20 Tempat-Tempat Wisata Favorit Di Yogyakarta

Yogyakarta, sebuah kota yang tidak hanya terkenal dengan pendidikannya, tetapi juga budaya, kuliner, kesenian, tempat wisata, dan lain-lain. Jika Anda pernah mengenyam pendidikan di Yogyakarta, Anda pasti akan terpukau dengan semua yang ada di Yogyakarta dan terasa berat jika akhirnya Anda harus meninggalkan Yogyakarta.

Begitupun jika Anda yang tidak pernah mengenyam pendidikan di sana namun hanya sekadar berlibur, Anda pun juga merasakan hal yang sama dengan para pencari ilmu di Yogyakarta. Berikut beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang membuat Anda terus berdecak kagum bisa dilihat di bawah ini.

Read More

1.Malioboro

Malioboro merupakan sebuah jalan yang paling dikenal oleh wisatawan, mulai dari mencari kuliner, oleh-oleh, hiburan atau atraksi, dan lain-lain. Akses ke tempat ini tidaklah susah, karena lokasinya yang berada di pusat kota.

2.Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan tempat yang sederhana, sebuah tanah yang lapang dengan dua pohon beringin yang tumbuh ditengahnya. Tempat ini lebih cocok dikunjungi saat malam hari karena lebih ramai dan banyak sekali sepeda tandem dan becak yang akan menerangi sekeliling Alun-Alun Kidul. Ada sebuah tradisi bernama ‘masangin’ dimana siapa yang berhasil melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup maka permohonannya akan dikabulkan.

3.Taman Sari

Taman Sari dulunya merupakan sebuah kebun kerajaan yang dibangun dan digunakan oleh Sultan mulai dari bermeditasi, bersampan di danau buatan, hingga sebagai tempat pemandian oleh para istri dan putri-putri raja. Tempat bersejarah yang sudah melewati beberapa waktu mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

4.Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi kerajaan Hindu yang digunakan untuk persembahan bagi tiga dewa Trimuri. Candi dengan luas yang begitu besar ini sarat dengan nilai budaya dan sejarah. Karena itulah candi ini menjadi sarana edukasi sekaligus digunakan mempertunjukkan pentas budaya dan kesenian tradisional.

5.Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko merupakan peninggalan pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang digunakan untuk menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.  Letak geografis yang cukup tinggi membuat tempat ini bisa digunakan untuk melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Gunung Merapi.

6.Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan Istana Kesultanan Yogyakarta masih dipakai hingga sekarang. Desain Gedung-gedung Keraton yang sarat dengan seni bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto. Selain itu Keraton Yogyakarta juga menyimpan benda-benda bersejarah pada jaman dahulu yang bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

7.Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis menawarkan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah, meskipun pantai ini lokasinya agak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Meskipun pantai ini tidak memperbolehkan pengunjung untuk berenang, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di pantai ini, mulai dari bermain ATV hingga menaiki bendi.

8.Candi Ijo

Candi Ijo berdiri di atas Bukit Hijau yang terletak sekitar 410 meter di atas permukaan laut. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini memiliki 17 struktur yang terbagi menjadi 11 teras berbentuk undakan. Karena letak geografis yang tinggi ini membuat Anda mampu melihat kota Yogyakarta sekaligus melihat pemandangan matahari terbit maupun terbenam.

9.Jogja Bay Adventure Water Park

Jika ingin berenang sambil menikmati wahana permainan air yang memicu adrenalin, tempat ini bisa menjadi pilihan bersantai bersama keluarga ataupun bersama kerabat. Harganya pun juga cukup terjangkau untuk sebuah water park dengan wahana-wahana yang cukup banyak.

10.Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk menawarkan pemandangan pepohonan dan air terjun yang jernih mengalir diantara bebatuan yang tersusun dengan cantik. Ada dua pilihan untuk mencapai tempat ini, pertama trekking di jalan yang diapit oleh hamparan sawah, kedua menyusuri Sungai Oyo menggunakan rakit yang sederhana.

11.Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang ini berisi hewan-hewan dari berbagai macam spesies yang tersebar di seluruh dunia dan bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Selain itu kebun binatang ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang menarik, mulai dari sepeda air, ATV, kolam tangkap ikan, menunggang unta, dan lain-lain.

12.Tebing Breksi

Tebing yang dulunya digunakan untuk menambang batu breksi kini menjadi tempat wisata yang tidak kalah menarik. Tebing Breksi terlihat menarik berkat karya pahatan seniman lokal yang bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto. Tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandangan Candi Ijo dan Istana Ratu Boko dari puncak tebing.

13.Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat ini tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis. Tumpukan pasir hasil dari letusan Gunung Merapi ini bisa digunakan untuk kegiatan yang menarik, mulai dari foto prewedding dengan latar ala-ala gurun, hingga bermain sand boarding dengan menggunakan alat khusus. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat sore hari karena tempat ini begitu panas jika dikunjungi saat siang hari.

14.Kalibiru Jogja

Tempat ini menawarkan sensasi berfoto di atas ketinggian baik melalui bibir jurang maupun melalui pohon pinus yang tinggi. Sambil berfoto, Anda bisa melihat pemandangan pepohonan hijau di lereng bukit dan nantinya bisa digunakan untuk latar foto yang begitu indah dan unik.

15.Waduk Sermo

Waduk Sermo yang berfungsi sebagai bendungan air digunakan untuk keperluan irigasi persawahan di sekitarnya. Namun Anda bisa melakukan aktivitas di tepi bendungan mulai dari berlari, berfoto, hingga bersepeda. Anda juga bisa sekedar bersantai di bawah pepohonan rindang yang tumbuh di pesisir waduk. Ada perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi waduk ini.

16.Taman Pelangi

Taman Pelangi sangat cocok dikunjungi pada malam hari karena tempat ini menggunakan lampion yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga terlihat begitu indah dan bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto. Tidak perlu khawatir karena banyak sekali fasilitas umum dan fasilitas bermain untuk anak ketika Anda sedang berada di tempat ini.

17.Goa Pindul

Goa Pindul terkenal keindahannya karena terbentuk begitu eksotis dan memiliki sungai bawah tanah yang begitu jernih. Anda bisa menyusuri gua atau menggunakan ban dalam untuk menikmati sungai bawah tanah ini. Karena keindahan ini tempat wisata alam yang dulunya tidak terlalu dikenal akhirnya mampu menarik wisatawan untuk menyusuri tempat ini.

18.Bukit Bintang

Bukit Bintang menawarkan pemandangan matahari terbenam atau keindahan kota Yogyakarta di malam hari melalui gedung-gedung yang berdiri kokoh di pinggir tebing. Meskipun sederhana, menikmati malam di tempat ini akan terasa begitu indah.

19.Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata ini memiliki pohon pinus yang berdiri tinggi sehingga akan memberikan suasana yang begitu teduh dan bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto. Terdapat panggung terbuka dan tempat duduk melingkar yang terbuat dari kayu dan biasanya digunakan untuk acara sastra, teater, maupun pertunjukan musik.

20.Museum Affandi

Museum Affandi memamerkan semua koleksi lukisan pelukis Affandi semasa hidupnya. Meskipun begitu tidak hanya karya lukisan Affandi yang dipamerkan di sini, tetapi juga terdapat beberapa karya pelukis lain di museum ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *