Wisata Alam di Sumatera Barat, Surga yang Tersembunyi

  • Whatsapp

Sumatera Barat dikenal sebagai daerah penghasil kuliner lezat yang mendunia. Tetapi, tidak banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tahu bahwa Sumatera Barat memiliki tempat-tempat wisata alam yang eksotis tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Harga yang sangat terjangkau dan kealamian yang masih terjaga, akan membuat kamu jatuh cinta dengan pesona wisata alam di Sumatera Barat. Berikut ini adalah tempat-tempat wisata alam di Sumatera Barat yang akan membuat kamu jatuh cinta.

Kawasan Mandeh

Kawasan mandeh sering disebut dengan raja ampatnya Sumatera Barat. Kawasan ini terdiri dari pulau-pulau kecil dan diantaranya merupakan pulau yang memiliki resort. Sebelum berpetualang dengan boat mengelilingi pulau, kamu bisa mengunjungi puncak mandeh yang berada di dermaga. Puncak mandeh di kenal sebagai salah satu spot terindah dari Kawasan mandeh, di puncak mandeh kamu bisa melihat keindahan kawasan mandeh dari ketinggian.

Read More

surga wisatawan mancanegara disumatera barat
(Sumber : travelingyuk.com)

Setelah puas menikmati pemandangan dari atas puncak, selanjutnya kamu bisa mengunjung beberapa pulau yang ada di Kawasan ini, seperti pulau cubadak, pulau setan dan pulau seronjong. Setiap pulau menyediakan berbagai wahana permainan air seperti banana boat dan snorkelling. Atau jika kamu ingin menginap, beberapa pulau juga memiliki resort, contohnya pulau cubadak. Di Pulau cubadak terdapa sebuah ressor bernama Paradiso Village.

Selain wisata pulaunya, Kawasan mandeh juga menyuguhkan wisata hutan bakau yang terkenal di Sumatera Barat. Berfoto di atas perahu yang sedang menyisiri hutan bakau, menjadi salah satu gaya andalan dari wisatawan yang berkunjung ke sini.

Tanpa mengeluarkan budget yang besar, kamu bisa menikmati wisata alam yang begitu eksotis kawasan Mandeh.

Kawasan Nyarai Lubuk Alung

(sumber : www.wisatatrend.com)

Nyarai bisa disebut juga dengan curup atau air terjun. Air terjun Nyarai terletak di daerah Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi nya yang cukup jauh dari pemukiman warga membuat tempat wisata ini masih terjaga kealamiannya. Air terjun ini terletak di dalam hutan Gamaran, untuk mencapai lokasi kamu harus berjalan dari posko sekitar 2 sampai 3 jam menyisiri hutan. Harus berjalan 2 sampai 3 jam memang terdengar melelahkan, tapi lelah perjalanan kamu akan terbayar saat sampai di air terjun. Oh iya, kamu akan ditemani pemandu sejak berangkat dari posko hingga kembali ke posko.

Saat tiba di Air terjun Nyarai kamu akan disambut dengan pemandangan yang sangat indah, air terjun yang diapit oleh dua buah batu besar berbentuk pintu, kolam besar alami dan air yang sangat jernih, seketika mampu menghilangkan lelah akibat berjalan sejauh 3,5 km. Air terjun nyarai sering disebut dengan surga tersembunyi di Sumatera Barat.

Untuk kamu yang sangat mencintai wisata alam, kamu wajib memasukan Air Terjun Nyarai dalam itinerary perjalananmu.

Lembah Harau

(sumber : merdeka.com)

Lembah yang dinobatkan sebagai salah satu lembah terindah di Indonesia ini terletak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Selain itu lembah Harau juga di juluki sebagai lembah Yosimite nya Indonesia, karena keindahannya yang mirip dengan Taman Nasional Yosimite yang ada di California, Amerika Serikat.

Selain menyuguhkan pemandangan lembah yang sangat indah, Lembah Harau juga menyediakan berbagai fasilitas. Berikut ini adalah fasilitas yang ada di Lembah Harau.

Resort

Menghabisakan waktu liburan dengan menginap di resort yang berada tepat di kaki lembah adalah pilihan yang tepat. Beberapa resort dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Jadi kamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan lembah yang indah.

Penyewaan Perahu

Setelah Lelah berkeliling menikmati pemandangan, saatnya kamu bersantai sambal mendayung perahu. Lembah Harau menyediakan fasilitas penyewaan perahu, kamu bisa bekeliling sungai buatan dengan perahu tersebut.

Air Terjun

Lembah Harau memiliki air terjun yang disebut dengan air terjun sarasah bunta, disini kamu bisa berenang atau sekedar main air.

Berkuda

Salah satu fasilitas yang sangat diminati pengunjung, dan wajib kamu rasakan adalah berkuda. Kamu tidak perlu khawatir, karena pastinya kamu akan ditemani oleh petugas selama menunggangi kuda.

Nah, itu dia tempat-tempat wisata di Sumatera Barat yang keindahannya akan membuat kamu takjub. Tanpa perlu mengeluarkan dana yang banyak, kamu sudah bisa menikmati tempat-tempat menakjubkan tersebut. So, book your ticket and visit West Sumatera !

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *