Terlambat bayar BPJS tidak lagi dengan cara ini

Cara gampang bayar Iuran BPJS

Suka terlambat bayar BPJS / JKN-KIS lakukan hal ini!

Read More

Pada halaman resmi BPJS Kesehatan memposting dengan satu judul pertanyaan, “Ingin Gampang Bayar Iuran?” caranya hanya sekali dengan mendaftarkan rekening tabungan Anda untuk Autodebet pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang sekarang JKN-KIS dan selanjutnya iuran akan otomatis mendebet rekening yang terdaftar pada setiap tanggal 5 atau tanggal 20.

Gambar: By. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Pendaftaran rekening Bank untuk mempermudah pembayaran dengan autodebet bisa dilakukan di Kantor BPJS terdekat dengan membawa data lengkap atau bisa telpon terlebih  ke Care Center BPJS di 1500 400 perihal data yang diperlukan bagi yang berlokasi jauh dari Kantor BPJS.

Setelah melakukan pendfataran nomor rekening Bank yang bekerjsama dengan BPJS bagi yang belum mendaftarkan. Setelah nomor rekening sudah terdaftar maka pada setiap bulannya Peserta tidak perlu lagi membayar secara manual seperti biasanya contohnya di Agen BRILink. Iuran akan secara otomatis didebet dari rekening yang sudah didaftarkan sesuai besarnya premi sesuai kelasnya dikali jumlah Anggota Keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga.

Adapun Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS dalam hal autodebet iuran JKN-KIS adalah Bank Mandiri, BNI, Bank BRI, dan BCA.

Autodebet memang menjadi pilihan bagi setiap peserta JKN-KIS untuk mengurangi terlambat bayar dikarenakan lupa atau alasan lainnya, tetapi menurut saya masih banyak sekali peserta BPJS yang tidak mendaftarkan rekening Banknya pada saat pendaftaran dengan alasan tidak memilikinya. Dengan diwajibkannya peserta memliki nomor rekening tentunya ini menjadi hal yang bisa mengurangi peserta BPJS / JKN-KIS yang menunggak iuran bulanannya.

Saya sebagai Agen BRILink yang pada setiap bulannya menerima jasa pembayaran BPJS melalui BRILink tentunya kebijakan ini akan mengurangi jumlah Pelanggan yang melakukan pembayaran iuran JKN-KIS via Agen BRILink. Tetapi bila dihitung-hitung setelah saya tanyakan kepada Pelanggannya ternyata hal ini tidak berpegaruh untuk didaerah tempat saya buka BRILink,  kenapa? karena pada kenyataannya Mereka sebagai Peserta pada saat pendaftaran tidak mendaftarkan rekening Bank, dan sekalipun ada menurut Mereka Saldo direkeningnya selalu kosong bahkan dikiranya rekeningnya sudah diblokir karena sudah lama tidak menabung. Jadi pada setiap bulannya Mereka masih tetap akan membayar iuran BPJS melalui Agen BRILink yang dekat dengan rumah Mereka.

Apasih manfaat pembayaran iuran dengan sistem autodebet bagi Peserta JKN-KIS? tentu sangat bermanfaat diantaranya seperti dijelaskan oleh pihak BPJS dihalaman resminya:

  • Praktis
  • Bebas terlambat iuran bulanan
  • Bebas denda pelayanan

Dengan sistem autodebet ini diharapakan seluruh peserta JKN-KIS bisa membayar iuran tepat waktu pada setiap bulannya.

Sekian terkait ulasan Cara gampang bayar Iuran BPJS tanpa ribet dan juga terhindar dari yang namanya terlambat bayar.

Didalam postingan ini adalah mungkin hanya cuplikannya saja dari apa informasi yang Anda cari, untuk lebih lengkapnya tentang hal ulasan diatas silahkan bisa  kunjungi halaman resminya BPJS Kesehatan.