Tutorial Ganti Kampas Rem Pada Sepeda Motor

  • Whatsapp

Tutorial Ganti Kampas Rem – Mengganti kampas rem sendiri adalah pilihan yang jauh lebih murah daripada membawa sepeda motor kita ke bengkel atau dealer. Biaya berlipat ganda kadang harus dikeluarkan jika teman-teman tidak mempelajari sendiri caranya. Ternyata, cara mengganti kampas rem sepeda motor matic ini bisa dengan mudah dipelajari dan dipraktekkan sendiri di rumah. Bahkan konon, mekanik yang sudah handal dapat melakukan pergantian dalam hitungan detik saja. Artikel ini akan menjelaskan secara lebih detil lagi soal cara cepat mengganti kampas rem. Sedangkan, untuk tutorial videonya, teman-teman bisa klik langsung di link berikut ini. Penasaran kan? Yuk kita simak bersama tutorial DIY cara mengganti kampas rem ini.  

Alat-alat yang harus disediakan:

1. Kunci ukuran 8 (bisa berupa kunci T)

Read More

2. Alat congkel

Langkah-langkah mengganti kampas rem:

1. Pertama-tama, teman-teman harus membuka terlebih dahulu baut penyangga kampas rem. Teman-teman bisa melakukannya dangan menggunakan kunci 8. Putar kunci tersebut ke arah atas.

A close up of a wheel

Description automatically generated

2. Berikutnya, teman-teman harus mencongkel bautnya. Lakukan ini sembari mendorong piston masuk ke dalam kaliper. Tujuannya adalah supaya nantinya teman-teman dapat mencabut kampas dengan lebih mudah. Congkel baut keluar atau ke arah badan kita.

3. Cabut baut perlahan sehingga kampas sepeda motor langsung terjatuh. Lakukan hal yang sama dengan kampas di sebelah kanan.

A hand holding a black object

Description automatically generated

4. Gantilah kampas sepeda motor teman-teman jika memang kampas tersebut sudah rusak. Tapi, jika kampasnya masih bagus, teman-teman cukup membersihkannya saja.

A picture containing person, hand, piece, holding

Description automatically generated

5. Setelah dibersihkan atau diganti, teman-teman harus mengembalikan lagi kampas ke posisi semula. Sebelum melakukannya, geser dulu kaliper sampai penuh.

6. Masukkan kampas bagian kiri terlebih dulu dan gunakanlah baut panjang untung menyangga posisi kampas terseput. Perhatikan bagian ujung kampas dan posisikan ujungnya dengan baik supaya kampas tidak lepas. Tusuklah dengan baut panjang kemudian tekan kalipernya.

A picture containing motorcycle, bicycle, black, sitting

Description automatically generated

7. Lakukan hal yang sama untuk kampas bagian kanan. Perhatikan posisi penempatan kampas tersebut sebelum menusukkan baut panjangnya.

Setelah semua langkah diatas berhasil dilakukan, sepeda motor dapat kembali melaju di jalan dengan aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *