Ternyata Kamu Lakukan 6 Hal Keliru Menjaga Daya Tahan Baterai Smartphone

Smartphone merupakan ponsel pintar yang mempunyai banyak fungsi. Bahkan, bisa dibilang fungsinya mirip dengan komputer hanya saja smartphone berukuran lebih ringkas dan bisa dibawa ke mana – mana. Ada banyak berbagai jenis smartphone di pasaran, harganya pun juga bervariasi.  Perkembangan smartphone dari tahun ke tahun begitu pesat. Hampir selalu ada fungsi atau fitur baru yang ditawarkan kepada konsumen setiap tahun. Di era digital, setiap orang setidaknya memiliki satu unit smartphone. Tidak bisa dipungkiri kegunaan smartphone dalam kehidupan sehari – hari berpengaruh besar.

Smartphone bisa dikatakan meringankan pekerjaan manusia. Jika dahulu kita hendak mengirim pesan, harus mengirimkan surat melalui pos, maka kini cukup mengetik via smartphone atau email. Pesan pun terkirim dalam hitungan detik. Tentunya, lebih hemat waktu dan biaya. Namun, agar smartphone bisa berjalan secara optimal, kita perlu mengisi daya baterai dengan benar. Banyak orang yang salah mengenai cara menjaga daya tahan baterai pada smartphone. Berikut adalah beberapa hal keliru yang banyak dilakukan orang ketika menjaga daya tahan baterai agar tetap awet.

Read More

1.    Mengecas baterai pada saat 0%

Tahukah kalian bahwa mengecas baterai pada saat kondisi baterai sudah benar – benar habis bisa mengurangi performa baterai. Ya benar, kita dianjurkan untuk mengecas daya baterai pada saat baterai masih di atas 20%. Pada kondisi ini, diketahui keadaan HP dan baterai masih bersifat normal. Seharusnya kita tidak membiarkan daya baterai kita sampai 0% karena selain memakan waktu yang lama saat mengecas, juga akan memperburuk kondisi baterai.

2.    Mengecas pada suhu tidak normal

Jangan mengecas baterai pada suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Isi daya baterai pada suhu normal atau suhu ruangan (35 – 36 ° Celcius). Jangan mengecas baterai di bawah terik matahari secara langsung atau di suhu yang terlalu dingin. Karena kondisi ini bisa membuat baterai cepat rusak dan baterai juga akan  cepat habis.

3.    Menggunakan kabel dan adaptor tiruan

Apakah kalian pernah mendengar berita tentang ponsel meledak saat di-charge? Ya, kemungkinan itu karena kabel atau adaptor yang digunakan tidak original atau bisa disebut tiruan. Gunakanlah kabel serta adaptor yang langsung ada pada kotak pembelian ponsel atau kabel adaptor orisinil.

Jika kabel atau adaptor rusak maka belilah yang original, jangan beli yang tiruan karena terkecoh dengan harga yang murah. Selain itu, tegangan yang diberikan juga tidak seimbang, hal itu bisa memicu baterai bisa meledak dan cepat rusak. Dampak negatif lain, ponsel tidak akan berfungsi dengan baik.

4.    Mengisi hanya saat akan digunakan

Kebanyakan orang akan mengisi baterai saat mereka akan menggunakannya saja. Namun ternyata tindakan ini keliru. Baik akan kita gunakan maupun tidak akan kita gunakan baterai harus tetap di-isi jika angka baterai menunjukkan kisaran 30%. Karena semakin baterai kehilangan daya, performanya akan semakin turun.

5.    Mengecas baterai dan menggunakannya di saat bersamaan

Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang. Karena mereka tidak sabar menunggu hingga baterai terisi penuh, lalu mereka menggunakan seraya mengecas smartphone. Tentu saja ini hal yang keliru, karena ketika kita mengisi daya baterai sedangkan di saat bersamaan kita juga menggunakannya, baterai akan memakan waktu yang lama untuk mengisi.

Selain itu, baterai juga cepat panas karena pada saat bersamaan smartphone bekerja 2 kali yaitu mengisi daya baterai dan juga menjalankan instruksi yang kita berikan. Tentu saja smartphone akan cepat rusak dan tidak bisa dipungkiri mungkin kita juga tidak nyaman dengan keadaan seperti ini.

6.    Menggunakan power bank

Tahukah kamu bahwa power bank memberikan efek panas pada baterai dan bisa merusak baterai? Alangkah lebih baik jika mengecas daya baterai menggunakan metode langsung atau metode menggunakan adaptor dan kabel. Pakailah power bank hanya dalam keadaan terdesak saja. Selain itu, usahakan hanya memakai power bank berkualitas. Jika power bank yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik tentu saja dapat berpengaruh pada performa baterai.

Sekian ulasan terkait Ternyata Kamu Lakukan 6 Hal Keliru Menjaga Daya Tahan Baterai Smartphone.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *