Tips memilih Rumah sewa

  • Whatsapp

Butuh Kontrakan Nyaman dan Aman? Lima Tips Ini Harus Kamu Lakukan!

Memiliki rumah pribadi bagi sebagian besar orang adalah salah satu impian. Namun, membangun rumah membutuhkan dana yang besar. Selain itu di wilayah perkotaan biaya material bangunan tentu mahal. Tak cukup hanya biaya material, dibutuhkan pula biaya untuk membayar pekerjanya. Setelah jadi pun masih harus memikirkan perabotan dan fasilitas lainnya. Membangun rumah membutuhkan banyak pertimbangan.

Read More

Maka memilih untuk tinggal di rumah sewa atau kontrakan dapat menjadi solusi yang tepat. Keberadaannya di wilayah perkotaan menjadi tonggak persaingan karena jumlah yang cukup banyak bisa dimanfaatkan oleh para pengguna jasa sewa kontrakan yang memengaruhi variasi kenyamanan, keamanan, fasilitas dan kebutuhan lainnya.

Berbagai macam sebab dan alasan bisa membuat seseorang harus memutuskan tinggal di rumah sewa atau kontrakan. Mungkin karena penempatan kerja, membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan kampus, atau sedang membutuhkan rumah tinggal sementara. Keberadaan rumah sewa atau kontrakan telah membantu banyak orang yang membutuhkannya terutama di wilayah kota dengan jumlah penduduk yang padat.

Biasanya kontrakan sangat dibutuhkan oleh para pendatang atau perantau di kota-kota besar. Semakin banyak pendatang, semakin banyak pula warga setempat yang memanfaatkan bisnis ini. Maka semakin banyak pula variasi pelayanan yang menarik mulai dari fasilitas rumah sewa hingga harga.

Mungkin sebagian besar orang akan mudah menjatuhkan pilihan pada kontrakan dengan harga sewa yang murah. Hal itu tentu tidak salah, namun harus tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan serta fasilitas penunjang kebutuhan sehari-hari di dalamnya. Sedikitnya ada lima hal penting yang harus kamu lakukan sebelum menentukan pilihan untuk menyewa suatu rumah kontrakan :

Survey

Jika kamu hendak pergi merantau hal penting yang perlu dilakukan yakni melakukan survey. Jika kejelasan mengenai kota tujuan dan calon tempat tinggalmu sudah ditentukan maka hal itu akan mudah. Namun, jika belum lakukanlah survey sederhana. Dan tempat tinggal menjadi salah satu daftar utama yang penting untuk dipikirkan.

Untuk menyurvey wilayah yang akan kamu tinggali tinggali diperlukan beberapa indikator utama seperti harga sewa, fasilitas rumah kontrakan, tingkat keamanan, kestrategisan lokasi mencakup dekat dengan fasilitas umum, dekat dengan tempat kerja atau kuliah dan kenyamanannya.

Bagi calon perantau lakukanlah survey sebelum berangkat ke kota tujuan. Lakukanlah survey sederhana dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya karena akses informasi masa kini sangat mudah dilakukan. Bisa via internet atau menghubungi rekan yang sudah berpengalaman jika punya.

Beberapa informasi penting yang harus kamu kantongi mencakup harga sewa, alamat rumah kontrakan, nomor pemilik kontrakan, fasilitas rumah, tingkat keamanan wilayah setempat, kestrategisan lokasi dan hal pendukung lainnya yang diperlukan. Setelah itu cek lagi kebenaran informasi yang telah kamu kumpulkan. Harap berhati-hati ketika menelusuri informasi di internet. Jika urusan pengecekan sudah selesai kamu bisa bersegera pergi ke kota tujuan. Sebagai antisipasi, pergilah lebih awal dengan menyisihkan waktu sehari atau dua hari untuk mencari rumah sewa sesuai informasi yang telah didapat.

Namun, jika kamu hendak mencari rumah kontrakan di sekitar tempat tinggalmu saat ini maka bisa juga dengan mengakses informasi di internet atau akan lebih baik lagi jika mendapatkan informasi langsung dari warga sekitar atau rekan-rekanmu. Kamu pun bisa mendatangi langsung dan menanyakan kepada pemilik kontrakan apakah masih menyediakan penyewaan.

Mengapa melakukan survey seperti ini menjadi poin pertama dalam cakupan lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum menyewa rumah kontrakan? Alasan logisnya adalah karena langkah ini dapat membantu memperlancar memilih rumah sewa atau kontrakan yang kamu butuhkan. Jika sudah mengantongi informasi pokok kamu akan lebih mudah menyeleksi rumah sewa seperti apa yang kamu butuhkan dan memenuhi standar rumah tinggal yang baik agar kamu betah dan merasa nyaman.

Pilih Harga yang Sesuai

Hampir dalam segala macam hal “harga” bertengger di jajaran paling atas yang selalu dipertimbangkan. Apalagi soal tempat tinggal, terlebih yang hanya dihuni dalam jangka waktu tertentu seperti rumah kontrakan. Setelah melakukan survey, tentunya harga bisa dijadikan pertimbangan utama sesuai dengan budget yang kamu punya. Namun, kamu juga harus cukup cerdik menyikapi hal ini.

Jika kamu berhasil mendapatkan kontrakan dengan harga sewa murah lengkap dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu tentu itu sangat bagus. Namun, tidak mudah untuk mendapatkan hal yang demikian. Maka, jika tidak memungkinkan untuk memperoleh kontrakan dengan kelengkapan tersebut, maka paling tidak harga sewanya masih sesuai dengan biaya yang kamu miliki. Tidak terlalu murah dengan fasilitas minim dan tidak pula terlalu mahal yang akan menguras dompet. Jangan lupa pula untuk memastikan bagaimana tempo pembayarannya yang bisa per tahun seperti pada umumnya atau per bulan.

Pertimbangkan Lokasi

Rumah sewa atau rumah kontrakan yang akan kamu tinggali nantinya akan lebih baik jika berada di lokasi yang strategis agar memudahkan aktivitas keseharian. Misalnya dekat dengan lokasi kerja atau kampus bagi mahasiswa, rumah ibadah, klinik kesehatan atau rumah sakit, juga terdapat fasilitas umum berupa minimarket, pasar dan lain-lain. Paling tidak jarak antara kontrakan dan tempat-tempat tersebut tidak terlalu jauh serta mudah dijangkau. Dengan tinggal di lokasi yang strategis efisiensi waktu terjaga dan bisa menghemat biaya transportasi.

Kenyamanan Lingkungan

Agar bisa betah tinggal di rumah kontrakan maka kontrakan tersebut harus nyaman. Beberapa faktor yang memengaruhi kenyamanan mencakup kebersihan lingkungan dan keamanan wilayah setempat. Selain itu fasilitas rumah sewa juga menjadi indikator kenyamanan saat tinggal di sana.

Kebersihan cukup mempengaruhi kesehatan tubuh terlebih bagi yang memiliki daya tahan lemah. Namun, siapapun hendaknya tinggal di tempat yang bersih dan menjaga kebersihan tersebut. Sementara keamanan juga tak kalah pentingnya. Untuk mengecek hal ini kamu bisa memperkaya informasi saat melakukan survey. Jangan mengambil resiko dengan memilih kontrakan di tempat yang rawan kejahatan atau tindak kriminal.

Ingat pula, nantinya kamu adalah orang baru di sana, jagalah kepercayaan warga setempat dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai. Mempelajari budaya setempat juga dianjurkan agar dapat hidup membaur dan tinggal lebih nyaman.

Realisasikan Pilihan

Langkah ini merupakan tips terakhir yakni segera merealisasikan pilihan setelah melewati tahap survey, mempertimbangkan harga sewa dan budget, memperhatikan lokasi serta keadaan lingkungan. Setelah itu tentukan pilihan secara matang mana kontrakan yang paling sesuai dengan indikator penting yang telah dibahas tadi. Hubungi kontak pemilik rumah sewa dan tanyakan ketersediaan rumah sewa. Atau bisa pula dengan mendatangi secara langsung sesuai dengan alamat yang didapat.

Ketika melakukan pengecekan secara langsung, jika mungkin datangilah beberapa kontrakan yang telah masuk dalam daftar pilihan untuk membandingkan antar kontrakan secara rill. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memilih. Adapun jika kamu tidak berkesempatan untuk mendatanginya satu per satu tentukan pilihan sejak awal dan datangi satu kontrakan yang telah dipilih. Jika masih kurang pas, barulah mencoba alternatif lain dengan mendatangi atau menghubungi kontak penyedia jasa sewa rumah kontrakan. Semoga berhasil!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *