Tips Menghemat Budget Travelling

  • Whatsapp

Photo by ian dooley on Unsplash

Travelling merupakan sesuatu yang sudah menjadi kebutuhan bahkan keharusan bagi manusia. Setelah penat dengan berbagai aktivitas dan rutinitas yang cukup membuat stress, travelling adalah obat yang pas untuk melepaskan semua. Beberapa orang masih beranggapan bahwa travelling itu mahal dan membutuhkan banayak uang. Kamu bisa lho travelling dengan budget yang terbatas jika kamu mempersiapkannya dengan baik. 

Read More

Untuk kamu yang ingin travelling tapi memiliki budget yang terbatas. Berikut ini tips-tips menghemat budget untuk travelling.

Buat Daftar Perjalanan

Membuat daftar perjalanan merupakan hal yang sangat berguna untuk menghemat budget perjalanan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentukan daerah atau negara tujuan travelling. Setelah itu tentukan jadwal perjalanan sejak hari pertama hingga hari terakhir. Lakukan beberapa survey seperti harga tiket masuk, rute kendaraan umum dengan harga yang murah dan tempat makan yang murah. Dari sana kamu bisa mengatur budget perjalanan kamu.

Pesan Tiket Sejak Beberapa Bulan Sebelum Keberangkatan

Bagi kamu yang akan melalukan perjalanan dengan pesawat memesan tiket sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan merupakan hal yang sangat efisien untuk menghemat budget tiket pesawat. Seperti yang kita ketahu harga tiket pesawat memang cenderung lebih murah jika di pesan sejak lama dibandingkan saat mendekati hari keberangkatan. Cara lain untuk menghemat budget tiket pesawat adalah dengan mencari tiket promo. Mencari tiket promo adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh banyak traveller.

Hemat Budget Penginapan dengan Menginap di Hostel

Hostel memang menjadi pilihan ynag tepat untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Sebaiknya kamu menggunakan lebihy dari 1 applikasi saat mencari hostel, agar kamu bisa membandingkan dan menemukan harga yang sesuai dengan budget kamu. Selain itu jika kamu punya teman, keluarga atau kenalan di tempat tujuan, tidak ada salahnya untuk menumpang. Hal ini pastinya akan sangat membantu kamu utuk menghemat budget travelling kamu.

Bawa Perbekalan dari Rumah

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas tidak ada salahnya untuk membawa bekal dari rumah, seperti mie instant cup, roti, atau cemilan lainnya. Setidaknya kamu bisa menghemat 1 sampai 2 hari budget makan kamu.

Tidak Perlu Makan di Restoran

Tidak perlu makan makanan di restoran, makanan yang di jual kaki lima juga tidak kalah lezat dari makanan yang ada di restoran. Beberapa daerah atau negara biasanya memiliki pusat jajanan atau food street yang terkenal, kamu bisa mancicipi makanan khas dari daerah tujuanmu dengan harga yang terjangkau.

Tidak Usah Memaksakan Diri Untuk Membeli Oleh-Oleh

Memebeli oleh-oleh memang sudah menjadi hal yang harus dilakukan saat seseorang bepergian ke sesuatu tempat. Tapi hal itu bukanlah sebuah keharusan, untuk kamu yang mempunyai budget terbatas, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh karena tujuan dari travelling bukan hanya sekedar membeli oleh-oleh.

Itulah beberpa tips untuk menghemat budget travelling kamu. Bagaiman, sudah siap untuk travelling? Jangan jadikan keterbatasan dana menjadi hambatan kamu untuk travelling ya !

Related posts