Ulasan Bensin Paling Bagus Untuk Sepeda Motor Matic

Ulasan Bensin Paling Bagus Untuk Sepeda Motor Matic – Sering kali, pengguna sepeda motor memilih untuk menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motornya.

Tentunya ini dapat berdampak buruk pagi sepeda motor kita. Sepeda motor dapat memiliki gangguan pembakaran bahkan turun mesin karena kebiasaan buruk ini. Artikel dan video ini akan mengulas mengenai spesifikasi bahan bakar yang sesuai dengan berbagai jenis sepeda motor matic. Jangeby channel akan mengulas secara menyeluruh bensin apa yang paling bagus digunakan pada sepeda motor matic milik teman-teman.

Read More

A picture containing table, sittingDescription automatically generated

Bahan bakar yang paling bagus adalah bahan bakar yang nilai oktan dan kompresinya sesuai dengan sepeda motor kita. Pemakaian bahan bakar premium untuk kompresi besar dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada sepeda motor termasuk turun mesin. Jangeby channel menganjurkan kepada teman-teman untuk mencari tahu terlebih dulu kompresi sepeda motor kita sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis bahan bakar tertentu.

Pertama-tama kita harus terlbih dulu mempelajari cara kerja kompresi pada sepeda motor. Ada sepeda motor yang menggunakan 4 langkah atau biasa disebut 4 tak. Ada yang menggunakan 2 langkah saja atau biasa disebut 2 tak. Empat langkah tersebut meliputi langkah usaha atau hisap, langkah kompresi, langkah tenaga, dan langkah buang. Langkah usaha diawali dengan turunnya piston yang menyebabkan klep terbuka dan bensin masuk ke dalam ruang bakar. Langkah kompresi terjadi setelah bensin dan udara bercampur. Langkah tenaga terjadi ketika bensin dan udara yang telah dikompresi meledak dan mendorong piston menuju ke bawah. Langkah yang keempat yaitu langkah buang dilakukan untuk membuang kotoran dan karbon sisa pembakaran melalui klep out yang terbuka.

A picture containing sitting, tableDescription automatically generated

Ada dua jenis kompresi pada sepeda motor yaitu kompresi 9:1 dan 11:1. Maksud dari kompresi 9:1 adalah adanya 9 bagian pada piston yang nantinya di kompres menjadi 1 bagian saja. Begitu juga dengan yang 11:1, ada 11 bagian yang di kompres menjadi 1 bagian. Hasilnya kompresi 11 banding 1 tentu memiliki volume yang lebih besar dibanding kompresi 9 banding 1. Sepeda motor keluara baru rata-rata memiliki kompresi 11 banding 1.

A close up of a piece of paperDescription automatically generated

Berikut ini adalah data nilai oktan untuk setiap bahan bakar yang ada di pasaran:

1. Premium: 88

2. Pertalite: 90

3. Pertamax: 92

4. Pertamax plus: 95

5. Pertamax Turbo: 98

Setiap jenis bahan bakar mengandung senyawa heptana dan senyawa oktana. Senyawa heptana adalah senyawa yang mudah sekali meledak ketika ada tekanan dan temperature yang tinggi. Berkebalikan dengan senyawa oktana, oktana tidak mudah meledak bahkan ketika ada pada tekanan dan temperature yang tinggi. Nilai oktan pada daftar bahan bakar mewakili presentase kandungan senyawa oktan sendiri. Mari kita ambil contoh nilai oktan pada bahan bakar premium. Premium memiliki nilai oktan 88, artinya kandungan senyawa oktan pada bahan bakar premium adalah 88% sedangkan sisanya 12% merupakan senyawa heptana. Sedangkan, pertalite memiliki 90% senyawa oktan dan 10% senyawa heptana. Begitupun seterusnya. Semakin besar nilai oktan yang dimiliki bahan bakar, semakin sulit bahan bakar tersebut meledak.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sepeda motor keluaran baru memiliki kompresi 11:1 sehingga volumenya besar. Jika kita menggunakan bahan bakar premium yang memiliki senyawa heptana setinggi 12% maka kemungkinan besar akan terjadi ledakan premature atau biasa disebut knocking. Ledakan akan terjadi sebelum piston mencapai titik mati. Ketika sampai pada titik atas dan busi mengeluarkan api, campuran bensin yang tersisa tinggal sedikit. Hal ini akhirnya menyebabkan tenaga yang dihasilkan menjadi loyo. Selain tenaga loyo, piston pun menjadi cepat rusak akibat ledakan-ledakan dini.

Banyak teman-teman yang rajin servis dan ganti oli mengalami gangguan bunyi, bahkan ada yang sampai setang seher dan mesinnya kena. Ternyata ini disebabkan oleh pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor.  Untuk itulah teman-teman harus mencari kompresi motor sendiri. Dengan mengetahui kompresi motor, teman-teman dapat memilih bahan bakar yang sesuai dengan sepeda motor sendiri. Sekian ulasan dari Jangeby Channel, kami harap ulasan mengenai bahan bakar paling bagus untuk sepeda motor ini dapat memberikan informasi yang baik bagi pengguna sepeda motor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *