Tips Memilih Laptop Second yang Paling Bagus

  • Whatsapp

Bagi Anda yang tidak memiliki dana cukup untuk membeli laptop baru, membeli laptop bekas bukan menjadi masalah. Anda bisa beli laptop second atau bekas dengan kualitas terbaik yang harganya bisa Anda sesuaikan dengan dana yang Anda punya.

Namun memang membeli dan memilih laptop second tidak boleh asal. Anda harus jeli dalam mengecek semua kondisi laptop agar tidak tertipu dan menyesal setelah memutuskan membelinya.

Read More

Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang bagaimana tips memilih laptop second yang bagus. Cek informasinya berikut ini!

Tips Memilih Laptop Second yang Paling Bagus

Periksa bagian fisiknya

Tampilan fisik dari laptop juga menjadi salah satu point yang sangat penting. Hal yang paling terlihat jelas ketika Anda membeli laptop bekas memang terdapat di bagian fisiknya.

Kondisi fisik tersebut menjadi suatu tanda bahwa pemilik sebelumnya dapat merawat laptop dengan baik. Hanya saja walau Anda sudah memeriksa bagian fisik, bagian dalamnya tetap Anda harus perhatikan.

Karena terkadang suatu laptop second memiliki bagian fisik yang bagus namun tidak dengan bagian dalamnya. Karena itu ada baiknya tips memilih laptop second yang tepat adalah dengan memeriksa bagian fisiknya.

Cek fungsi dan performa laptopnya

Tips memilih laptop second yang selanjutnya adalah berkaitan dengan fungsi dan performa laptop. Anda harus perhatikan komponen atau peripheral dari laptop bekas yang Anda akan beli. Semisal Anda akan cek bagian port USB apakah semua port masih berfungsi atau tidak.

Kemudian juga cek DVD – ROM pada keyboard, webcam dan kondisi dari speakernya. Hal tersebut menjadi suatu hal yang sangat baik untuk Anda perhatikan pastinya.

Pastikan baterai dan charger laptop dalam kondisi yang baik

Memang cukup susah untuk memastikan apakah baterai laptop masih dalam kondisi baik atau tidak. Akan tetapi ada salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan melihat pada bagian indicator baterai terlebih dulu.

Kemudian cobalah Anda gunakan laptop untuk membuka banyak aplikasi yang cukup berat kurang lebih sekitar 5 – 10 menit. Jika baterainya mengalami penurunan yang ekstrim coba Anda perhitungkan kembali untuk melihatnya.

Charger juga harus dalam kondisi yang baik karena itu pastikan tak ada kabel yang mengelupas atau charger yang sering hidup mati ketika Anda sedang menggunakannya.

Periksa di bagian layar CDnya

Hal ini menjadi sangat penting karena harga dari sebuah LCD laptop cukup mahal. Baiknya Anda pastikan agar kondisi laptop benar – benar baik sebelum Anda membelinya. Pastikan juga bahwa charger laptop Anda tidak memiliki dot pixel di bagian layar LCDnya.

Cara yang mudah dilakukan adalah dengan Anda ganti wallpaper bersama warna hitam polos. Kemudian perhatikan juga ada atau tidaknya selain warna hitam disana. Kemudian ganti kembali dengan warna putih polos agar kondisinya benar – benar baik.

Jangan Anda mudah percaya

Hal ini memag sangat penting. Apapun yang dibilang oleh penjual jangan mudah percaya begitu saja. Belum tentu apa yang dikatakan itu benar dan bisa jadi apa yang dikatakan hanya sebuah promosi saja. Biasanya penjual juga berusaha menutupi kecacatan yang terdapat di barang yang akan dijual.

Jadi sebaiknya Anda benar – benar berhati – hati  dan jangan pernah mudah percaya dengan apa pun yang orang lain bilang. Anda harus cek sebelum membeli semua perangkat dan komponennya.

Itulah beberapa tips memilih laptop second yang paling bagus. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *