Tutorial Android Untuk Tingkatkan Kecepatan HP Android yang Lemot

HP Android jika semakin lama digunakan, pasti saja kecepatan performanya juga akan semakin lambat. HP yang lambat seperti ini tentunya membawa mood yang buruk dan rasa kesal pada penggunanya. Jika sudah seperti ini, apa dengan mudahnya Anda akan menggantinya dengan flagship yang harganya selangit?

HP Android jika semakin lama digunakan, pasti saja kecepatan performanya juga akan semakin lambat. HP yang lambat seperti ini tentunya membawa mood yang buruk dan rasa kesal pada penggunanya. Jika sudah seperti ini, apa dengan mudahnya Anda akan menggantinya dengan flagship yang harganya selangit?

Read More

Tutorial Android Untuk Tingkatkan Kecepatan HP Android yang Lemot

Tingkatan batas memori Chrome Browser

Pada dasarnya browser Chrome hanya menggunakan tidak lebih dari 128MB RAM yang tersedia, tapi Anda bisa meningkatkan hingga 4 kali untuk penggunaan Chrome yang lebih cepat dan lancar. Langkah – langkahnya seperti berikut ini.

  • Pertama – tama, pada browser Chrome yang ada di perangkat Androidmu, silakan arahkan saja ke chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area.
  • Selain itu Anda juga bisa mengetikkan chrome://flags dan silakan scroll ke bawah sampai Anda temukan bagian Max Tiles For Interest Area.
  • Sehingga pada layar perangkat Android Anda akan muncul Pop-Up. Selanjutnya tekan opsi 512.
  • Terakhir, klik saja pada opsi Relaunch Now.

Nonaktifkan animasi lockscreen

Tutorial Android lain untuk tingkatkan kecepatan HP Android yang lemot bisa Anda coba adalah dengan menonaktifkan animasi lockscreen. Misalnya saja dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Pertama, silakan Anda buka menu Settings atau Pengaturan yang ada di HP Androidmu.
  • Jika sudah, pilihlah Lock Screen dan klik pada opsi Unlock Effect.
  • Terakhir, pilih None.

Menggunakan App2SD

Tahukah Anda seperti apa sih aplikasi App2SD itu? Secara default ini merupakan aplikasi terbaik yang sudah dilengkapi dengan banyaknya fitur. Aplikasi App2SD nanti akan memungkinkan transfer file dan aplikasi ke kartu SD.

Dengan menggunakan fitur pada aplikasi ini maka Anda bisa membebaskan memori ROM, guna tingkatkan kinerja HP Androidmu. Tetapi juga harus diingat, bahwa tidak semua aplikasi mendukung fitur ini.

Tetapi demikian, apabila HP Android Anda di root itu artinya Anda bisa memindahkan aplikasi – aplikasi yang Anda inginkan ke kartu SD. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi khusus. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi DroidSail Super App2SD, yang merupakan salah satu aplikasi untuk membantu Anda dalam melakukannya.

Menggunakan Kernel Overclocked

Masing – masing HP berbasis Android pada dasarnya diatur dengan frekuensi CPU tertentu. Bahkan didominasi oleh Kernel pada perangkatnya. Banyak sekali pengembang HP Android yang kembangkan Kernel mereka sendiri, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan overclock CPU.

Yang demikian ini tentu saja bisa membantu tingkatkan CPU clock pada perangkat Anda. Juga membuat HP Android Anda berjalan lebih cepat tanpa lemot sedikit pun.

Mengunakan custom ROM yang diperbaharui

Tiap – tiap HP Android baru yang diproduksi pastinya sudah dilengkapi dengan ROM secara default. Namun dengan ROM pabrik, Anda pastinya akan sulit untuk optimalkan dan sesuaikan HP dengan kemampuan serta keinginan.

Sementara itu pada custom ROM yang dikembangkan oleh seseorang atau pun tim sudah dioptimalkan agar bisa beroperasi lebih cepat, bahkan dengan skalabilitas yang lebih baik lagi. Anda bisa temukan Kernel dan custom ROM untuk HP Androidmu di XDA Developers Android.Demikianlah tadi tutorial Android untuk tingkatkan kecepatan HP Androidmu yang lemot. Dengan melakukan langkah – langkah di atas, dijamin HP Androidmu akan kembali memiliki performa yang lebih cepat lagi. Selamat mencoba!

Related posts