas ganda yang aus harus segera diganti.

Read More

2. Rumah Kopling

Rumah kopling yang penuh derat adalah tanda adanya kerusakan. Kerusakan ini dapat diatasi dengan gerinda. Setelah diperbaiki, naik turunnya kopling akan menjadi lebih lancar.

3. Kampas Kopling

Tanda kerusakan pada kampas kopling dapat dilihat dari habis atau tidak dagingnya. Jika habis, maka kampas kopling harus segera diganti.

4. Plat Gesek

Kerusakan pada plat gesek dapat berakibat pada kurangnya tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor. Plat gesek yang rusak memiliki bekas goretan. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan amplas.

5. Mangkok ganda

Ketika teman-teman melihat adanya derat pada mangkok ganda, maka mangkok ganda dapat dibilang rusak. Hal ini mengakibatkan gigitan mangkok ganda ini menjadi kurang sehingga motor akan terasa berat di tanjakan.

6. Karet Ganda

Karet ganda bisa rusak karena putus, melar, ataupun robek. Jika tidak segera diganti, karet ganda yang rusak akan menyebabkan rumah kopling menjadi oblak. Inilah yang akhirnya membuat bunyi kasar pada sepeda motor anda.

Baca juga: Tips Hemat Ganti Kampas Ganda N-Max

Pengguna sepeda motor sering kali khawatir bahwa bunyi klatak klotok berasal dari mesin atau setang seher. Perlu diingat, yang pertama kali harus di cek ketika bunyi ini terjadi justru komponen koplingnya. Hal sepele seperti rusaknya karet ganda juga dapat memproduksi bunyi yang mengkhawatirkan. Tentu saja jika bagian-bagian yang dicek sudah benar-benar rusak maka pergantian komponen harus segera dilakukan. Sayangilah sepeda motor anda dengan rutin mengecek semua komponennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *