Unit Kerja BRI Dipelosok Pun Kini Gunakan Mesin CRM

Mesin CRM (Cash Recycling Machine) BRI adalah saya rasa upgrade dari mesin CDM (Cash Deposit Machine) yang disediakan BRI untuk mempermudah para Nasabahnya dalam bertransaksi, tarik dan setor tunai tanpa harus berhadapan dengan petugas bank atau Teller, lebih fleksibel waktu tanpa mengenal libur dan tentunya efisien.

Untuk terdahulunya mesin CDM hanya bisa digunakan untuk setor tunai saja dan untuk tarik tunai tetap menggunakan mesin ATM yang lama secara terpisah. Kini dengan hadirnya mesin CRM tarik dan setor tunai cukup dengan satu mesin.

Read More

Untuk mesin CDM maupun CRM ini tentunya tidak atau belum sefamiliar mesin ATM terdahulu disebabkan memang keberadaannya masih terbatas hanya di kota-kota besar tertentu saja, bisa di pusat perbelanjaan dan juga di kantor cabang BRI itu sendiri, itu dulu’ sekarang dipelosok kota pun sudah ada tersedia mesin CRM ini.

Sebagai contoh adalah didaerah kota Surade Jampangkulon Sukabumi selatan mesin ini sudah tersedia, meskipun baru di satu kantor cabang pembantu (KCP) Surade tetapi tidak tanggung-tanggung di BRI KCP Surade ini ada3 unit mesin CRM yang bisa digunakan oleh Nasabah, yang tentunya dengan adanya mesin CRM ini Nasabah setor tunai atau menabung tidak harus nunggu buka kantor bank.

Bagi Nasabah yang tidak begitu paham mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara setor tunai di mesin CRM ini, termasuk saya sendiri awalnya sempat bingung juga karena memang sudah lama hampir 6 tahun lebih sampai akhir pertengahan tahun 2019 tidak pernah menggunakannya, itupun pada saat itu saya menggunakan mesin CDM bank Mandiri bukan BRI, jadinya pada saat pertama bertransaksi di mesin CRM BRI di kota Surade ini merasa baru menggunakan lagi.

Pada dasarnya bertransaksi finansial di mesin CDM ataupun CRM hampir sama saja seperti kita bertransaksi di mesin ATM terdahulu, yang membedakan di CDM kita yang bawa uang cash dan memasukannya ke mesin, dan untuk CRM bisa kita yang memasukan uang cash ke mesin dan juga bisa sebaliknya, dan untuk mesin ATM sendiri hanya bisa tarik tunai saja.

Untuk yang baru mengunakan mesin CDM BRI atau pun CRM BRI berikut adalah cara bertransaksinya:

  • Siapkan kartu ATM, uang akan dimasukan kerekening pemilik ATM, bila akan ditransfer kerekening lain silahkan nanti setelah uang tunai berhasil di setorkan
  • Siapkan uang cash pecahan 50 ribu atau 100 ribu sesuai dengan mesin CDM atau CRM biasanya tertulis dimesin pecahan berapa saja yang bisa disetor dimesin, seperti mesin CRM di KCP Surade tempat saya ini adalah pecahan 50 ribu dan 100 ribu rupiah.
    • Uang cash harus dirapihkan terlebih dahulu, pertransaksinya untuk di mesin CRM KCP Surade ini adalah maksimal 50 lbr pertransaksi baik itu 100 ribu maupun 50 ribu, bila 100 ribu = 5 juta dan 50 ribu = 2,5 juta, dan usahakan jangan dicampur pecahannya, 50 ribu dengan 50 ribu dan 100 ribu dengan 100 ribu.
    • Pastikan juga sebelum memasukan uang kita sudah tahu berapa lembar atau nominal uang yang akan dimasukan kemesin, untuk berjaga bila uang bermasalah misalkan ada yang tidak bisa diterima mesin, kita sudah bisa menghitung berapa yang berhasil diterima mesin, caranya tinggal dikurangi yang kita ambil lagi, dibawah perihal ini dijelaskan lagi
  • Setelah ada didepan mesin CRM ataupun CDM seperti biasa masukan kartu ATM seperti halnya di mesin ATM biasa
  • Memilih bahasa
  • Masukan PIN ATM
  • Cari menu Setor Tunai
  • Tunggu sampai wadah uang terbuka
  • Masukan uang maksimal 50 lbr yang akan disetor, rapihkan jangan takut terjepit selama masih terdeteksi ada tangan mesin tidak akan menutup, model lift gitu
  • Tunggu mesin menghitung uang, bila ada tulisan disuruh ambil uang dan penutup wadah uang terbuka silahkan ambil uang yang tersisa. Uang yang tersisa biasanya mesin tidak mau menerima karena kelebihan dari 50 lbr atau mesin mendeteksi uang tersebut palsu, tetapi tidak selalu uang ditolak mesin karena palsu bisa saja uang telah rusak
  • Mesin akan menutup kembali dan memverifikasi jumlah uang pada layar silahkan cek apakah sudah sesuai. Bila sudah benar silahkan verifikasi dengan menekan Setor. contoh pada gambar diatas saya memasukan uang sebanyak 50 lbr pecahan 100 ribu tetapi karena 1 lbr tidak diterima mesin dan saya ambil dengan begitu sisanya adalah 49 lbr, jadi yang berhasil saya setorkan adalah 49×100.000=4.900.000 seperti gambar dibawah
  • Selanjutnya verifikasi nomor rekening dan pemilik rekening, uang akan otomatis masuk kerekening ATM yang digunakan. Bila sudah sesuai silahkan verifikasi tekan Ya, tunggu proses sampai selesai dan struk pun keluar, ambil struk bila sudah selesai dan tidak melakukan transaksi lagi silahkan tekan Tidak dan ambil kartu ATM.

Setor tunai di mesim ATM CDM maupun CRM caranya mudah saja yang perlu diperhatikan ya itu tadi seperti hitung terlebih dahulu dan rapihkan uang sebelum dimasukan ke mesin, pastikan jumlah lembaran uang sesuai, dan pastikan juga bahwa rekening dan nama juga sesuai dengan ATM yang kita gunakan. Bila setor tunainya dalam jumlah banyak hitung uang dari rumah, ikat dengan karet dan pastikan uang 50 lbr perikatnya.

Dengan adanya mesin CRM di daerah saya yang berada diselatannya kota kabupaten Sukabumi sangat membantu sekali bagi Orang-Orang yang ingin setor tunai tetapi tidak sempat datang ke kantor BRI pada jam kerja.

Untuk yang berkunjung ke kota Surade dan mencari ATM CRM BRI lokasinya berada di jantung kota Surade bila dari arah jampang adanya sebelah kiri setelah kantor BRI Unit Surade lama, dan bila dari arah Ujung Genteng adanya sebelah kanan setelah bundaran kota Surade, kantor KCP BRI Surade bersebelahan dengan Mandala Finance, dan bank BTPN.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *