Tips Atasi Laptop yang Mudah Mati

Laptop yang mudah mati atau tiba – tiba mati bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari laptop yang sudah panas atau mengalami overheat, debu yang mengotori bagian mesin dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.

Jika Anda mengalami masalah laptop yang mati sendiri secara mendadak atau tiba – tiba, tentu Anda harus segera mengatasinya. Bagaimana tips atasi laptop yang mudah mati? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi selengkapnya untuk Anda. Check these out! Tips Atasi Laptop yang Mudah Mati

Read More

Bersihkan laptop dari debu

Penyebab utama dari masalah laptop mati mendadak adalah karena overheat. Debu dan juga kotoran lain yang menempel dan mengalami penumpukan di sela – sela saluran udara dapat menjadikan sirkulasi udara panas di bagian bawah laptop menjadi semakin terhambat.

Selain itu kipas laptop yang terlalu kotor juga sangat berpengaruh menjadikan kinerja laptop tidak bisa optimal untuk mencegah terjadinya panas atau overheat. Ketika suhu laptop menjadi panas, hal tersebut kemudian menjadikan sistem sensor panas laptop akan mematikan dirinya secara otomatis.

Agar bisa lebih aman, Anda bisa membawa laptop ke tempat service secara resmi untuk membersihkannya. Dengan  demikian masalah laptop yang mudah mati akan segera teratasi.

Cek memori RAM

RAM memegang peranan penting dalam kinerja suatu perangkat. Karena itu ketika laptop mendadak lemot ada banyak pengguna yang melakukan upgrade memori RAM demi meningkatkan performanya. Hanya saja yang disayangkan, hal ini dapat menjadi penyebab masalah baru.

Sehingga ketika Anda melakukan upgrade memori RAM yang tidak sesuai dengan sistem laptop, maka hal tersebut tidak hanya dapat menjadi penyebab memori RAM tidak dapat diakses. Melainkan juga dapat menjadikan laptop bekerja jauh lebih keras sehingga pada akhirnya menjadi penyebab laptop mati secara tiba – tiba.

Adapun solusinya, coba Anda lepas kembali memori RAM. Upayakan untuk Anda membeli memori RAM dengan ukuran yang sesuai kebutuhan laptop Anda. Akan tetapi jika memang Anda yakin bahwa laptop dapat bekerja dengan baik sebelumnya, bawa dan periksa dulu laptop Anda di tempat service center.

Pastikan untuk Anda memilih service center secara resmi sehingga hal tersebut dapat memeriksa serta memperbaiki laptop dengan sebaik mungkin.

Beli adaptor charger yang baru

Hal ini menjadi masalah yang paling berbahaya karena dapat menjadi penyebab masalah yang parah pada laptop. Charger yang mengalami kerusakan dapat menghasilkan tegangan arus listrik yang tidak dalam kondisi stabil.

Hal tersebut menjadikan laptop berpotensi mengalami kerusakan bahkan juga hal yang sama terjadi pada baterainya. Jika Anda mengalami masalah yang sama, dianjurkan agar Anda mengganti charger baru sesegera mungkin.

Anda bisa membeli di tempat service center agar mendapatkan pengganti charger yang sesuai. Hal tersebut menjadi sangat penting demi awetnya laptop Anda.

Penggunaan laptop yang sesuai

Masing – masing laptop memiliki spesifikasinya masing – masing. Karena itu jangan Anda pernah menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi standar untuk aktivitas gaming atau aktivitas lain yang tidak dianjurkan.

Hal tersebut karena menjadi salah satu tindakan memaksakan penggunaan laptop yang sangat tidak baik dan justru dapat membuat laptop mengalami hang atau mati secara mendadak. Sebagai solusinya untuk Anda, gunakan laptop yang spesifikasinya sesuai.Itulah beberapa tips atasi laptop yang mudah mati dan penting untuk Anda tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *