Tips – Tips Untuk Pastikan Versi Software Terbaru Untuk Laptop

  • Whatsapp

Anda sebaiknya selalu pastikan versi software terbaru untuk laptop sudah terinstall. Hal ini tentu dilakukan untuk menghindari adanya masalah dalam penggunaan software tersebut. Versi terbaru dari software biasanya akan memberikan banyak hal yang dibutuhkan oleh versi lama dari program.

Contoh saja saat Anda install anti malware. Walaupun menggunakan anti malware gratis terbaik, tanpa update yang rutin, program ini tidak akan melindungi sepenuhnya. Anda tentu tahu bahwa perkembangan malware, worm dan backdoor program selalu berjalan cepat. Jika update data base anti malware tidak up to date, program tentu tidak memiliki kemampuan baik dalam memerangi malware – malware baru yang bermunculan.

Read More

Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara pastikan versi software yang ada di komputer Anda, coba ikuti tips – tips berikut ini:

Aktifkan Auto Update Pada Semua Software Anda

Cara pertama yang paling mudah untuk dapatkan software versi terbaru adakah menyalakan sistem auto update. Fitur seperti ini biasanya sudah ada untuk semua versi software yang resmi. Baik itu software untuk game ataupun software tercanggih untuk laptop maintenance, semua pasti ada fungsi auto update-nya.

Fungsi ini biasanya bisa dinyalakan ataupun dimatikan. Orang mematikan fitur ini karena tidak mau terganggu. Program yang update tentu membutuhkan data untuk download. Jadi, bagi yang bekerja menggunakan internet, proses ini bisa mengganggu bandwidth. Selain itu proses instalasinya akan membebani proses pada laptop. Tidak jarang terjadi masalah hang ataupun crash karena seseorang melakukan multitasking berat pada laptopnya saat proses update berlangsung.

Walaupun banyak masalah yang bisa timbul, Anda cukup memastikan software memiliki notifikasi saat melakukan proses update. Beberapa software bahkan menampilkan pop-up jika akan melakukan update. Sebagai contoh adalah anti-virus AVG software.

Software ini akan selalu melakukan update secara rutin untuk mendapatkan data terakhir soal virus yang beredar. Jika akan melakukan update otomatis, software ini akan menunjukan pop up windows di pojok kanan dekat taskbar. Pop up ini memberikan pilihan apakah Anda ingin melakukan update sekarang atau nanti. Karena memberi peringatan lebih dahulu, Anda bisa klik nanti jika sedang melakukan pekerjaan penting.

Pastikan Update Windows Secara Rutin

Walaupun menggunakan auto update, beberapa software biasanya gagal mendapatkan versi terbaru. Penyebab yang biasanya jarang dibahas adalah versi Windows yang tidak support. Jika versi Windows di laptop Anda belum yang terbaru, banyak program yang terhambat untuk mendapatkan versi baru.

Beberapa software dari Microsoft adalah contoh yang paling umum mendapatkan masalah ini. Jika versi Windows belum memiliki fitur yang pas, program seperti Word ataupun Excel tidak akan meminta update. Tapi untuk para orang yang bekerja menggunakan laptop, update untuk kedua program tersebut tentu sangat penting. Word dan Excel akan selalu mendapat support dan bisa saja mendapatkan fitur baru. Jika fitur ini tidak bisa digunakan, tentu Anda sendiri yang akan rugi.

Selain software dari Microsoft, update yang membutuhkan versi Windows terbaru adalah software built in laptop. Contoh saja Anda memiliki software cam laptop terbaik yang datang satu paket dengan laptop. Software seperti ini biasanya terikat dengan hardware dan juga driver yang digunakan.

Driver dari kamera built in akan tergantung dengan versi OS yang digunakan. Jika tidak ada kecocokan, bisa saja cam nantinya tidak bisa digunakan. Karena itulah, update driver biasanya akan memerlukan kondisi Windows yang paling baru.

Paksa Update Manual

Beberapa update terkadang membutuhkan proses manual. Program yang mengharuskan proses ini biasanya melibatkan hardware khusus. Contoh saja Anda memiliki software efek gitar. Program seperti ini tentu ada yang bisa di update otomatis, tapi ada juga yang harus dihubungkan dengan alat musik gitar-nya untuk penyesuaian.

Untuk versi software terbaru untuk laptop yang tipe ini, Anda mau tidak mau harus melakukan proses update manual. Informasi update sendiri biasanya tidak diberitahu. Anda harus cek ke website developer-nya sendiri untuk mengetahui apakah versi baru sudah muncul atau tidak. Tipe program seperti ini adalah yang paling merepotkan, tapi selama Anda rajin cek, software akan selalu siap pakai.

Proses manual update juga perlu dilakukan untuk software – software indie. Istilah indie di sini adalah developer-nya bukanlah perusahaan besar. Banyak software yang dibuat oleh seseorang untuk kemudahan penggunaan komputer. Software ini merupakan custom made dan biasanya gratis digunakan. Jika Anda memiliki software seperti ini pada laptop Anda, pastikan lakukan check manual untuk mendapatkan versi terbaru program tersebut.

Gunakan Software Updater

Jika ingin lebih mudah memastikan versi software, Anda bisa gunakan software updater. Program yang khusus digunakan untuk memantau kondisi versi program ini tentu praktis dan mudah digunakan. Banyak orang menggunakan ini karena menggunakan banyak program untuk laptop-nya.

Contoh saja seorang YouTuber. Mereka pasti memiliki software untuk edit foto untuk membuat thumbnail ataupun source video. Merek tentu juga punya macam – macam software editing video. Semua ini harus dijaga up to date untuk menghindari masalah crash ataupun menambah fitur baru.

Menggunakan software updater, mereka cukup memantau kondisi versi software dan melakukan beberapa klik untuk update bersamaan. Hal ini bisa disamakan dengan penggunaan PlayStore di smartphone. Saat program ada yang minta update, Playstore tentu akan memberi notifikasi dan memberitahu Anda.

Pilihan software Updater sendiri ada banyak. Anda bisa pilih software terbaik untuk laptop tergantung preferensi Anda. Untuk beberapa nama yang populer untuk software Updater ini, silahkan coba SUMO dan Software Informer.

Gunakan Bantuan Website Penyedia Software

Jika Anda mau tetap update tapi tidak ingin menggunakan software lain, Anda bisa coba mengunjungi banyak website penyedia software. Tempat seperti FileHippo adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan info software terbaru.

Website penyedia software ini bisa disamakan dengan marketplace software seperti Windows Apps, PlayStore ataupun AppStore. Saat berkunjung ke sini, Anda bisa dapatkan banyak program yang berguna untuk PC Anda. Mulai dari program scan antivirus online terbaik, software download video, software debug, software editing video terbaik, software mempercepat performa PC dan masih banyak lagi bisa Anda download di sini.

Saat melihat pilihan software di sini, Anda bisa cek versi yang berlaku paling akhir. Jika kode versi software berbeda dengan yang Anda miliki, ini artinya software di laptop Anda butuh update. Untuk update, Anda bisa ambil langsung dari website ini tanpa harus datang ke website developer-nya.

Sekian bahasan mengenai tips – tips untuk stay up to date dalam hal versi software. Tentu tips ini hanya sebagian dari masih banyak cara memastikan apakah versi software terbaru untuk laptop sudah benar. Tapi tips di atas adalah yang paling mudah digunakan. Anda tidak perlu mengutik – utik sistem untuk menggali versi program. Mudah – mudahan bahasan di atas sudah cukup memuaskan bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba tips – tips tersebut!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *