Tutorial Setting HP Android Agar Tidak Lemot

  • Whatsapp

HP android yang lemot sebenarnya bisa terjadi karena berbagai macam faktor penyebab. Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus mencari tahu penyebabnya dan mengatasinya sesuai dengan penyebab tersebut.

Agar HP android Anda tidak lemot, dianjurkan agar Anda melakukan setting HP android secara tepat. Ada beberapa langkah dalam setting HP android agar tidak lemot yang Anda perlu lakukan. Berikut tutorial setting HP android agar tidak lemot yang Anda harus tahu dan pahami.

Read More

Tutorial Setting HP Android Agar Tidak Lemot

Bersihkan memori internal sampai kosong

Selain memori RAM, memori internal juga dapat berpengaruh atas kinerja HP android Anda. Memori internal yang terlalu penuh dapat menjadi penyebab akses file manager sangat berat dan lemot. Selain itu ketika memori internal android penuh maka hal tersebut dapat menjadi penyebab kegagalan melakukan instalasi.

Tutorial setting HP android yang lemot karena internal memori bisa Anda lakukan dengan membersihkan memori internal android. Ada baiknya penyimpanan utama di setting ke memori eksternal sehingga tidak akan memberatkan memori internal Anda.

Cara setting HP android agar tidak lemot tersebut dapat membersihkan memori internal yang sudah pernah dibahas sebelumnya secara lengkap.

Setting aplikasi latar belakang agar non aktif

Aplikasi latar belakang merupakan aplikasi yang bisa tetap berjalan walau tidak sedang digunakan. Sehingga walau HP dalam kondisi istirahat dan terkunci ada aplikasi yang akan terus menerus bekerja.

Ketika HP sedang digunakan untuk aktivitas harian, maka tentu saja kinerjanya akan menjadi sangat berat. Karena itu aplikasi yang bekerja di bagian latar belakang tersebut perlu hukumnya untuk Anda non aktifkan.

Tutorial setting HP android agar tidak lemot yang bisa Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi latar belakang. Anda bisa lakukan di pengaturan kemudian klik aplikasi dan periksa aplikasi mana saja yang memang memiliki aktivitas latar belakang.

Kalau sudah bertemu dengan aplikasi tersebut dan pada akhirnya tidak terlalu diperlukan maka hilangkan tanda centang di bagian aktifkan aktivitas latar belakang.

Lakukan setting RAM supaya kosong lebih dari setengah

Sekalipun ukuran memori RAM HP Anda besar, jika yang digunakan terlalu banyak maka akan menjadi penyebab HP lemot. Anda harus bersihkan memori RAM dari pekerjaan atau aktivitas yang tidak sedang Anda gunakan.

Penggunaan memori RAM kurang dari 50% akan menjadikan HP Anda lebih cepat. Cara untuk membersihkan RAM sendiri sudah pernah dibahas di beberapa halaman lain juga termasuk menjadi penyebab mengapa RAM android penuh walau instalasi aplikasi didalamnya sedikit.

Hapus cache aplikasi yang memberatkan

Cache aplikasi merupakan rekam jejak penggunaan suatu aplikasi. Maka semakin sering aplikasi digunakan maka tentu cache aplikasi juga akan semakin berukuran besar. Ukuran besar dari cache tersebut yang akan menjadikan kinerja HP Anda menjadi lemot dan lelet.

Dalam melakukan tutorial setting HP android supaya tidak lemot dengan menghapus cache aplikasi juga bisa dilakukan pada pengaturan aplikasinya. Buka masing – masing aplikasi dan klik hapus cache di bagian bawah.

Anda juga dapat melihat jumlah atau ukuran cache di bagian itu juga. Jika cara mengatasi HP diatas sudah dilakukan maka potensi HP Anda akan bekerja lebih baik dan lebih cepat bisa Anda dapatkan.

Itulah tutorial setting HP android agar tidak lemot yang Anda harus tahu dan pahami dan berikut adalah bisa Anda baca juga cara setting HP untuk internetan tidak lemot. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda dan selamat mencoba tutorial diatas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *