Tingkatkan Performa Penjualan Lewat Media Sosial! Simak Tipsnya!

Yuk Tingkatkan Performa Penjualan Lewat Media Sosial! Simak Tipsnya!

Di hari yang seperti ini, sebagian besar kalangan sudah memanfaatkan platform media sosial. Buat kamu yang sedang berwirausaha pun pasti memiliki media sosial bukan? Nah, apa salahnya jika platform terbuka itu dimanfaatkan untuk berjualan. Tentunya pendapatan juga semakin bertambah.

Read More

Namun, rupanya sudah banyak pula orang-orang yang sukses berjualan dengan perantara media sosial. Meskipun begitu, ruang media sosial sangatlah luas dan kamu masih bisa memanfaatkan ruang tersebut. Persaingan tentu ada dan hal itu tentu wajar dalam berwirausaha. Untuk membantumu, berikut ada beberapa tips penting agar performa penjualan melalui media sosial bisa meningkat.

Mengenal Seluk Beluk Media Sosial

Sebagai salah satu pengguna media sosial, kamu mungkin sedikit banyak sudah memahami bagaimana cara penggunaannya. Namun, masih ada berbagai macam hal yang perlu diidentifikasi untuk memastikan peluang mempromosikan produk maupun jasa yang kamu miliki.

Di antaranya seperti jumlah pengguna suatu platform media sosial, apa yang paling sering menarik perhatian mereka, apa yang mereka butuhkan dan ruang mana saja yang bisa kamu masuki untuk melakukan promosi. Begitupun dengan jumlah teman yang sudah kamu miliki dalam satu akun media sosialmu.

Penggunaan akun media sosial akan jauh lebih baik jika isinya fokus terhadap apa yang kamu jual. Namun, jika berat rasanya menggunakan akun pribadi, bisa dengan membuat akun baru. jelajahi sekitarmu dan temukan mereka yang berpotensi untuk menjadi pelangganmu.

Manfaatkan Blog

Ruang untuk berbisnis di media sosial sangat luas. Di antaranya kamu juga bisa memanfaatkan blog gratis yang bisa mendatangkan para pembaca. Isi blog tersebut tentunya berupa produk atau jasa yang kamu promosikan. Maka kemampuan untuk menguasai teknologi sangat penting. Dalam hal ini kamu perlu mempelajarinya, tidak perlu hingga mendalam, cukup pada hal-hal yang kamu butuhkan saja.

Misalnya mengatur tampilan blog, membuat tulisan atau konten dalam blog, dan hal lainnya. Mempelajari SEO juga tidak kalah pentingnya dalam penulisan blog agar postinganmu bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Dalam membuat suatu konten, kamu juga tak boleh terlalu kaku dan terlalu vulgar berpromosi. Pendekatan terhadap para pembaca harus dilakukan secara lembut. Kaitkan produk atau jasa yang kamu promosikan dengan apa yang mungkin dibutuhkan oleh pembaca. Dengan cara tersebut maka kontenmu tidak akan membosankan dan terkesan spam.

Tarik perhatian para pembaca dengan cara yang halus namun mampu membuat mereka sadar akan kebutuhannya terhadap produk atau jasa yang sedang kamu promosikan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan mereka pun bisa memenuhi apa yang dibutuhkan.

Bagikan Konten Blog di Media Sosial

Untuk melebarkan sayap promosi, kamu perlu aktif di berbagai macam media sosial dan membagikan konten dalam blog milikmu. Beberapa jenis media sosial dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di antaranya ada Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Youtube dan berbagai macam media sosial lainnya.

Jangan lupa pula untuk memiliki toko online di berbagai situs aplikasi online. Tapi jika ingin fokus pada salah satu aplikasi saja tidak masalah. Selain beberapa platform media sosial di atas WhatsApp juga bisa menjadi media promosi yang cukup ampuh. Karena itu, cantumkan pula pada blog.

Tautkan Blog dengan Media Sosial

Nah, untuk langkah yang satu ini cukup efektif dalam menyebarkan konten promosi yang telah kamu buat. Dengan menautkan blog pada media sosial, pembaca akan semakin mudah menyebarkan konten tersebut di berbagai media sosial jika mereka merasa konten tersebut pantas untuk diketahui banyak orang. Karena itu, buatlah konten yang menarik dan tidak melulu kental dengan kalimat promosi.

Atur Jadwal Posting

Mengatur jadwal postinganmu di blog maupun media sosial sangatlah penting. Keteraturan ini juga dapat membantumu mengorganisir semua postingan. Mengatur jadwal juga berlaku pada pengulangan postingan. Karena belum tentu semua orang dapat membaca postinganmu begitu konten milikmu diupload. Maka, diperlukan adanya re-upload agar cakupannya menjadi lebih luas.

Namun, beberapa hal perlu diperhatikan dalam pengupload-an tersebut. Dimana kamu perlu memperhatikan tiap konten apakah masih relevan dengan keadaan yang sedang berlangsung. Jika sudah tidak sesuai, maka kamu perlu melakukan perubahan yang disesuaikan dengan keadaan terkini.

Variasikan Cara Promosi

Ingatlah untuk tetap dan terus aktif di media sosial. Karena dari sanalah kamu bisa menarik perhatian banyak orang terhadap produk atau jasa yang tengah kamu promosikan. Namun, ketika sedang bermedia sosial, kamu tidak selalu harus memposting tautan artikel blog promosi produkmu atau posting foto produk dengan caption membosankan. Cukup sesekali tampilkan postingan berupa cuplikan dari artikel buatanmu tanpa menyertakan link dan tautannya.

Hal itu merupakan salah satu variasi promosi. Selain itu, penting untuk mengumpulkan testimoni dalam rangka sebagai hal penting yang dapat digunakan untuk promosi agar meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon konsumen.

Kamu perlu mempersiapkan strategi tampilan testimoni yang menarik dan memiliki ciri khas. Tidak melulu hanya berupa screenshoot teks pesan dari pelanggan. Berikan kesempatan pula pada pelangganmu untuk berkreasi dengan testimoninya.

Strategi berikutnya adalah dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik dan berbeda namun tetap terjaga.  Hal ini juga berlaku dalam proses promosi dengan menggunakan harga promo. Tuliskan keuntungan dan keunggulan produk dan apa ciri khas dari produk tersebut hingga orang harus membeli atau memiliki produkmu.

Tambahkan Hashtag

Jika kamu sering berselancar di media sosial, penggunaan hashtag tentu sudah sering kamu temui bukan. Media sosial yang ada sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengklasifikasikan suatu postingan dengan hashtag yang sama. Jika diklik maka akan menampilkan berbagai macam postingan yang disertai hashtag sama tersebut.

Hashtag atau tagar yang kamu gunakan tentu harus relevan dengan produk yang kamu jual. Misalnya jika kamu menjual gaun pesta bisa menggunakan hasthag yang memungkinkan paling sering dicari oleh banyak orang seperti #gaunpestamurah, #gaunpesta, #gauncantik dan berbagai macam hashtag lainnya.

Tampilkan Foto Produk

Strategi yang satu ini tak kalah penting. Foto adalah kebutuhan visual yang bisa menarik perhatian warga media sosial. Gunakan foto asli yang jelas, berkualitas dan memenuhi unsur estetika ketika dipandang. Dengan tampilan foto menarik dan sedikit kalimat yang membuat pembaca penasaran dapat membuat orang lain menelusuri lebih lanjut tentang produkmu.

Posisikan Diri Sebagai Calon Konsumen

Semua orang berpotensi untuk menjadi konsumenmu. Maka, kamu pun perlu memosisikan diri sebagai orang yang berpikiran sama dengan mereka. Tanyakan pada dirimu, apa yang bisa di dapatkan konsumen dari produk yang kamu jual? Apa yang berbeda dari produkmu? Apakah harga produk tersebut layak? Apakah kamu sendiri tertarik dengan postingan-postinganmu?

Seperti itulah kiranya cara memosisikan diri sebagai calon konsumen. Perlu diingat pula, bahwa promosi ini ditujukan untuk keuntungan bersama, bukan hanya untuk keuntungan si penjual saja. Barulah terjadi proses jual beli yang baik dan benar.

Sekian beberapa tips penting agar performa penjualan semakin meningkat dengan memanfaatkan media sosial. Tentunya segala hal membutuhkan proses, jadi terus usaha dan manfaatkan setiap peluang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *