Tips Mengatasi HP Kena Air Paling Ampuh

Air memang menjadi sebuah ancaman besar bagi sebuah peralatan elektronik. Peralatan elektronik khususnya yang tidak memiliki sertifikasi anti air, termasuk HP akan mudah mengalami kerusakan jika terkena air. Terlebih kalau air sudah masuk melalui bagian lubang – lubang HP tersebut.

Lantas jika HP sudah terlanjur kemasukan air, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Ada beberapa cara dan tips mengatasi HP kena air yang dapat Anda terapkan. Anda yang mengalami masalah dengan HP yang kena air bisa langsung mencoba cara yang satu ini. Check these out!

Read More

Tips Mengatasi HP Kena Air Paling Ampuh

Lepaskan baterai, memory card dan SIM cardnya

Jangan Anda terburu – buru mencoba menghidupkan HP ketika dalam kondisi basah. Lepaskan baterai handphone, memory card dan juga SIM card secepat mungkin untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet setelah HP Anda terkena air.

Jadi sebaiknya jangan Anda coba menyalakan lebih dulu sebelum HP benar – benar dalam kondisi kering. Akan tetapi jika sudah dilepas, lap dengan menggunakan handuk kering. Upayakan juga jangan Anda goyangkan HP terlalu berlebihan.

Hal tersebut karena dapat menjadikan air menyebar ke komponen dalam yang lainnya. Sehingga hal tersebut harus Anda benar – benar lakukan jangan sampai terlambat.

Lepas semua komponen atau  bagian dalam HP

Terdapat kemungkinan jika air bisa masuk melalui lubang – lubang kecil seperti halnya di bagian port USB, port charger dan juga di bagian lubang speaker. Anda juga bisa mulai melepaskan semua sekrup yang terdapat di casing dengan obeng kecil sangat hati – hati.

Jika casing bagian belakang sudah terbuka, Anda bisa segera lepaskan sekrup yang terdapat di bagian PCB sampai ke bagian kecil dan coba keringkan juga bagian dalamnya dengan menggunakan lap atau menggunakan hair dryer dari jarak kurang lebih sekitar 30 cm di bagian atas.

Rendam HP ke dalam beras

Agar airnya benar – benar hilang dan cepat kering, Anda perlu ambil beras satu kotak penuh. Kemudian rendam semua komponen HP yang terkena air tadinya. Tutuplah rapat – rapat dan pastikan agar HP serta baterai dalam kondisi terkubur didalam beras sekitar 6 sampai dengan 7 jam.

Hal ini penting karena beras dapat membantu menyerap embun serta air dengan sebaik mungkin. Juga bisa untuk mengeringkan sisa – sisa air yang terdapat di bagian komponen HP karena beras mengandung elektrostatis yang dapat menyerap kadar air serta juga mengurangi tingkat kelembaban secara jauh lebih maksimal.

Pasang dan hidupkan kembali HP Anda

Setelah proses pengeringan selesai dan HP Anda sudah benar – benar kering, segeralah Anda  pasang kembali komponen yang sudah di bongkar. Anda perlu merakit dengan hati – hati dan benar agar tidak merusak komponen yang laninya.

Jika Anda sudah pasang sampai bagian casingnya, coba Anda hidupkan HP karena HP Anda kemungkinan sudah dapat menyala normal lagi yang menjadi tanda bahwa HP Anda sudah bisa berfungsi kembali. Jika belum juga menyala, Anda bisa pergi ke toko service agar bisa dicek lebih jauh lagi nantinya.

Itulah beberapa tips mengatasi HP kena air paling ampuh yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Terapkan tipsnya dan dapatkan HP yang segera teratasi dengan apapun masalahnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *