Tips Merawat Komputer Lengkap

Jika dulu menjadi barang yang sangat langka, tetapi tidak dengan sekarang karena komputer kini sudah menjadi barang umum dimiliki di rumah. Perangkat tersebut bahkan bisa digunakan untuk lakukan banyak hal, mulai dari mengerjakan pekerjaan kantoran hingga berbagai saranan hiburan yang seru. 

Bahkan untuk urusan menonton film, memutar musik, hingga bermain game sekarang bisa dilakukan hanya dengan satu perangkat saja. Tapi tahukah Anda ternyata semakin lama dinyalakan dan digunakan ternyata kemampuan sebuah komputer bisa menurun. Makanya Anda butuh tips merawat komputer seperti pada ulasan berikut ini, agar perangkat kesayanganmu tersebut tidak mudah rusak.

Read More

Tips Merawat Komputer Lengkap

Penting untuk Anda tahu bahwa, penggunaan dalam waktu yang cukup lama dihampir setiap harinya menjadi pemicu kerusakan komputer Anda. Kerusakan pada komputer tentu saja memerlukan biaya yang tak sedikit. Makanya, lebih baik Anda merawat komputer agar terhindar dari masalah kerusakan pada perangkat kesayanganmu tersebut.

Menjaga kebersihan komputer

Tips merawat komputer yang pertama harus Anda lakukan adalah membersihkannya secara berkala. Penting sekali untuk membersihkan semua bagian – bagiannya, seperti monitor, casing, keyboard, mouse Power Supply, motherboard, dan lain – lain. Lalu untuk bagian luarnya, pakai cairan khusus yang sudah terpercaya.

Jika perlu Anda bisa konsultasikan terlebih dulu dengan yang sudah ahli. Sementara itu untuk bagian dalamannya, Anda bisa pakai kuas untuk sapu semua debu – debu yang menempel. Silakan jaga kebersihan komputermu, dan jangan lupa untuk menghindari mengkonsumsi makanan saat sedang menggunakan komputer.

Sebab, sisa makanan bisa saja menempel pada komponen komputer Anda, sehingga membuatnya jadi lebih mudah rusak.

Melepaskan perangkat yang tidak terpakai

Biasanya hal yang seperti ini sering sekali dilupakan oleh banyak orang, sebab sedang buru – buru atau bahkan ada beberapa orang yang malas melakukannya. Karena menganggap barang – barang tersebut akan lebih seirng digunakan sehingga tak perlu lagi repot – repot dilepaskan.

Tetapi demikian, buat Anda yang memang ingin tips merawat komputer yang sederhana, maka Anda harus selalu keluarkan beberapa perangkat yang tidak digunakan. Misalnya, CD/DVD dari CD/DVD drive sehingga perangkat Anda dapat bertahan lama dan tetap awet. Anda pastinya bisa melakukan hal yang sama dengan perangkat lain di komputermu.

Menjauhkan dari binatang – binatang

Beberapa jenis binatang akan sangat berbahaya sekali apabila sampai masuk ke dalam CPU Anda. Begitu pula dengan Anda yang memiliki sebuah laptop atau notebook, jangan sampai semut – semut atau pun serangga lainnya masuk ke dalam daerah keyboard. Sebab hal tersebut akan merusak perangkat yang ada di dalam komputer Anda.

Bisa jadi CPU yang dimasuki cicak maupun kecoa sebabkan terbakarnya Power Supply Anda. Jadi, penting sekali untuk menjauhkan perangkat Anda dari binatang – binatang, ya?

Menjaga suhu komputer

Ini penting sekali untuk Anda perhatikan, terutama bagi Anda yang sering menggunakan komputer dalam waktu lama. Pastikan suhu CPU perangkat Anda selalu dalam keadaan dingin, khususnya untuk bagian prosesornya. Sangat disarankan sekali untuk menambahkan kipas pendingin atau cooling fan dan blower, sehingga kestabilan suhu prosesormu tetap terjaga.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software SpeedFan. Bila perlu Anda bisa memasangkan program yang bisa bantu dinginkan prosesor. Sementara itu untuk monitornya sendiri, lakukan saja dengan cara mengatur Setting di Screen Saver dan Power Saving.

Anda pastinya harus banget melakukan tips merawat komputer di atas agar perangkatmu lebih tahan lama. Juga agar bisa terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *