Tips Baterai Android Awet 100% Ampuh

Smartphone terbaru saat ini kebanyakan dibekali dengan layar lebih luas, prosesor super cepat, dan mendapat dukungan RAM berkapasitas besar. Tujuannya, tidak lain agar kemampuan multitasking atau bermain game jadi lebih ciamik. Akibatnya, kecenderungan dalam menggunakan smartphone dalam waktu lama pun akhirnya semakin besar.

Dampak dari penggunaan smartphone yang berlebih seperti ini tentu saja bisa membuat seseorang kecanduan smartphone. Bahkan menyebabkan umur baterai smartphonemu jadi pendek. Makanya melalui artikel ini akan kami bagikan kepada Anda tips baterai Android awet, dijamin 100% ampuh!

Read More

Tips Baterai Android Awet 100% Ampuh

Menghindari penggunaan mode getar

Mode getar pada dasarnya memudahkan seseorang untuk tetap dapatkan notifikasi tanpa berisik. Namun tahukah Anda ternyata yang demikian tersebut justru butuh daya besar. Untuk bisa menggetarkan mode vibrator maka baterai harus bekerja lebih keras lagi.

Nah, untuk menghemat dan menjaga agar umur bateraimu tidak mudah rusak, ada baiknya Anda pakai mode silent.

Hindari Androidmu alami overheat

Android Anda pastinya akan alami overheat jika digunakan terus – terusan. Jadi agar tidak overheat, maka Anda harus lebih bijak lagi saat menggunakannya. Misalnya saja menggunakan kamera hanya saat diperlukan, dan mematikan beberapa aplikasi dari background.

Mengatur layar smartphone

Dengan mengatur tingkat kecerahan pada layar smartphone Anda ke yang paling rendah, maka Anda bisa lebih hemat baterai. Tetapi demikian, agar lebih hemat lagi maka Anda harus mengatur time sleepnya ke waktu yang sekiranya tak terlalu lama.

Upgrade aplikasi hanya melalui WiFi

Ketika terhubung dengan jaringan WiFi, Android Anda pastinya akan terkunci di jaringan itu saja, sehingga penggunaan CPU dan baterai pun jadi lebih hemat. Makanya, ketika upgrade aplikasi lebih baik dilakukan hanya ketika terhubung dengan WiFi saja. Selain menghemat baterai smartphone, hal tersebut juga bisa menghemat kuota internet Anda.

Menggunakan Airplane mode

Jarak smartphone Androidmu ke BTS operator yang digunakan juga bisa mempengaruhi umur baterai. Makanya, ketika ada di daerah yang tidak terpapar jaringam mobile dari operasi yang Anda gunakan, sangat disarankan sekali agar Anda masuk ke Airplane mode. Tujuannya, agar daya bateraimu tidak terbuang secara percuma.

Menghindari permukaan panas

Tidak hanya membuat kecerahan layar smartphonemu berkurang, ternyata panas sinar matahari langsung juga bisa membuat permukaan smartphone Anda jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu langsung dengan panas permukaan baterai tentu saja sangat beresiko membuat baterai smartphonemu jadi cepat kembung. Bahkan baterai smartphonemu juga lebih mudah drain.

Hindari charge baterai semalaman

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kebanyakan smartphone Android sudah dibekali dengan fitur Auto Cut Off ketika baterai terisi penuh. Tetapi demikian, Anda sangat disarankan sekali untuk tidak mengisi ulang bateraimu semalaman. Karena hal tersebut dapat memicu overheat pada permukaan smartphone, bahkan membuat baterai smartphonemu cepat rusak.

Mengaktifkan Battery Saver

Ini adalah salah satu fitur terbaik yang bisa dimanfaatkan agar baterai Androidmu jadi lebih awet. Anda bisa mengaktifkan fitur Battery Saver tersebut ketika baterai smartphonemu dalam keadaan low batt. Sehingga sistem akan secara otomatis mengurangi performa CPU-nya sendiri.

Apabila smartphone Android Anda tetap dalam keadaan full performance ketika smartpone Anda low batt, maka yang demikian ini akan memicu menurunnya kualitas serta umur baterai smartphone Anda sendiri.Demikian informasi tentang tips baterai Android awet 100% ampuh yang pastinya bisa banget Anda coba. So, apabila Anda memang ingin menjaga umur baterai smartphonemu agar tetap awet dalam waktu lama, maka tips – tips di atas pastilah harus Anda terapkan mulai dari sekarang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *