Tutorial Instal Ulang Laptop MSI

  • Whatsapp

Seiring dengan berjalannya waktu, besar kemungkinan laptop yang Anda gunakan alami eror. Baik itu karena terkena virus atau malware, maupun sistemnya yang memang tidak stabil karena konfigurasi Anda, dan lain – lain. Jika sudah seperti ini, tutorial instal ulang laptop bisa menjadi sebuah solusi terbaiknya.

Tetapi demikian, di jaman yang serba canggih seperi sekarang, penggunaan CD atau DVD sepertinya sudah sangat jarang sekali ada di pasaran. Makanya untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu buat USB installer. Khususnya bagi pengguna laptop MSI, Anda bisa mengikuti langkah mudahnya di bawah ini.

Read More

Tutorial Instal Ulang Laptop MSI

Instal ulang memang bisa menjadi solusi terbaik agar laptop MSI-mu terasa seperti baru lagi. Untuk membuat installer di laptop MSI dengan USB maupun Flashdisk ini sebenarnya ada dua. Anda bisa menggunakan salah satunya, yakni Universal USB Installer atau Rufus.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download atau unduh aplikasinya terlebih dulu. Di sini Anda bisa download salah satunya, yakni Universal USB Installer atau Rufus.
  • Jika sudah, Anda juga harus mendownload Windows atau pun OS yang akan Anda instal. Karena nanti akan ada banyak sekali pilihan Windows atau OS yang tersedia, maka sangat disarankan sekali agar Anda memilih yang berformat ISO saja.
  • Untuk langkah selanjutnya adalah mencolokkan USB atau Flashdiks Anda di laptop MSI-mu. Pada kasus ini, alamat Letter yang ada pada USB maupun Flashdisk yang kami contohkan adalah “H”.
  • Lalu Anda bisa langsung membuka salah satu aplikasi yang sudah Anda download dan instal tadi, baik itu Universal USB Installer atau pun Rufus. Tetapi demikian, untuk lebih jelasnya maka pada tutorial kali ini kami akan membuat dua versi berbeda yang bisa Anda contoh.

Versi Universal USB Installer

Pada versi tersebut langkah – langkahnya seperti berikut ini.

  • Misalnya saja pada nomor satu atau nomor pertama, silakan Anda isikan saja jenis OS atau Windows yang nantinya akan Anda instal.
  • Kemudian pada nomor yang keduanya lagi Anda bisa memilih file ISO Windows maupun OS yang telah Anda siapkan sebelumnya, (file yang Anda download di langkah pertama).
  • Pada nomor ketiga, Anda bisa isikan alamat Letter dari USB atau pun Flashdisk Anda, (jika Anda masih bingung maka Anda bisa lihat kembali langkah di atas).
  • Lalu pada nomor keempat, silakan centang Format. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Versi Rufus

Kemudian untuk versi Rufus sendiri, langkah – langkahnya juga tidak terlalu sulit. Namun untuk lebih mudahnya, mari simak detailnya di bawah ini.

  • Pada nomor satu, Anda bisa isikan alamat Letter dari USB atau Flashdisk Anda, (jika Anda memang masih bingung maka Anda bisa lihat kembali langkah di atas).
  • Pada nomor kedua pastikan format file sistemnya adalah NTFS.
  • Pada nomor ketiga Anda bisa memilih ISO Image.
  • Pada nomor keempat sendiri Anda bisa memilih file ISO Windows atau OS yang sudah Anda siapkan sebelumnya, (file yang Anda download pada langkah pertama di atas).
  • Jika sudah, tunggu sampai prosesnya selesai.

Mudah sekali kan, tutorial instal ulang laptop MSI di atas? Oh iya, ada tambahan buat Anda. Jika alami kegagalan saat instal ulang pada laptop MSI, mungkin ada langkah – langkah yang terlewati. Silakan coba lakukan instalasi mulai dari awal lagi. Semoga berhasil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *