Tips Aman Liburan di Musim Hujan, Ada Kiat Tersendiri

  • Whatsapp

Liburan di musim hujan bisa menjadi hal yang menarik. Traveling sekarang ini memang bukan sekedar gaya hidup, namun juga menjadi hobi. Jika budget yang digunakan untuk traveling sudah aman, Anda hanya perlu memikirkan kondisi yang mendukung seperti jatah cuti hingga musim. Biasanya, musim hujan menjadi sebuah penghalang.

Namun, pendapat ini sepertinya mulai bergeser. Sekarang ini banyak traveler yang tetap berlibur meskipun saat musim hujan. Untuk mereka yang berlibur di kota besar, sepertinya musim hujan bukan menjadi sebuah masalah. Musim hujan malah membuat suhu menjadi lebih sejuk serta mood menjadi lebih baik. Anda pun seperti menikmati liburan yang sebenarnya.

Read More

Liburan Ketika Musim Hujan, Mengapa Tidak?

Memang, bila dibandingkan dengan musim panas, pilihan wisata di musim hujan menjadi lebih terbatas. Destinasi seperti gunung, pantai dan air terjun kurang diminati saat musim hujan. Namun jangan salah. Ada berbagai macam tempat lain yang bisa Anda kunjungi saat musim hujan seperti agrowisata, pemandian air panas, pegunungan hingga taman hiburan.

Lantas, apakah harus berlibur saat musim liburan? Sebenarnya Anda tidak perlu menunggu musim liburan untuk mengunjungi berbagai wisata yang menarik tersebut. Anda bisa mengunjunginya saat weekend, atau ketika long weekend. Untuk masalah destinasi juga bisa disesuaikan, tergantung siapa yang Anda ajak untuk melakukan traveling.

Biasanya, bagi mereka yang sudah berkeluarga lebih memilih mengunjungi villa di pedesaan, atau taman hiburan yang memiliki konsep indoor. Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di sebuah villa memang menjadi hal yang menarik. Lebih-lebih jika Anda belum memiliki buah hati, mengapa tidak menjadikan waktu liburan musim hujan ini menjadi moment honeymoon kedua?

Sedangkan, bagi mereka yang masih lajang, ketika musim hujan Anda bisa mengunjungi destinasi yang lebih fun seperti wisata belanja dan wisata kuliner. Anda bisa berburu makanan di pusat kuliner. Jadi, sudah semakin semangat untuk menyusun destinasi liburan selama musim hujan? Meskipun menyenangkan, Anda harus berhati-hati dengan daya tahan tubuh yang dimiliki serta kondisi alam.

Karena ketika musim hujan, berbagai bencana sangat rawan terjadi seperti bencana banjir, badai, hingga tanah longsor. Untuk mengantisipasi hal buruk tersebut, Anda bisa menghindari tempat liburan yang memiliki potensi bahaya seperti di pantai atau pun di pegunungan, selain itu bawa perbekalan obat dan cek perkiraan cuaca.

Tips Liburan di Musim Hujan

Agar liburan Anda menjadi semakin nyaman, simak tips berikut ini. Pertama, jangan lupa membawa jas hujan. Mengenakan jas hujan memang kurang menarik, namun hal ini sangat penting. Jas hujan akan berguna saat Anda diterjang hujan ketika mengunjungi salah satu destinasi wisata. Anda bisa memilih jas hujan yang dibuat dari plastik, sehingga setelah selesai digunakan bisa langsung dibuang.

Kedua, sediakan pakaian dalam yang lebih banyak. Pakaian dalam sangat penting, lebih-lebih jika Anda berlibur di daerah yang memiliki banyak air entah terkena pasir atau pasah, Anda tidak akan betah mengenakan satu set pakaian tersebut untuk satu hari. Apalagi ditambah dengan musim hujan. Oleh sebab itu, pastikan membawa pakaian dalam yang lebih banyak.

Ketiga, hati-hati ketika berenang. Jika tetap ingin berlibur ke pantai, Anda harus berhati-hati dan menyadari situasi. Lihat angin laut dengan baik. Ketika air laut sedang pasang, lebih baik hindari pantai sejenak, biasanya siang hari menjadi momen yang cocok. Jika sedang tidak hujan, Anda bisa berenang di pantai dengan bebas. Namun jika sedikit mendung dan hujan, lebih baik langsung menepi.

Terakhir, santai ketika menghadapi ombak. Bila berada dalam situasi yang darurat seperti tergulung ombak, jangan sampai panik. Cara yang tepat untuk keluar dari situasi ini ialah bergegas menjauhi ombak. Tetapi, jika sudah terlanjur berada di dalam air, Anda bisa mencoba menyelam dan berenang, dan tunggu ombak kembali ke tengah laut.

Jadi, apakah Anda semakin tidak sabar melakukan traveling di musim hujan? Apalagi ada begitu banyak destinasi menarik yang bisa dipilih ketika musim hujan, sehingga tidak akan menghalangi Anda untuk bersenang-senang. Rencanakan liburan Anda baik sendirian, bersama dengan teman, keluarga dan pasangan sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *