Tips Beli HP Baru Aman, Nyaman dan Terjamin!

Tips Beli HP Baru Aman, Nyaman dan Terjamin!

Telepon genggam atau Handphone kini sangat sulit lepas dari kebutuhan sehari-hari. Mengingat fungsinya yang mencakup berbagai macam aspek bahkan hingga dapat menjadi alat perantara bagi kebutuhan rill kita di dunia nyata. Dari segi fungsi penting hingga hanya sekedar hiburan ada pada telepon genggam atau di zaman sekarang lebih dikenal dengan nama smartphone yakni ponsel pintar.

Read More

Peredarannya di pasar Indonesia yang padat konsumen sangat luas. Akibat kondisi tersebut, seringkali terjadi banyak penipuan mulai dari hal kecil hingga hal-hal yang bersifat sangat merugikan konsumen. Oleh karena itu ulasan kali ini tentu akan sangat membantu bagi Anda yang membutuhkan ponsel baru dan ingin terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Dalam tulisan ini akan disajikan sedikitnya lima tips penting ketika Anda hendak membeli ponsel. Mungkin tidak kesemuanya bisa dilakukan, namun setidaknya dari tips tersebut Anda bisa tahu kesiapan seperti apa yang harus Anda miliki sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru.

Utamakan Kebutuhan

Beberapa orang mungkin memutuskan untuk mengganti ponselnya karena sedang berupaya mengikuti tren atau hanya sekedar bentuk keinginan sementara. Maka, sebagai konsumen yang bijak, hendaknya Anda mengutamakan kebutuhan ketimbang keinginan semata.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh. Anda dapat merasa lebih puas dengan apa yang Anda dapatkan asal benda tersebut cukup untuk kebutuhan Anda. Adapun beberapa spesifikasi ponsel lainnya yang cukup menguntungkan, hal itu tidak memiliki dampak yang terlalu besar bagi Anda. Karena prioritas Anda adalah kebutuhan maka yang akan membuat Anda merasa puas adalah terpenuhinya kebutuhan Anda.

Misalnya, jika Anda adalah seorang wartawan, maka Anda akan lebih mementingkan ponsel dengan daya tahan baterai tinggi, kapasitas penyimpanan besar, kualitas perekaman suara dan video yang baik, serta kualitas kamera yang mumpuni ketimbang performa ponsel untuk bermain game.

Selain rasa puas karena kebutuhan dapat terpenuhi, Anda akan lebih bijak menggunakan anggaran. Jadi Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Setelahnya, potensi penyesalan akan lebih minim daripada ketika Anda menuruti nafsu keinginan semata.

Perkaya Info

Pada langkah ini kita dapat menyebutnya sebagai langkah persiapan. Ketika Anda datang ke toko ponsel hendaknya Anda sudah menguasai beberapa spesifikasi penting sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan ponsel dengan daya tahan yang lama, maka carilah jenis ponsel yang memiliki kapasitas baterai besar misalnya 4000 mAh.

Jika Anda membutuhkan penyimpanan yang luas, maka cari informasi ponsel dengan luas memori internal setidak-tidaknya 32 GB. Sedangkan jika Anda membutuhkan ponsel dengan kamera mumpuni saat ini sudah banyak tersedia ponsel tipe dual camera yang mampu menghasilkan gambar apik.

Hal utama yang tidak boleh ketinggalan adalah soal harga. Tentu harus sesuai dengan biaya yang mampu Anda keluarkan. Bisa mencari informasi di internet atau bertanya pada rekan yang paham seluk beluk harga ponsel. Begitupun seterusnya Anda dapat menyesuaikan tiap spesifikasi sesuai kebutuhan. Jadi Anda pun tidak akan bingung jika ditanya oleh pemilik toko mengenai ponsel seperti apa yang ingin dibeli.

Tentukan Merk Ponsel

Setelah mengidentifikasi ponsel seperti langkah di atas Anda bisa mulai menentukan merk ponsel yang menurut Anda sesuai. Jika belum menemukan merk ponsel yang dirasa tepat, maka pilihlah beberapa ponsel dengan spesifikasi yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan.

Lalu saat Anda datang ke toko ponsel, Anda bisa mengajukan merk tersebut dan menanyakan kiranya mana merk yang lebih bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Menentukan merk ponsel sebelum memutuskan membeli akan sangat membantu. Namun, jika memang tidak ingin melakukannya, cukup dengan mencari beberapa spesifikasi sesuai kebutuhan dan menanyakannya pada penjual ponsel mana kiranya merk ponsel yang cocok untuk Anda.

Tapi, jika sudah mantap dengan satu jenis ponsel pilihan Anda baik dari segi spesifikasi dan harganya maka tidak perlu ragu lagi dengan pilihan tersebut. Namun, masih ada hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda akan membelinya baik secara offline maupun online.

Pergi ke Toko Terpercaya

Untuk membeli sebuah ponsel sesuai pilihan Anda, maka pergilah ke toko ponsel yang terpercaya. Di sana Anda perlu bisa menanyakan ketersediaan produk yang Anda cari. Di berbagai mall tersedia counter ponsel resmi. Biasanya ada yang menyediakan satu merk ponsel saja, dan ada pula yang menyediakan berbagai merk ponsel. Anda bisa memilihnya secara langsung di sana.

Untuk pembelian secara online, Anda dapat melakukan dua langkah sebelumnya. Sedangkan pada langkah ketiga tak jauh berbeda, Anda hanya perlu memilih toko online yang memiliki peringkat baik. Periksa ulasan dan kepuasan pelanggan, cek berapa banyak produk yang sudah terjual, perhatikan dengan detil ulasan yang ada. Periksa pula deskripsi tentang produk. Tanyakan kesediaan produk dan berbagai informasi lainnya pada seller. Baru Anda bisa melakukan transaksi.

Namun, jika membelinya secara offline dimungkinkan, maka lebih baik membeli ponsel baru secara langsung. Walau memang biasanya terdapat perbedaan harga dan lebih murah ketika membeli secara online namun transaksi langsung akan lebih aman mengingat banyaknya penipuan di masa sekarang.

Cek Ponsel di Toko

Ketika Anda sedang memilih jenis ponsel, tanyakanlah beberapa poin penting seperti harga, keunggulan ponsel dan poin penting lainnya yang dirasa perlu untuk diketahui. Ketika Anda sudah memilih ponsel sesuai kebutuhan maka cek dulu kelengkapan ponsel. Anda juga perlu menanyakan mengenai kartu garansi.

Biasanya beserta satu unit produk ponsel terdapat charger dan earphone dan beberapa asesoris lain seperti softcase dan antigores. Selain itu, ponsel baru tentunya masih tersegel rapi, tidak ada goresan atau lecet. Cobalah terlebih dahulu berbagai fungsi dari ponsel tersebut. Jika tidak ada kendala Anda bisa membelinya.

Jangan Tertipu Iklan Ponsel Murah

Sudah sering terjadi kasus penipuan di salah satu media sosial yang menampilkan iklan penjualan ponsel murah. Jika Anda melihat iklan serupa hal itu tentu tidak bisa langsung dipercayai, cukup abaikan dan hindari. Lebih baik membeli ponsel dengan harga normal. Karena iklan semacam itu berpotensi memancing konsumen terjerat penipuan.

Biasanya, para penipu bersembunyi di balik iklan ponsel murah dan menjadi seller palsu. Seringkali dalam iklan tersebut ditampilkan kontak yang bisa dihubungi jika ingin membeli ponsel. Adapun langkah lain yang dilakukan untuk meyakinkan calon konsumen adalah dengan memiliki toko online palsu yang seolah-olah merupakan toko terpercaya dengan berbagai testimoni dan jumlah pengikut yang banyak.

Setelah berhasil menarik perhatian konsumen, biasanya seller palsu tersebut akan meminta transaksi sejumlah uang di luar harga produk dengan angka yang tidak sedikit sebagai prasyarat. Jika sudah terjadi permintaan transaksi abnormal semacam ini jangan diteruskan. Itu sudah pasti penipuan. Selain itu ada pula permintaan transaksi yang mengatasnamakan badan bea cukai. Jangan mudah percaya. Anda harus selektif dan berhati-hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *