Tips Ampuh Merawat Layar Smartphone

  • Whatsapp

Kamu tentu tidak ingin bukan ketika sedang asik-asiknya menggunakan smartphone tiba-tiba performa layarmu memburuk. Usut punya usut ternyata LCD smartphone-mu bermasalah. Kamu jadi tidak bisa lagi menikmati performa seperti biasanya. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan tersebut di antaranya adalah tidak memasang anti gores, menekan secara berlebihan, sering menggunakan kuku untuk menggeser atau menekan layar, sering meletakkan ponsel di bawah sinar matahari langsung, mendekatkan perangkat pada medan magnet dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu khawatir, hal-hal tersebut bisa kamu hindari. Dan berikut ini adalah cara merawat layar smartphone milikmu.

1. Menjaga Kebersihan Layar

Read More

Ponselmu memang tidak mungkin terhindar dari debu maupun kotoran lainnya yang bisa membuat layar menjadi rusak meski telah dipasangi anti gores. Karena kotoran masih bisa masuk melalui celah-celah kecil yang ada. Jadi kamu perlu membersihkan layar secara berkala untuk meminimalisir kerusakan layar yang disebabkan oleh debu dan kotoran. Cara ini cukup ampuh untuk merawat layar smartphone kamu.

2. Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Ponsel

Hal yang satu ini memang sering disepelekan, namun jika kamu ingin benar-benar merawat layar smartphone-mu, maka kamu harus melakukan hal ini. Jika hendak menyentuh ponselmu, usahakan tangan sedang dalam keadaan yang bersih.

3. Rutin Mengganti Anti Gores

Mengganti anti gores secara berkala diperlukan untuk merawat layar smartphone milikmu. Hal ini untuk menjaga agar LCD ponsel dapat bertahan lama. Tips ini sangat jitu untuk mempertahankan performa LCD agar tetap baik selama digunakan. Segera ganti anti gores smartphone-mu jika tampak ada kerusakan.

4. Matikan Ponsel Saat Dibersihkan

Ketika kamu ingin membersihkan ponsel, pastikan layar dalam keadaan mati. Dan akan lebih baik jika ponsel dinonaktifkan secara keseluruhan. Hal ini untuk menjaga layar dari potensi penekanan layar yang terlalu keras. Hal ini merupakan salah satu cara merawat layar smartphone yang cukup penting.

5. Gunakan Pembersih yang Tepat

Jika kamu ingin membersihkan ponselmu, jangan sembarangan memilih kain dan bahan pembersihnya. Gunakanlah cairan pembersih seperti alcohol gen atau cairan pembersih kacamata. Lalu jangan menggunakan kain yang kasar, pakailah kain yang halus serta lembut, seperti kain microfiber atau lap kacamata. Hal ini penting untuk merawat layar smartphone-mu.

Selain itu, jangan menyemprotkan cairan pembersih ke LCD secara langsung. Cara yang benar adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih pada kain, baru diusapkan ke layar sebagai langkah untuk membersihkan. Karena bahan kimia yang terkandung pada cairan pembersih berpotensi untuk merusak LCD. Inilah cara merawat layar smartphone yang terakhir.

Jangan sampai melewatkan tips-tips merawat layar smartphone di atas jika kamu ingin layar smartphone-mu tetap bekerja pada peforma maksimalya. Selain tips-tips di atas, kamu juga perlu melakukan pembersihan dari dalam alias membersihkan memori yang penuh, membersihkan virus dan file-file sampah. Karena kerusakan atau error juga dapat disebabkan oleh proses yang berlangsung pada ponsel seperti penggunaan aplikasi secara bersamaan dan lain sebagainya.

Selama kamu menggunakan ponsel dengan baik dan benar serta mempraktekkan tips merawat layar smartphone secara tepat, maka performa layar ponselmu dijamin akan tetap baik. Selain itu, gunakan dan letakkan ponselmu secara hati-hati dan aman agar terhindar dari potensi kerusakan terjadi akibat ponsel terjatuh dan dapat menjadi penyebab kerusakan layar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *