Tips dan Trik Komputer dan Internet Untuk Kinerja Kencang

  • Whatsapp

Kadang-kadang kita dibuat frustasi dengan kinerja komputer yang lambat atau koneksi internet yang lemot. Namun sebetulnya ini bisa diakali dengan tips dan trik komputer dan internet berikut ini.

Mempercepat Kinerja Komputer

Ada beberapa cara untuk membuat komputer yang lambat menjadi cepat. Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Read More

  • Uninstall program dan aplikasi yang tidak diperlukan

Aplikasi dan software yang ada di komputer Anda menggunakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Hal ini membuat kinerja komputer menjadi lambat. Karena itu Anda perlu segera uninstall program yang sudah jarang digunakan atau malah tidak pernah dipakai sama sekali.

  • Mengakhiri proses yang berjalan di belakang layar

Proses program atau aplikasi di belakang layar (background) akan membebani RAM dan CPU komputer. Buka Task Manager dan lihat bagian Processes untuk melihat background processes. Tapi hati-hati karena menghentikan sebuah background application dapat berdampak ke program lain.

  • Gunakan antivirus

Virus komputer tidak hanya menghambat kinerja komputer tetapi juga membahayakan. Gunakan antivirus yang terpercaya untuk membasmi virus agar Anda bisa bekerja dengan aman dan cepat.

  • Hapus file tidak penting

Hal ini perlu dilakukan secara teratur agar memori komputer tidak penuh. Jangan lupa untuk membersihkan Recycle Bin juga.

Mempercepat Wifi Dengan CMD

Tips dan trik komputer dan internet selanjutnya adalah untuk mempercepat wifi apalagi jika Anda berbagi wifi dengan orang lain. Pengguna komputer Windows 10, 8, 8.1 atau 7 bisa menggunakan Command Prompt atau CMD. CMD dapat memanfaatkan teknologi jaringan komputer untuk mengambil bandwith orang lain.

Pertama-tama, komputer Anda harus sudah terhubung dengan wifi. Selanjutnya buka CMD dengan cara tekan tombol Windows dan X bersamaan, kemudian pilih Command Prompt.

Setelah membuka CMD, ketik perintah ipconfig/all lalu tekan enter. Anda akan melihat konfigurasi jaringan wifi. Pada bagian DNS Servers, cari alamat IP.

Selanjutnya, ketik perintah start di CMD dan tekan enter untuk membuka layar CMD baru. Ketik ping -L (jumlah bandwith) (DNS Server) -t. Contohnya jika IP address Anda 111.222.33.4, maka Anda mengetik -L (40000) (111.222.33.4) -t kemudian pencet enter.

Anda akan melihat tulisan Pinging 111.222.33.4 with 40000 bytes of data : Replay from 111.222.33.4 bytes=40000 time=20ms TTL=64. Sekarang Anda bisa menikmati wifi kencang selama CMD tidak ditutup.

Namun dampak CMD adalah wifi di gadget orang lain akan menjadi lambat. Sebaiknya trik ini hanya digunakan jika perlu saja.

Begitulah beberapa tips dan trik komputer dan internet yang bisa Anda terapkan supaya lebih nyaman bekerja. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *