Tips Merakit Komputer Gaming Untuk Gamer Pro

Tidak bisa dibilang mudah, apalagi bagi Anda yang sama sekali tidak mengerti dan paham dengan dunia teknologi. Untuk merakit komputer gaming ini, misalnya, yang dibutuhkan tidak hanya uang saja, akan tetapi juga pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk komputer. Jika tidak, maka akan sangat mustahil sekali Anda bisa merakit komputer gaming sendiri.  

Namun Anda tak perlu khawatirkan hal tersebut, sebab melalui artikel ini kami akan bantu Anda merakit komputer gaming dengan mudah. So, tunggu apalagi simak tips merakit komputer gaming berikut ini, agar Anda bisa merakit komputer gaming sendiri di rumah.

Read More

Tips Merakit Komputer Gaming Untuk Gamer Pro

Informasi tips merakit komputer gaming ini pastinya penting sekali untuk Anda tahu, apalagi buat Anda yang ngaku sebagai gamer pro. Tidak khawatir akan kesulitan saat merakit komputer untuk gaming, sebab langkah – langkahnya akan dijelaskan lebih detail dan terperinci.

Budget

Budget adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat merakit komputer gaming sendiri. Biasanya untuk membuat sebuah komputer gaming minimal budget yang dibutuhan ada pada kisaran Rp 5 juta rupiah. Tetapi demikian, apabila Anda sedikit ahli, maka dengan budget berapa pun Anda pastinya sudah siap membangun sebuah komputer.

Kualitas komputer gaming yang diinginkan

Pastinya hal yang berikut ini akan diimbangi pula dengan jumlah budget yang Anda siapkan untuk merakit komputer gaming. Jika memang budget Anda sangat terbatas sekali, pastinya Anda tidak bisa buat kompuer gaming yang high end. Atau, jika Anda hanya ingin bermain game ringan, nanti hardware yang digunakan juga dapat disesuaikan.

Namun untuk lebih mudahnya, Anda bisa melakukan simulasi lewat situs Game Debate. Di sini Anda hanya perlu memasukkan kira – kira game apa saja yang ingin Anda mainkan nanti. Kemudian masukkan pula prakiraan spesifikasi komputer gaming yang hendak Anda rakit.

Spesifikasi komputer gaming

Nah, saatnya untuk masuk ke bagian terpenting dalam merakit komputer gaming. Kira – kira spesifikasi komputer seperti apa yang Anda butuhkan? Penjelasan kami adalah sebagai berikut.

  • Prosesor. Langkah pertama, silakan Anda tentukan dulu prosesornya. Sebab, ini adalah bagian terpenting dari sebuah komputer. Untuk kebutuhan gaming, minimal spesifikasi yang dibutuhkan adalah 4 Core, dan Anda bisa memilih Intel Pentium Kabylake 2 Core 4 Thread terbaru.
  • Motherboard. Silakan pilih yang paling sesuai dengan socket prosesor yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli prosesor dengan socket LGA1151, tetapi motherboardmu memiliki socket LGA1150. Jika Anda memang memiliki budget pas – pasan, maka Anda bisa pilih chipset dengan awalan “H”.
  • Kartu grafis. Selanjutnya silakan Anda pilih dan sesuaikan kartu grafis dengan kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Kini sudah ada banyak sekali pilihan kartu grafis yang bisa dipilih, mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal sekalipun.
  • RAM. Karena sekarang sudah banyak beredar jenis RAM DDR3 dan DDR4, sehingga harus Anda cocokan pula dengan jenis motherboard yang Anda miliki. Apa motherboardmu memiliki socket DDR3 atau pun DDR4? Lalu untuk kapasitasnya sendiri, sangat disarankan sekali untuk memilih minimal 8GB.
  • Power Suppy. Ini adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan saat akan merakit komputer gaming. Sangat disarankan sekali agar Anda memilih Power Supply dengan sertifikasi 80+ Bronze. Untuk mereknya sendiri, Anda bisa memilih Seasonic atau pun Super Flower dan sekelasnya.
  • Ruang penyimpanan. Terakhir adalah ruang penyimpanan. Untuk kebutuhan gaming Anda bisa mengambil minimal kapasitas 1TB. Lalu untuk jenis ruang penyimpanan yang bisa diambil yakni harddisk biasa atau pun SSD.

Nah, itulah tadi beberapa tips merakit komputer gaming yang pastinya harus banget Anda tahu dan pahami. Dengan tips – tips di atas, tentunya akan lebih memudahkan Anda saat merakit komputer sendiri. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *